Advertisement

Cara Berkendara Mobil Supaya Irit BBM

Rancakmedia.com – Terdapat banyak cara berkendara mobil supaya irit BBM (Bahan Bakar Minyak) yang belum banyak orang tahu, salah satunya sering dilakukan pemilik mobil adalah mematikan fungsi AC, biasanya saat jarum indikator bahan bakar menyentuh E (emergency).

Diyakini bahwa mematikan AC membantu meringankan beban pada mesin. Agar tidak kehabisan bensin terlalu cepat dan sampai di SPBU tepat waktu. Apakah ini benar? Anggapan itu tidak salah. Tetapi hasilnya tidak terlalu terlihat.

Bahkan jika AC tidak bekerja, akselerasi dan pengereman yang cepat tidak akan terpengaruh secara signifikan. Selain itu, membuka jendela dengan kecepatan lebih dari 60 km/jam tidak memiliki dampak yang terlihat.

Semakin besar jendela yang dibuka, angin akan semakin membatasi kecepatan mobil. Didi melanjutkan, pengendara bisa menghemat bahan bakar dengan menggunakan berbagai cara berkendara.

Daftar Cara Berkendara Mobil Supaya Irit BBM

Pertama, biasakan mengganti persneling pada 2.000-3.000 rpm untuk mobil girboks manual. Kemudian, hindari akselerasi dan pengereman yang cepat saat tidak penting.

Selain itu, penggunaan tekanan udara yang sesuai pada ban mobil juga akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Ya, penurunan tekanan udara memang berpengaruh pada ketidakstabilan roda, yang (juga) akan berdampak pada penggunaan bahan bakar yang lebih boros. Hal ini dapat menghasilkan tingkat limbah 5 hingga 2 persen.

Oleh karena itu, kami perlu memanfaatkan tekanan ban sesuai dengan instruksi pabriknya. Juga, gunakan bahan bakar yang memenuhi persyaratan kendaraan atau rekomendasi pabrikan.

Untuk mengoptimalkan efisiensi mesin dan meningkatkan penghematan, penting untuk terus mengisi ulang bahan bakar di SPBU dengan bahan bakar berkualitas tinggi yang memenuhi persyaratan oktan kendaraan dan tidak meninggalkan kotoran atau sisa pembakaran.

Jangan lupa matikan AC jika tidak diperlukan. Apalagi saat mobil melaju di cuaca dingin. Memang, seperti disebutkan di atas, mematikan AC tidak berpengaruh besar terhadap konsumsi bahan bakar. Namun, tidak ada salahnya untuk menghemat bahan bakar, bukan?

Kesimpulan

Itulah artikel mengenai Cara Berkendara Mobil Supaya Irit BBM yang dapat kamu coba dengan mudah agar dapat menghemat BBM.

Demikian artikel tentang Cara Berkendara Mobil Supaya Irit BBM, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan berguna buat kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas