Advertisement

Pengertian dan Jenis Teks Prosedur

Rancakmedia.com – Apakah sebelumnya kamu pernah mendengar pengertian dari teks prosedur? Mungkin hanya beberapa orang saja yang mengetahuinya, untuk itu pada artikel dibawah ini kami akan memberikan informasinya.

Pernahkah kamu membaca buku masak? Atau membaca buku yang memberikan tips membuat kerajinan tangan dan DIY? Jika kamu telah membaca salah satu dari karya-karya ini, kamu mungkin menemukan teks prosedur, yang merupakan subgenre nonfiksi.

Sebenarnya, teks prosedur sering kita temukan hanya saja dalam penggunaannya terkadang kita tidak menyadari bahwa teks yang kita gunakan adalah teks prosedur. Namun perlu kamu ketahui bahwa tidak semua jenis teks menggunakan jenis teks prosedur.

Ada jenis tulisan tertentu yang tidak cocok untuk menggunakan prosedur prosedur. Penggunaan artikel berita, eksposisi, dan bentuk teks nonfiksi lainnya. Kami akan membahas definisi teks prosedur di bawah ini sehingga kamu jelas tentang apa artinya dan bagaimana menggunakannya dengan baik.

Pengertian Teks Prosedur

Pengertian dari Teks prosedur adalah jenis teks yang menggambarkan suatu metode dan langkah-langkahnya, dengan tujuan untuk membuat sesuatu terjadi dalam urutan tertentu. Sehingga teks tersebut akan mencapai tujuan tertentu atau membuat suatu hal menjadi baik dan benar.

Pengertian Teks Prosedur

Jadi begitulah, pengertian singkat tentang apa arti prosedur sebenarnya. teks adalah jenis tulisan yang tahapan atau langkah-langkahnya dijelaskan dalam urutan yang jelas dan logis. Pembaca perlu segera mencoba langkah-langkahnya jika ingin dengan mudah memahami apa yang kamu baca dan kemudian mempraktikkannya.

Hal ini dikarenakan teks prosedur dapat digunakan oleh siapa saja untuk mempelajari bagaimana melakukan suatu tindakan, kegiatan, kebiasaan, atau prosedur dalam urutan tertentu dan pada tahapan yang tepat. Akibatnya, teks mungkin disebut sebagai teks tutorial. Sehingga memungkinkan setiap orang untuk mencapai tujuan kamu, baik dalam membuat sesuatu atau mencapai apa yang kamu inginkan.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Melalui uraian pengertian teks prosedur di atas, kita dapat melihat bahwa teks prosedur merupakan salah satu jenis teks yang mudah dikenali dari jenis teks lainnya.

Mengapa? Teks prosedur unik karena menyampaikan prosedur langkah demi langkah. Dimana isi teks prosedur kemudian harus diikuti oleh pembaca dengan mempraktikkan langsung isi teks tersebut.

Teks prosedur mengandung berbagai kualitas atau karakteristik yang dapat membantu pembaca untuk segera mengenali bahwa teks yang kamu baca termasuk dalam teks prosedur atau jenis teks lainnya setelah kamu mempelajari makna teks prosedur. Berikut ini adalah beberapa ciri-cirinya:

Berisi Mengenai Langkah-langkah Suatu Kegiatan

Properti utama teks prosedur adalah menyediakan langkah-langkah aktivitas tertentu. Apakah kamu sedang membuat makanan, mencuci pakaian, membuat kerajinan, atau apa pun, kamu akan belajar banyak di sini.

Teks prosedur sering ditulis oleh seseorang yang sebelumnya telah menguasai suatu teknik dan ingin memberikan keahlian itu kepada orang lain. Jadi, misalnya, jika penulis ingin mengetahui pendekatan terbaik dalam merawat hewan peliharaan, penulis juga membutuhkan waktu lama untuk mempelajarinya.

Penulis lebih mungkin menyadari bahwa strategi yang kamu gunakan mungkin bermanfaat bagi orang lain ketika kamu sudah menemukan langkah yang tepat untuk diambil. Itu karena sangat mungkin bahwa orang lain akan mengalami masalah yang sama dengan yang kamu alami.

Sehingga prosedur dan tahapan yang penulis pahami kemudian dituangkan ke dalam bentuk teks. Teks tertulis tersebut kemudian diformat dalam bentuk teks prosedur agar terkesan padat dan lugas. Mungkin beberapa individu memberikan keahlian dan metode inovatif kamu dalam membuat sesuatu sebagai sarana untuk memberikan jawaban untuk memecahkan masalah secara gratis.

Namun, ada beberapa individu yang memanfaatkannya sebagai media bisnis. Jika kamu ingin memanggang kue yang lembab dan lezat menggunakan bahan-bahan yang tersedia, kamu dapat menemukan petunjuk online tentang cara melakukannya. Namun alih-alih membagikan resep kue, kamu mengubahnya menjadi bisnis dengan menerima pesanan kue.

Berisi Mengenai Langkah

Ditulis Dalam Bentuk Poin-poin

Biasanya teks prosedur disediakan dalam bentuk poin-poin atau angka-angka. sehingga membuat teks lebih jelas dalam menyampaikan langkah-langkah atau tahapan dari awal sampai kesimpulan kepada pembaca.

Teks prosedur penulisan dalam bentuk paragraf, di sisi lain, adalah gaya yang digunakan oleh penulis tertentu tetapi tidak semua. Sepintas, ketika teks prosedur dibuat dalam bentuk paragraf, itu akan sebanding dengan teks naratif.

Tidak ada langkah-langkah dalam sebuah cerita, meskipun hal ini tidak selalu terjadi. Akibatnya, kamu mungkin dijamin bahwa teks prosedur jika mencakup langkah-langkah atau tahapan dan kemudian menggunakan tipe bernomor untuk mengaturnya.

Menggunakan Kalimat Saran dan Larangan

Isi teks prosedur seringkali berupa anjuran dan larangan. Biasanya, penulis dilengkapi dengan frase yang disarankan untuk membantu kamu membimbing pembaca melalui banyak langkah yang terlibat dalam membuat hal-hal yang benar.

Sehingga kamu akan mendapatkan hasil yang tepat dan sesuai dengan harapan. Selain itu, penggunaan frase terlarang sering diberikan oleh penulis dengan tujuan membantu pembaca menghindari kesalahan saat melakukan prosedur dan langkah-langkah yang telah diajarkan.

Misalnya, saat menjelaskan cara mengeringkan karpet rumah, penulis akan menggunakan kalimat larangan berupa “hindari menjemur karpet rumah di bawah sinar matahari langsung”.

Disusun Secara Sistematis Tapi Detail

Dengan cara yang sama bahwa teks-teks teknis diatur dan menyeluruh, manual prosedur juga demikian. Tujuan dari panduan ini adalah untuk membantu orang yang membacanya mengikuti langkah dan prosedur dengan benar.

Sebab, jika ada ketidaktepatan dalam praktik, maka akan membuat hasil yang diperoleh tidak ideal atau bahkan gagal. Jadi teks prosedur harus diberikan dengan pendekatan yang sistematis. Tujuannya agar pembaca dapat mempraktekkannya dari awal sampai akhir agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Menyajikan Informasi yang Bersifat Objektif

Teks apa pun dalam manual prosedur hampir selalu bersifat objektif. Karena item yang digambarkan dalam teks tidak muncul dari imajinasi atau penemuan penulis,

Namun demikian, berdasarkan penelitian, analisis, dan eksperimen penulis. Jadi, pembaca tidak akan dihadapkan pada prosedur yang salah.

Berisi Bilangan Angka atau Urutan

Seperti yang kami nyatakan sebelumnya, teks prosedur terdiri dari fase atau tahapan yang diproduksi dan diekspresikan dalam bentuk poin-poin.

Akibatnya, angka dan urutan menjadi umum dalam teks. termasuk ketika dituangkan dalam bentuk paragraf, sehingga di dalamnya akan ada yang pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Setelah memahami pengertian teks prosedur dan ciri-cirinya, jenis teks prosedur dibagi menjadi tiga jenis jika dilihat dari isi dan tujuan teks tersebut. Akibatnya, informasi yang disajikan di sini tidak selalu dimaksudkan sebagai instruksional murni. Seorang penulis juga dapat menjelaskan suatu proses di luar teks dengan menggunakan alat dan bahan lainnya.

Jenis Jenis Teks Prosedur

Berikut ini adalah beberapa contoh dari berbagai jenis teks yang digunakan dalam manual prosedur:

Teks Untuk Menggunakan Sebuah Alat atau Benda

Jenis pertama teks prosedur menyediakan prosedur atau langkah-langkah yang menggambarkan penggunaan item atau instrumen tertentu.

Kemudian, kamu juga dapat berbicara tentang penggunaan berbagai zat secara lengkap dengan ukurannya. Jadi isi dan tujuan dari teks prosedur jenis ini berusaha menggambarkan pembuatan sesuatu.

Teks Untuk Melakukan Suatu Kegiatan

Jenis teks prosedur ini biasanya digunakan untuk menjelaskan kebiasaan dan juga kualitas yang berharga bagi banyak individu. Akibatnya, langkah-langkah yang terlibat dalam pembuatan instrumen atau item tertentu biasanya tidak termasuk dalam teks prosedur.

Tetapi juga dapat digunakan untuk menggambarkan hobi atau kegiatan dan kebiasaan yang sangat baik. Selain jenis teks prosedur berdasarkan isi dan tujuannya seperti yang telah dibahas di atas, teks prosedur juga dapat dipisahkan tergantung pada tingkat kerumitannya.

Rincian berikut memberikan penjelasan mendalam:

Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur jenis ini adalah teks dengan beberapa langkah dan proses yang mudah dipelajari dan diterapkan. Berikut ini adalah beberapa contoh teks prosedur: Resep sop ayam, resep tumis kangkung, dll.

Teks Prosedur Kompleks

Memahami Prosedur Kompleks Teks yang rumit dan sangat kompleks adalah teks yang memiliki banyak langkah atau tahapan. Pada kenyataannya, satu fase dan lainnya dapat dilakukan secara bersamaan dan juga serial. Namun ada satu hal penting yang harus diperhatikan pembaca, yaitu masalah akurasi.

Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur yang satu ini dapat ditafsirkan dengan berbagai cara tanpa terikat oleh urutan yang telah ditentukan. Agar kamu dapat memulai dari tempat kamu memulai, yang terpenting adalah tujuan akhir dari langkah-langkah yang telah diambil tetap sama.

Struktur Teks Prosedur

Berikut ini adalah beberapa struktur yang terdapat dalam teks prosedur yang unik dalam penulisannya:

Struktur Teks Prosedur

Pengantar atau Pembuka

Umumnya format teks prosedur dimulai dengan judul, kemudian diikuti dengan baris pengantar atau pendahuluan. Penulis akan memberikan gambaran singkat tentang materi pelajaran sebelum menyelam ke dalam daging esai.

Dimulai dengan tahap perencanaan dan diakhiri dengan pengalaman praktis. Beberapa jenis teks prosedur juga menjelaskan keuntungan dan tujuan kepengarangannya.

Material

Penulis kemudian membahas dan membuat daftar berbagai bahan yang digunakan. Misalnya, komponen dan ukuran yang digunakan dalam persiapan makanan akan dicantumkan. Saat menulis tentang membuat kerajinan tangan, penulis akan dibekali dengan perlengkapan dan ukuran.

Langkah-Langkah

Bagian teks prosedur selanjutnya adalah tahapan atau langkah-langkah dari pokok bahasan yang sedang dibahas. Maka penulis akan berusaha memperjelas proses-proses tersebut agar lebih mudah dipahami dan dilakukan langsung oleh pembaca.

Meskipun lebih umum bagi penulis untuk memberikan informasi ini sebagai rangkaian angka atau poin, mungkin juga dalam bentuk paragraf berurutan.

Simpulan

Pada akhir teks prosedur terdapat kesimpulan, atau yang biasa juga disebut dengan penutup. Sesuai dengan namanya, pada bagian ini penulis akan merangkum kesimpulan dari kegiatan yang disebutkan dalam tahapan dan proses, serta menambahkan beberapa ide dari penulis.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Tidak seperti jenis teks atau paragraf lainnya, teks prosedur menggunakan aturan bahasa atau fitur linguistik yang unik bagi kamu. Di bawah ini adalah beberapa norma kebahasaan yang biasanya digunakan dalam menyusun teks prosedur.

Menggunakan Kata Kerja Imperatif

Pedoman linguistik pertama yang digunakan dalam teks prosedur adalah menggunakan kata kerja imperatif. Kata kerja yang berakhiran-an,-i, atau-lah merupakan jenis kata kerja imperatif. Contohnya antara lain kata-kata: masukan, perhatikan, hindari, persiapkan, masukkan, keren, dan sebagainya.

Menggunakan Kata Teknis

Saat menulis dalam bahasa kedua, penting untuk menggunakan istilah teknis yang berkaitan dengan pokok bahasan teks. Ambil topik “Manfaat kesehatan brokoli dan sayuran hijau lainnya,” misalnya. Jadi penulis mungkin menggunakan kata-kata seperti “protein”, “nutrisi”, “konten”, “sayuran”, “osteoporosis”, dan seterusnya.

Menggunakan Konjungsi Temporal

Konjungsi, atau konjungsi temporal, adalah kaidah bahasa ketiga dalam teks prosedur. Salah satu jenis konjungsi adalah konjungsi yang disusun secara kronologis, yang membantu menggambarkan rangkaian peristiwa. Jadi, misalnya, setelah itu, selanjutnya, lalu, selanjutnya, lalu, dan seterusnya.

Menggunakan Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif, yaitu pernyataan yang dimaksudkan untuk meyakinkan atau mendesak pembaca agar melakukan tindakan tertentu, merupakan pokok bahasan yang keempat. Jadi sebagian besar teks prosedur akan menggunakan bahasa persuasif.

Menggunakan Kalimat Persuasif

Sebuah ilustrasi yang sangat baik tentang hal ini adalah untuk memastikan bahwa sampah berada pada tempatnya. menjelaskan bahan dan peralatan yang digunakan secara rinci

Prosedur langkah demi langkah akan diberikan bersama dengan teks langkah-langkah yang akan diambil. Tidak hanya membahas tentang peralatan dan bahan serta langkah dan tahapan pengolahan bahan tersebut, tetapi juga memberikan dosis, jumlah, ukuran, dan warna.

Menggunakan Verba Material dan Tingkah Laku

Saat menjelaskan suatu proses, kata kerja yang sering digunakan dalam teks prosedur adalah kata kerja material atau perilaku. Kata kerja yang dilakukan secara fisik dikenal sebagai kata kerja material. Bumbu bisa dihaluskan, minyak bisa dituang, pewarna makanan bisa ditambahkan, dan sebagainya.

Selain itu, teks prosedur juga biasanya menyertakan verba perilaku, yaitu verba yang berhubungan dengan tindakan yang dilakukan dengan menggunakan bahasa. Misalnya percaya, terima, nikmati, tolak, dan masih banyak lainnya.

Kesimpulan

Teks prosedur adalah jenis teks yang menjelaskan metode dan langkah-langkahnya, dengan tujuan membuat sesuatu terjadi dalam urutan tertentu. Teks prosedur menyampaikan langkah-langkah prosedur pembaca kemudian harus mempraktikkan isi teks.

Teks prosedur mengandung berbagai kualitas atau karakteristik yang dapat membantu pembaca untuk segera mengenali bahwa teks yang kamu baca termasuk dalam teks prosedur. Teks prosedur ditulis dalam bentuk daftar berpoin atau paragraf. Isi teks prosedur seringkali berupa anjuran dan larangan.

Back to top button