Advertisement

Apa Fungsi dari Kunci Pas?

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi dari kunci pas yang wajib kamu pelajari kegunaannya. Buat kamu anak otomotif wajib untuk memahaminya. Yuk simak artikel dibawah ini.

Bermacam-macam alat, termasuk kunci pas, diperlukan untuk tugas apa pun di bengkel. Kunci yang paling sering digunakan di bengkel ini dirancang sedemikian rupa sehingga dapat digunakan dengan tepat. Fungsi kunci pas adalah untuk dapat mengendurkan atau mengencangkan suatu komponen.

Meskipun kebanyakan orang menyebutnya sebagai kunci pas, kunci pas sebenarnya memiliki banyak nama lain. Meski begitu, tak sedikit yang mengenalnya sebagai open-end spanner dan open-end wrench.

Fungsi kunci adalah untuk mengendurkan dan mengencangkan baut-baut yang terhubung pada suatu barang, meskipun namanya banyak.

Pengertian Kunci Pas

Pengertian Kunci Pas

Kunci pas datar berbentuk rahang yang dapat digunakan baik ke depan maupun ke belakang dikenal sebagai kunci pas.

Karena rahang pengunci terbuka, alat ini tidak dapat berfungsi sebagai pengunci baut secara ekstrim. Saat item ditarik keluar dari kunci, item mungkin jatuh dan merusak kunci dan baut.

Bagian belakang kunci memiliki campuran logam dan kromium vanadium, yang membuat kunci pas bekerja. Fungsi dari penggunaan bahan ini adalah agar kunci pas tidak mudah rusak, seperti karena keausan saat digunakan.

Namun, kunci pas bahan berdensitas rendah sekarang tersedia juga, membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan. Kunci pas memiliki desain berbentuk betis yang merupakan batang dengan rahang di kedua ujungnya.

Kedua ujung pegangan biasanya dipegang pada sudut 15 derajat. Meski begitu, kunci pas dengan sudut presisi 90 derajat tersedia bagi kamu yang ngotot menggunakannya.

Kemudian kunci pas juga memiliki rahang di ujungnya dan ukurannya bervariasi, tetapi rahang ini ukurannya sama persis dengan ukuran kepala baut. Satuan kunci pas adalah mm dan inci. Untuk meringkas, pengukuran metrik dimulai pada diameter 4 milimeter dan naik ke diameter 80 milimeter.

Sedangkan di bengkel, penggunaan kunci pas biasanya berukuran minimal 6 mm dan laju kenaikannya 1 mm. Sebagai gantinya, ukuran maksimumnya adalah 36 mm. Namun, masih ada banyak ukuran kunci pas, antara lain 31, 33, 34, dan 35 mm.

Perlu diperhatikan bahwa pada setiap ujung kunci pas, ukuran rahang anak kunci tidak sama dan berlawanan satu sama lain.

Misalnya, jika di ujung kanan kunci ukuran rahang adalah 10 mm, maka biasanya 11 mm di ujung kiri. Metode penamaan kunci itu, pengguna mungkin menyebutnya kunci pas 10-11 mm.

Fungsi dari Kunci Pas

Menurut pembahasan sebelumnya, fungsi kunci pas secara umum adalah untuk mengendurkan atau mengencangkan baut yang terdapat pada suatu barang dengan momen pemakaian yang tidak terlalu besar.

Fungsi Kunci Pas

Artinya, sebelum kunci pas digunakan, baut sudah dilonggarkan terlebih dahulu menggunakan alat lain seperti shock lock, ring, dan lain-lain. Setelah dilonggarkan dengan benar, barulah seseorang akan menggunakan kunci pas.

Di sektor bengkel, ada berbagai tujuan yang dilayani kunci pas. Berikut penjelasan fungsi kunci pas agar bisa didengarkan secara lengkap:

  1. Untuk mengencangkan atau mengendurkan baut.
  2. Agar bisa melepas baut dengan cara lebih cepat karena pemasangannya lebih mudah.
  3. Mampu digunakan untuk workstation terbatas.
  4. Dapat ditargetkan pada baut dan kotak berkepala segi enam.
  5. Ketika kunci lain tidak bisa masuk ke baut, yang ini akan melakukan pekerjaan itu.
  6. Penggunaannya sangat fleksibel dan mampu mengatasi batu yang terletak di tengah batang besi.

Berdasarkan fungsinya, dapat dikatakan bahwa kunci pas bermanfaat untuk melonggarkan komponen yang tidak dapat dijangkau oleh kunci ring. Bentuk aplikasi kunci pas ada pada sepeda motor khususnya pada baut spion. Lokasi baut hanya dapat dilonggarkan dengan bantuan kunci pas.

Cara Menggunakan Kunci Pas

Tidak baik menggunakan kunci ini secara acak karena dapat merusak baut atau kunci pas jika tidak digunakan dengan benar. Sangat penting bagi seseorang, terutama mekanik, untuk mempelajari cara menggunakan kunci pas yang benar. Berikut cara menggunakan kunci pas dengan benar:

Untuk mengencangkan atau melepas baut, kamu memerlukan kunci pas dengan ukuran kepala yang sama persis dengan baut yang kamu gunakan.

Jika ukuran baut 12 mm, maka kunci juga harus berukuran 12 mm. Sebaiknya hindari merusak kunci atau baut dengan menggunakan kunci yang terlalu besar untuk baut.

Jika kunci pas adalah ukuran yang tepat, maka gunakan kunci pas di lokasi yang tepat. Saat melepas atau memasang baut, pastikan kunci pas lurus ke arahnya. Untuk menghindari kerusakan pada baut atau kunci pas, jangan sekali-kali menggunakan kunci pas terbalik.

  1. Pasangkan kunci tepat di kepala baut yang hendak dikencangkan maupun dikendurkan.
  2. Pastikan posisinya masuk dan rata dengan baut.
  3. Sehingga tidak akan terjadi slek atau meleset ketika menggunakannya.
  4. Jika ingin mengencangkan baut maka putarlah kunci pas ke arah kanan.
  5. Sedangkan jika ingin melonggarkan baut maka putar ke arah sebaliknya.
  6. Gunakan rahang yang paling besar sebagai tumpuan.
  7. Ketika memakai kunci pas, perhatikan posisi memegang.
  8. Pastikan pengguna menarik kunci pas ketika berada pada posisi yang ergonomis.
  9. Jangan gunakan kunci apabila sedang di posisi mendorong.
  10. Tidak dianjurkan menggunakan kunci pas ketika terkoneksi ke kunci lainnya.
  11. Sebab hal ini dapat merusak benda tersebut.
  12. Hindari menggunakan kunci ketika kondisi rahangnya sudah rusak, bundar maupun retak sebab kunci dengan kondisi ini bisa mengakibatkan selip dan akan melukai penggunanya.
  13. Pastikan agar menghindari pemakaian kunci pas yang kondisinya kotor sebab bisa mudah terlepas dari genggaman penggunanya.

Perawatan yang Tepat untuk Kunci Pas

Untuk memastikan bahwa kinerja kunci pas selalu yang terbaik, perlu menjalani terapi yang menargetkan perilaku yang terkait dengan penggunaan kunci pas.

Kunci pas mudah bengkok dan patah jika ditangani sembarangan. Berikut beberapa strategi merawat kunci pas agar setelahnya masa pakainya menjadi lebih lama:

  1. Membersihkan kunci pas setelah setiap kali digunakan Kain bersih yang dibasahi minyak pelumas harus digunakan, kamu tidak ingin logam mudah berkarat.
  2. Simpan kunci pas di tempat yang semestinya, misalnya di kotak peralatan, rak dinding, lemari khusus, atau lainnya.
  3. Menyimpan kunci di samping barang-barang lain yang kotor atau bahkan berkarat bukanlah ide yang baik.
  4. Wadah untuk menyimpan kunci pas harus tetap kering dan tidak lembab.
  5. Segera simpan kunci pas setelah selesai digunakan dan dibersihkan, agar kunci tidak hilang atau tercecer.
  6. Agar mur tidak pecah, gunakan kunci ring untuk mengendurkannya sebelum kamu menggunakan kunci pas untuk menekannya.
  7. Kunci pas tidak diizinkan untuk digunakan dengan kasar, terutama jika bautnya macet.
  8. Selalu periksa kondisi kunci pas sesekali dan hancurkan jika rusak.

Perbedaan Kunci Pas dan Ring

Setelah kamu mempelajari cara menggunakan kunci pas cincin dengan benar, kamu harus tahu cara membedakan kedua ujungnya. Berikut ini akan menjelaskan perbedaan utama antara kunci pas dan cincin.

Cara Menggunakan Kunci Pas

Kunci Pas

  1. Pertama, kunci pas memiliki bentuk yang melebar menutupi sebagian kepala baut atau mur.
  2. Karena desainnya yang terbuka, kunci ini berguna untuk melepas dan memasang beberapa jenis baut.
  3. Kunci pas rahang dapat digunakan bolak-balik untuk mendapatkan akses ke bagian baut lainnya.
  4. Agar tidak ada bagian lain yang berputar, alat ini boleh digunakan untuk mengendurkan saluran bahan bakar.

Kunci Ring

  1. Kunci ring dimaksudkan untuk melepas dan mengencangkan kepala baut dengan memberikan momen ekstra yang lebih besar.
  2. Ini karena lengan pahat lebih panjang, sehingga bisa dioptimalkan untuk pengencangan.
  3. Kamu dapat menggunakannya pada kepala baut melingkar dan heksagonal dengan kunci pas cincin yang memiliki desain ganda.
  4. Karena dinding cincinnya yang tipis, alat ini sangat ideal untuk kamu yang bekerja di tempat yang sempit.
  5. Kunci ring dapat menutupi seluruh bagian luar baut dan mur yang akan dimasukkan atau dibuka.
  6. Ini jelas merupakan manfaat yang signifikan, karena dapat membatasi timbulnya bahaya.
  7. Karena memiliki bentuk yang melengkung, alat ini juga bisa masuk ke ruang-ruang cekung.

Kesimpulan

Nah itu dia adalah penjelasan mengenai kunci pas. Kunci pas tidak diizinkan untuk digunakan dengan kasar, terutama jika bautnya macet. Kunci rahang dapat digunakan bolak-balik untuk mendapatkan akses ke bagian lain dari bagian baut lainnya.

Back to top button