Advertisement

Macam Macam Sumber Energi dan Contohnya

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai sumber energi yang mungkin saja belum kamu ketahui kejelasannya “apa itu sumber energi”? Yuk simak artikel dibawah ini yang sudah kami rangkum untu kamu semua.

Mungkin kamu pernah mendengar ungkapan “sumber energi”? Di sini kita berbicara secara mendalam tentang definisi, kategori, jenis, keunggulan, dan contoh.

Untuk memenuhi kebutuhan energi kita, kita harus beralih ke sumber daya yang dapat ditangani oleh manusia. Sumber energi ini dianggap yang paling dasar. Mereka pada dasarnya adalah sumber energi yang dapat ditemukan di alam.

Pengertian Sumber Energi

Pengertian Sumber Energi

Sumber energi adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan energi, baik secara langsung maupun melalui proses konversi atau transformasi. Contoh sumber energi adalah matahari, air, dan minyak.

Macam-Macam Sumber Energi

Sumber energi non-konvensional dan sumber energi konvensional adalah dua kategori utama sumber energi.

Sumber Energi Nonkonvensional

Beberapa cara nonkonvensional untuk mendapatkan energi telah dimungkinkan untuk menggantikan sejumlah cara tradisional yang terbatas:

Energi Matahari

Sinar matahari dapat diubah menjadi energi listrik dengan menangkap sinar matahari menggunakan ratusan fotovoltaik.

Fotosel dapat dibuat dari silikon yang dilapisi pada sisinya dengan boron dan arsenik. Ribuan fotovoltaik dihubungkan secara seri-paralel untuk mencapai tegangan tinggi dan arus yang kuat. Dengan menggunakan cermin cekung, energi matahari juga dapat diubah menjadi energi panas.

Energi Panas Bumi

Magma adalah sumber panas yang berasal dari gunung berapi. Air di badan air di dekat sumber magma akan memanas.

Rembesan air panas ke permukaan bumi dapat berupa sumber air panas berupa uap atau semburan air panas. Turbin yang menggerakkan generator listrik dapat ditenagai oleh panas bumi dalam bentuk uap air panas.

Energi Angin

Sebuah kincir angin digabungkan ke generator listrik dapat digunakan untuk menghasilkan daya secara langsung.

Energi Pasang Surut

Dimungkinkan untuk membuka pintu air di bendungan untuk memungkinkan air mengalir. Pintu air memungkinkan air masuk ke bendungan saat air pasang.

Air akan dikeluarkan melalui pintu air yang sama dengan air pada akhir musim hujan. Generator listrik dapat digerakkan oleh turbin yang ditempatkan di pintu air.

Energi Biogas

Konsepnya adalah menggunakan badan sampah hidup melalui dekomposisi dengan bantuan mikroorganisme pengurai.

Mikroorganisme diperoleh dari kotoran kerbau atau sapi. Gas, yang terutama metana, dapat digunakan untuk keperluan kuliner.

Energi Biomassa

Sampah organik digunakan sebagai titik awal. Panas yang dihasilkan digunakan untuk memanaskan ketel uap. Uap yang dibuat dalam proses pembuatan listrik menggerakkan generator listrik.

Sumber Energi Kovesional

Sumber daya energi konvensional yang ada adalah sumber daya utama yang melaluinya mayoritas penduduk dunia mendapatkan energi mereka. Di antara sumber energi yang lebih tradisional, ada:

  1. Minyak Bumi
  2. Batubara
  3. Gas Alam

Sumber Daya Manusia dan Genetika

Sumber Daya Manusia dan Genetika

Mereka yang dipekerjakan oleh departemen sumber daya manusia (sdm) organisasi adalah orang-orang yang memiliki karakteristik manusia (juga disebut personel, tenaga kerja, pekerja, atau karyawan).

Sumber daya manusia adalah sarana utama organisasi untuk mencapai tujuannya dengan memanfaatkan potensi penuh dari para anggotanya.

Sumber daya manusia (sdm) adalah potensi yang merupakan aset dan berfungsi sebagai modal (non material/non finansial) dalam suatu organisasi perusahaan.

Hal tersebut dapat diwujudkan menjadi potensi aktual (nyata) secara fisik maupun non fisik dalam mewujudkan eksistensi perusahaan.

Yang dimaksud dengan “sumber daya alam” (disingkat “sda”) adalah segala sesuatu yang terdapat di alam yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia pada umumnya.

Ini tidak hanya terdiri dari komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan bakteri, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah.

Kemajuan teknologi, pertumbuhan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah mendorong umat manusia ke zaman eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara dramatis, terutama di abad yang lalu.

Sumber daya alam mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia, namun sayangnya keberadaannya tidak merata, dan beberapa negara, seperti indonesia, brazil, kongo, sierra leone, maroko, dan berbagai negara di timur tengah, memiliki kekayaan hayati atau non hayati yang melimpah.

Sumber daya alam hayati. Misalnya, timur tengah adalah rumah bagi sepertiga dari cadangan gas alam dunia dan setengah dari deposit senyawa fosfat dunia berada di maroko. Meskipun negara-negara ini memiliki banyak sumber daya alam, kemajuan ekonomi tidak mengikuti mereka.

Jenis-Jenis Sumber Energi

Kapasitas suatu benda untuk melakukan kerja dikuantifikasi oleh energinya. Energi berasal dari kata yunani energia, yang berarti kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Energi merupakan besaran yang kekal, artinya energi tidak dapat dibangkitkan dan dimusnahkan, tetapi dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya, yang tidak mempengaruhi jumlah atau jumlah energi secara keseluruhan.

Kapasitas suatu benda untuk bergerak sering disebut sebagai “energi”, dan definisi ini benar. Menurut fisika, ada berbagai jenis energi, termasuk:

Energi Kinetik

Ketika seseorang berlari, posisinya berubah setiap detik. Ini berarti mereka memiliki energi kinetik, yang merupakan energi yang dimiliki sesuatu karena bergerak.

Energi Potensial

Energi yang dimiliki suatu benda sebagai akibat dari lokasi atau posisinya dikenal sebagai energi potensial. Energi potensial juga disebut “energi istirahat”, karena benda yang diam dapat mengandung energi.

Jika benda tersebut bergerak, maka benda tersebut mengalami peralihan energi potensial menjadi energi gerak. Ada berbagai jenis energi potensial, termasuk energi potensial gravitasi dan energi potensial pegas.

Energi Panas

Energi ini berasal dari perubahan suhu benda, dan menyebar dari bagian yang panas ke bagian yang dingin. Energi ini dapat dikenali dengan menggunakan indera peraba dan termometer.

Energi Kimia

Ini adalah energi yang tersimpan secara kimia. Energi kimia yang dihasilkan oleh makanan, misalnya, sangat berharga bagi tubuh kita.

Minyak bumi membawa energi kimia, yang sangat berharga untuk bahan bakar. Baik energi kimia dalam makanan maupun energi kimia dalam minyak bumi berasal dari energi matahari.

Energi Nuklir

Ini adalah energi yang tersimpan dari atom.

Energi dilepaskan ketika reaksi nuklir terjadi. Energi ini dihasilkan oleh proses nuklir, yang pada dasarnya adalah peristiwa yang terjadi di inti atom ketika partikel berenergi tinggi bertabrakan dengan inti atom untuk membuat inti baru yang berbeda dari inti asli.

Energi Listrik

Adalah jumlah energi yang dilepaskan ketika benda bermuatan bergerak melalui sirkuit. Muatan listrik (statis) yang tidak bergerak menghasilkan energi potensial listrik, sedangkan muatan listrik yang bergerak (dinamis) menghasilkan arus listrik dan energi magnet.

Manfaat Sumber Energi

Di bawah ini adalah beberapa keunggulan sumber energi, yaitu sebagai berikut:

Manfaat Sumber Energi

Energi Matahari

Matahari adalah salah satu bintang. Bintang adalah benda langit dengan sumber cahayanya sendiri. Matahari tampak lebih besar dibandingkan dengan bintang lainnya.

Kenapa begitu? Karena kedekatannya dengan bumi, matahari tampak lebih cerah. Matahari adalah sumber utama energi panas dan cahaya di planet ini. Tidak akan ada kehidupan di bumi jika bukan karena matahari.

Selain menghangatkan planet, matahari juga dibutuhkan oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Fotosintesis adalah proses menghasilkan makanan pada tumbuhan. Dalam proses fotosintesis, gula dan oksigen diproduksi.

Manusia dan hewan sangat bergantung pada tumbuhan. Keberadaan manusia dan hewan akan terancam jika fotosintesis tidak dapat terlaksana.

Bagaimana dengan manusia? Apakah manusia juga membutuhkan matahari? Energi panas matahari dimanfaatkan manusia untuk mengeringkan pakaian, nasi, atau makanan laut yang diasinkan.

Energi Minyak Bumi

Minyak bumi adalah bahan bakar fosil. Penggunaan minyak bumi dengan mengolahnya terlebih dahulu produk dari pengolahan minyak bumi antara lain bensin, solar, avtur, minyak tanah, dan aspal.

Bensin digunakan untuk bahan bakar sepeda motor atau kendaraan. Mesin diesel menggunakan bahan bakar ini. Avtur digunakan untuk bahan bakar pesawat terbang.

Minyak tanah digunakan sebagai bahan bakar kompor, sedangkan aspal digunakan untuk menghaluskan permukaan jalan.

Penggunaan bahan bakar minyak bumi harus efisien karena selain jumlahnya yang terbatas dan kemampuannya tidak dapat diisi ulang, penggunaannya juga dapat menimbulkan pencemaran. Polusi dapat berdampak negatif terhadap lingkungan.

Energi Angin

Angin adalah udara yang bergerak. Angin menyimpan energi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi.

Belanda secara tradisional memanfaatkan energi angin untuk memutar kincir angin, sehingga dikenal sebagai negara kincir angin. Gandum digiling di penggilingan.

Nelayan juga memanfaatkan angin. Saat berangkat, para nelayan memanfaatkan angin laut dan memanfaatkan angin darat untuk kembali ke daratan.

Energi Air

Suatu benda yang diam memiliki energi potensial, sedangkan dalam gerak ia memiliki energi kinetik. Begitu juga dengan air. Air adalah semacam penyimpan energi.

Misalnya, pertimbangkan keindahan air terjun. Energi air terjun digunakan untuk menggerakkan turbin di fasilitas pembangkit listrik tenaga air. Di beberapa tempat, air yang bergerak juga digunakan sebagai cara untuk berkeliling.

Energi Baterai

Baterai menyimpan energi kimia. Dalam penggunaan energi kimia menjadi energi listrik. Di mana tempat paling umum untuk menemukan baterai? Kendaraan mainan, jam dinding, radio, kamera, dan remote control semuanya menggunakan baterai.

Energi Makanan

Tubuhmu lemah saat kelaparan. Namun, begitu kita makan, tubuh kita kembali ke bentuk semula. Mengapa? Makanan adalah sumber energi bagi kita, jadi kita harus mengkonsumsinya lebih banyak.

Setelah kita memiliki energi, kita dapat melakukan berbagai hal. Makanan memiliki dua tujuan bagi tubuh manusia: sebagai sumber energi dan sebagai pembangun otot.

Energi Listrik

Energi listrik berasal dari arus listrik. Arus listrik dapat berasal dari pembangkit listrik. Berikut ini adalah beberapa contoh pembangkit listrik terdekat:

  1. PLTA : Pembangkit Listrik Tenaga Air.
  2. PLTS : Pembangkit Listrik Tenaga Surya.
  3. PLTU : Pembangkit Listrik Tenaga Uap.
  4. PLTD : Pembangkit Listrik Tenaga Diesel.

Contoh

Contoh Sumber Energi

Contoh sumber energi ditunjukkan di bawah ini:

Contoh Sumber Energi Listrik

  1. Baterai Jam
  2. Lampu
  3. Kipas Angin

Contoh Sumber Energi Bunyi

  1. Lonceng
  2. Radio
  3. Terompet

Contoh Sumber Energi Panas

  1. Api Unggun
  2. Matahari
  3. Gunung Berapi

Contoh Sumber Energi Kimia

  1. Kembang Api
  2. Aki
  3. Kue Berbahan Kimia

Kesimpulan

Yang dimaksud dengan “sumber daya alam” adalah segala sesuatu yang terdapat di alam yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Energi kinetik adalah energi yang dimiliki sesuatu karena bergerak. Demikian artikel yang telah kami rangkum, semoga bermanfaat ya.

Related Articles

Back to top button