Advertisement

Struktur Dan Contoh Teks Laporan Percobaan

Rancakmedia.com – Berikut struktur dan contoh teks laporan percobaan yang perlu kamu ketahui, agar mendapatkan informasi lebih lengkap, ayo baca artikel yang telah kami sediakan dibawah ini.

Tujuan dari laporan adalah untuk membagikan temuan investigasi kepada sebanyak mungkin orang. Berdasarkan konsep ini, teks laporan percobaan adalah sejenis tulisan yang mengkomunikasikan suatu fenomena yang timbul dari pengamatan kepada pembacanya.

Istilah “teks klasifikasi” kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan teks laporan. Hal ini karena teks ini mengklasifikasikan sesuatu berdasarkan karakteristik tertentu.

Teks deskriptif memiliki banyak kesamaan dengan jenis teks ini, tetapi dibedakan berdasarkan tujuannya. Berbeda dengan teks deskriptif, yang berfokus pada hal-hal spesifik, teks laporan mencakup topik yang lebih luas.

Pengertian Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan menjelaskan tujuan, metode, dan hasil percobaan dalam teks. Teks laporan percobaan adalah teks yang berbicara tentang tes yang dilakukan oleh peneliti. Teks laporan percobaan sering digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, artikel ilmiah, atau laporan praktikum.

Pengertian Teks Laporan Percobaan

Tujuan teks laporan hasil percobaan adalah untuk menyampaikan informasi kepada pembaca tentang hasil tes yang telah dilakukan. Teks laporan hasil percobaan bersifat umum atau universal.

Struktur Isi Teks Laporan Percobaan

Berikut ini adalah rincian struktur teks laporan percobaan:

  1. Judul.
  2. Tujuan.
  3. Bahan dan alat.
  4. Langkah-langkah kegiatan.
  5. Hasil percobaan.
  6. Simpulan.

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Percobaan

Berikut beberapa hal tentang teks laporan hasil percobaan:

  1. Melaporkan hasil percobaan.
  2. Percobaan ilmiah dilakukan guna menguji sesuatu.
  3. Teks laporan percobaan diawali dengan memaparkan tujuan percobaan.
  4. Memaparkan bahan dan alat yang diperlukan untuk melasanakan percobaan.
  5. Memaparkan prosedur melaksanakan percobaan dan melakukan pengamatan.
  6. Memaparkan pencatatan hasil percobaan.
  7. Diakhir laporan diaparkan simpulan hasil percobaan berdasarkan hasil analisis terhadap data hasil pengamatan.
  8. Harus mengandung fakta
  9. bersifat objektif
  10. harus ditulis sempurna dan lengkap
  11. tidak memasukkan hal-hal yang menyimpang, mengandung prasangka, atau pemihakan
  12. disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, maupun susunan logis.

Ciri Teks Laporan Hasil Percobaan

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Percobaan

Di bawah ini adalah pedoman kebahasaan teks laporan percobaan.

Menggunakan Sinonim dan Antonim

Secara umum, dalam teks laporan percobaan terdapat istilah sinonim dan antonim. Antonim adalah kebalikan dari sinonim. Sinonim dan antonim sering terkandung dalam langkah-langkah eksperimental bagian dari teks laporan.

Menggunakan Kata Bilangan

Jumlah kata dalam teks laporan percobaan menunjukkan jumlah bahan yang digunakan dalam percobaan.

Menggunakan Kalimat Perintah

Dalam teks laporan percobaan, terdapat frasa seperti “menyiapkan, mengaduk, menghindari, menambahkan, menuangkan, memilih, mencampur, dan sebagainya”.

Menggunakan Kata Hubung

Selain menggunakan kata-kata perintah, teks laporan pengujian juga menggunakan kata penghubung. Dalam teks laporan percobaan, contohnya dan, tetapi, apabila, saat, jika, sehingga, meskipun, dan lainnya.

Cara Membuat Teks Laporan Percobaan

Dibawah ini adalah cara membuat teks laporan percobaan, sebagai berikut:

Cara Membuat Teks

Menulis Struktur dari Teks Laporan Percobaan

Tahap pertama dalam mengembangkan teks laporan percobaan adalah awalnya dengan membangun struktur teks laporan percobaan. Langkah ini bisa dimulai dengan:

  1. Menulis judul
  2. Tujuan percobaan
  3. Alat serta bahan yang dipakai
  4. Dan langkah awal sampai akhir percobaan.
  5. Tulislah hasil dari percobaan ke dalam bentuk grafik, tabel, bagan atau gambar

sehingga lebih mudah bagi pembaca untuk memahami hasilnya. Setelah semuanya selesai, selanjutnya menarik kesimpulan dari hasil pengujian yang telah dilakukan.

Mengembangkan Kerangka jadi Sebuah Teks

Setelah menyelesaikan kerangka, kamu mengembangkannya menjadi sebuah teks. Jangan lupa untuk memperhatikan bagaimana bahasa yang digunakan agar pembaca dapat dengan mudah memahami teks percobaan ini.

Tujuan Teks Laporan Percobaan

Beberapa tujuan dari teks laporan yang perlu kamu ketahui, sebagai berikut:

Pertanggungjawaban Kegiatan

Pihak lain mendapatkan laporan dalam teks laporan. Biasanya, teknik penelitian adalah tugas sehingga individu yang melakukan percobaan diharuskan berbagi hasil dengan orang lain. Oleh karena itu, fokusnya hanya pada percobaan itu sendiri.

Penjelasan Tentang Prosedur

Untuk mencapai suatu tujuan, seringkali metodenya tidak tunggal. Laporan tersebut akan menunjukkan bahwa suatu teknik dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan proses tersebut. Itulah sebabnya deskripsi teknik percobaan dari awal sampai akhir merupakan komponen utama dari percobaan.

Dijadikan Referensi Ilmiah

Karena merupakan teks ilmiah, fungsi utama teks laporan percobaan adalah sebagai sumber atau referensi yang dapat dipercaya. Itulah sebabnya teks harus dibuat dalam bahasa teknis dan eksklusif berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan.

Dokumentasi

Laporan tersebut akan menjadi bukti yang sah bahwa percobaan tertentu telah dilakukan. Kesimpulan memberikan ringkasan hasil bagi pembaca. Laporan juga biasanya disertai dengan informasi tambahan, seperti gambar, yang mendukung fakta.
Contoh Teks Laporan Pengujian dan Strukturnya

Contoh Laporan Percobaan

Salah satu contoh laporan percobaan, sebagai berikut:

Contoh Laporan Percobaan 

Cara Membuat Slime Tanpa Boraks

Tujuan dari pembuatan slime tanpa boraks ini adalah agar menjadi lebih kreatif dan mampu berinovasi dalam berkreativitas. Cara membuat slime ini cukup mudah sekali serta tidak memakan banyak biaya.

Alat dan Bahan

  1. Lem povinal secukupnya.
  2. Deterjen bubuk secukupnya.
  3. Deterjen cair secukupnya.
  4. Pembersih lantai secukupnya.
  5. Air secukupnya.
  6. Alat pengaduk (mixer, sendok, atau tangan).
  7. Wadah tempat slime (baskom atau yang lainnya).

Langkah-Langkah :

  1. Mula-mula, campurkan terlebih dahulu lem povinal, pembersih lantai, deterjen cair, deterjen bubuk, dan air secukupnya saja ke dalam wadah slime. Campuran ini disebut dengan activator.
  2. Aduklah campuran tersebut sampai merata.
  3. Kemudian tambahkan lem povinal kedalam campuran activator.
  4. Aduk lagi hingga struktur atau bentuknya menggumpal.
  5. Masukkan ke dalam freezer selama lima sampai sepuluh menit.
  6. Setelah itu, keluarkan adonan tersebut dari freezer.
  7. Aduk lagi sampai bisa dimainkan.
  8. Slime tanpa boraks pun sudah dapat dimainkan.

Hasil :

Setelah melakukan percobaan ini, kita dapat mempunyai slime yang aman digunakan tanpa menggunakan boraks. Saat ini, slime tanpa boraks sangat populer dikalangan anak-anak dan remaja.

Kesimpulan :

Dengan membuat sendiri slime tanpa boraks, kreativitas serta pengetahuan kita menjadi bertambah. Selain itu, slime tanpa boraks ini biayanya cukup murah dan terjangkau. Slime ini juga aman apabila terkena kulit sebab tidak mengandung boraks.

Fungsi Teks Laporan Percobaan

Setelah mengetahui struktur, contoh, dan fitur teks laporan percobaan, kamu juga harus memahami tujuan teks laporan percobaan, sebagai berikut:

  1. Dokumentasi hasil percobaan Sebagai sarana inovasi atau pengembangan teknik percobaan Memaparkan data dan fakta secara obyektif Penyempurnaan dari percobaan sebelumnya Bentuk pertanggung jawaban dari kegiatan penelitian atau karya ilmiah.

Perbedaan antara Teks Laporan Percobaan dengan Laporan Obervasi

Teks laporan percobaan adalah teks yang berisi laporan hasil percobaan dari suatu objek tertentu . Sedangkan, teks laporan observasi atau pengamatan yaitu teks yang berisi hasil pengamatan dari suatu objek tertentu. Perbedaan kedua jenis teks tersebut dapat ditinjau dari segi tujuan, Objek, Sifat, struktur, dan kebahasaannya.

Kesimpulan

Teks laporan percobaan adalah teks yang menggambarkan hasil suatu percobaan. Tujuan teks adalah untuk menyampaikan informasi kepada pembaca tentang tes yang telah dilakukan. Teks laporan percobaan sering digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, artikel ilmiah, atau laporan praktikum.

Tujuan teks laporan hasil percobaan adalah untuk menyampaikan informasi kepada pembaca tentang hasil tes yang telah dilakukan. Teks laporan hasil percobaan bersifat umum atau universal.

Demikian artikel tentang struktur dan contoh teks laporan percobaan, semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Back to top button