Advertisement

Langkah Hisap dan Cara Kerja Motor 4 Tak Lengkap

Rancakmedia.com – Dalam langkah kerja mesin motor 4 tak yang pertama yaitu hisap, tujuannya untuk memasukkan campuran udara dan bahan bakar ke dalam silinder bisa disebut dengan intake stroke.

Di Indonesia, sepeda motor biasanya datang dengan mesin 4 tak atau 2 tak. Kedua perangkat bekerja dengan cara yang berbeda.

Jenis mesin yang paling umum di motor saat ini adalah 4-tak. Karena itu, terutama di kota-kota padat penduduk seperti Jakarta, Motor 2 bebas berkeliaran.

Akibatnya, sepeda motor 4-tak menjadi lebih populer, terutama untuk penggunaan sehari-hari. Untuk irit bahan bakar, ternyata tak lebih irit. Lebih penting lagi, emisi gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa 4 takaran adalah pengganti 2 takaran. Karena 2 tidak lagi memenuhi batasan polusi gas buang pemerintah di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Kuda besi, yang berubah dari kuda dua langkah menjadi kuda empat langkah, juga merupakan perkembangan yang signifikan. Kawasaki Ninja adalah nama pabrikan lokal. Sebelumnya ditenagai oleh mesin 150 cc 2-tak, kini digantikan oleh mesin 250 cc 4-tak. Kemudian Suzuki Satria juga mengalami hal yang sama dengan Ninja.

Mau tahu apa itu motor empat tak? Bagaimana cara kerja motor empat langkah silahkan baca artikel lengkapnya dibawah ini:

Pengertian Motor 4 Tak

Untuk mengenal lebih jauh tentang arti dari motor 4 tak atau 4 tak, kamu bisa memulainya dengan namanya. Motor 4 tak adalah mesin pembakaran dalam yang dalam satu siklus pembakaran akan mengalami empat langkah piston.

Pengertian Motor 4 Tak

Untuk sebagian besar, mesin sepeda motor saat ini menggunakan siklus empat langkah. Setiap siklus mesin membutuhkan dua putaran poros engkol untuk menyelesaikan langkah masuk, kompresi, tenaga, dan buang.

Akibatnya, motor 4-tak hanyalah cara lain untuk mengatakan “4 langkah.” Sebagian besar sepeda motor saat ini memiliki mesin 4 tak, mulai dari skuter matik (skuter), sepeda motor bebek, sepeda motor sport, dan sepeda motor besar (moges).

Bahkan di masa sekarang, mesin 4 tak sering dipadukan dengan sistem injeksi bahan bakar. Hal ini untuk mengurangi dampak emisi gas buang terhadap lingkungan. Adanya injeksi juga membuat motor lebih irit.

Namun, di Indonesia tidak semua sepeda motor menggunakan teknik injeksi. Beberapa kuda besi masih menggunakan karburator dan mesin empat tak. Pertimbangkan Kawasaki W175, Benelli Patagonian Eagle, Kawasaki KLX 150, dan model lain di kelas yang sama dengan ini.

Apa alasan untuk terus menggunakan karburator oleh produsen? Tidak ada pilihan lain karena kebijakan negara mengizinkannya. Kemudian masih banyak penggemar sistem karburator.

Ini karena pengoperasian karburator yang mudah dan kurangnya ketergantungan pada teknologi komputer. Akibatnya, jika terjadi kerusakan, perbaikannya cepat dan sederhana. Suku cadang karburator juga cukup murah.

Mesin empat tak kembali lagi. Jika kamu masih tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja motor 4-tak, teruslah membaca halaman ini. Selain itu, ada kemungkinan mesin yang kamu gunakan menggunakan tipe ini.

Tentunya dengan mempelajari cara kerjanya, kamu akan lebih mengenal motor. Kemudian jika terjadi sesuatu, setidaknya kamu memiliki keterampilan dasar untuk melakukan perawatan.

Bagaimana Cara Kerja Mesin Motor 4 Tak?

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, kerja empat langkah mesin terdiri dari hisap, kompresi, kerja, dan buang. Semua tahapan ini memiliki berbagai tujuan untuk memberikan semburan energi.

Bagaimana Cara Kerja Mesin Motor 4 Tak

Dari pembakaran mesin empat langkah ini, tenaga kemudian disalurkan ke gearbox, yang kemudian menggerakkan roda belakang motor. Hingga akhirnya aku bisa pergi.

Ingin tahu lebih banyak tentang cara kerja motor 4 tak? Berikut gambaran lengkap langkah-langkahnya:

Proses Hisap (Intake) dari Motor 4 Tak

Siklus hisap motor empat langkah dimulai ketika katup hisap terbuka dan piston turun, menyedot kombinasi udara dan bahan bakar. Selanjutnya, bensin bisa masuk ke silinder mesin motor. Banyaknya bahan bakar yang terbakar selama pembakaran dapat mempersulit mesin untuk menghasilkan tenaga.

Mekanismenya adalah piston akan bergerak dari titik mati atas (TDC) ke titik mati bawah (TMB), kemudian klep di buka dan klep Ex menutup sehingga bahan bakar akan masuk ke silinder.

Poros engkol akan berputar 180°. Poros engkol akan berputar 90°. Juga, kabut akan tersedot melalui port intake oleh tekanan negatif piston saat menariknya melalui karburator.

Menghasilkan Kompresi (Compression)

Tujuan dari langkah pada motor 4 tak adalah untuk menaikkan suhu sehingga kombinasi bahan bakar dan udara menciptakan senyawa. Output daya mesin secara langsung berkorelasi dengan efisiensi proses ini.

Piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TDC), menutup katup masuk dan membuka katup buang. Akibatnya, udara atau gas di ruang bakar dapat menyebabkan kompresi. Selanjutnya, poros engkol menyelesaikan satu putaran penuh (360 °). Poros engkol mencapai 180 °.

Langkah Tenaga (Combustion) Pada Motor 4 Tak

Kerja mesin 4 tak kemudian dimulai dengan menyalakan busi, yang mengakibatkan pembakaran bahan bakar dan udara. Prosedur ini akan menghasilkan ledakan yang akan mendorong piston turun ke dalam lubang silinder.

Tindakan linier diterjemahkan ke dalam gerakan berputar oleh kruk AS, yang kemudian diteruskan ke roda gila. Prosesnya dimulai dengan ledakan di ruang bakar, yang mengirimkan piston dari titik mati atas (TDC) ke titik mati bawah (TMB).

Saat katup ditutup, menjelang akhir langkah, katup buang mulai sedikit terbuang. Melalui proses ini, terjadi transisi dari energi bolak-balik piston menjadi energi putar kruk AS. Hingga 540 ° rotasi dimungkinkan untuk kruk AS, dan hingga 270 ° untuk noken AS.

Proses Buang (Exhaust Emission)

Setelah proses pembakaran motor 4 tak selesai, bahan bakar gas harus dibuang. Piston dari TMB bergerak naik lagi ke atas alias TMA, diikuti bukaan katup buang.

Akibatnya, gas pembakaran limbah dievakuasi. Pada proses buang ini piston akan naik dari TMB ke TMA. Selanjutnya, buat setengah putaran kruk, atau 180 derajat.

Siklus kerja mesin 4-tak berulang sampai pengendara mematikan kunci kontak dan tidak ada busi, di mana mesin mati atau malfungsi.

Dengan kata lain, bagaimana kamu mengetahui apa itu motor 4 tak dan bagaimana cara kerjanya? Jika masih belum jelas, coba ikuti penjelasan di bawah ini.

Penjelasan Lengkap Mesin Motor 4 Tak

Ada empat fase dalam siklus proses pembangkitan tenaga motor empat langkah. Empat tahapan tersebut adalah hisap, kompresi, kerja, dan buang. Satu siklus motor 4 tak terjadi setiap 2 putaran kruk.

Penjelasan Lengkap Mesin Motor 4 Tak

Putaran poros engkol adalah 2 kali dari langkah masuk (setengah putaran) + langkah kompresi (setengah putaran) + langkah kerja (setengah putaran), dan langkah buang (setengah putaran).

Jika dihitung secara total, dalam 2 putaran poros engkol atau 360 derajat, mesin motor 4 tak memberikan tenaga atau langkah kerja.

Jika dijumlahkan dengan 2 putaran poros engkol atau 360 derajat, dapat memberikan tenaga atau langkah kerja pada mesin motor 4 tak. Memahami?

Kendala yang Biasa Terjadi Pada Mesin Motor 4 Tak

Meskipun mesin 4 tak adalah penerus dari 2 tak, bukan berarti sistemnya sempurna. Masih banyak potensi hambatan. Apalagi jika kamu tidak melakukan perawatan peralatan secara rutin.

Mesin empat langkah rentan terhadap berbagai masalah. Pelajari lebih lanjut di artikel berikutnya. Pastikan kendaraan kamu tidak mogok!

Kinerja Mesin Bermasalah Mengakibatkan Motor Ngebul

Jika performa mesin tidak dioptimalkan, dapat mengakibatkan keluarnya asap putih pada knalpot sepeda motor. Penjelasannya mungkin piston motor sudah oblak.

Skenario lain mungkin ring piston aus dan setang piston bermasalah, memungkinkan oli bocor ke ruang bakar mesin.

Ketika oli bercampur dengan bahan bakar, ada kepulan asap bersama dengan asap knalpot dari knalpot. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera periksa ke bengkel.

Pilihan paling ringan adalah mengganti ring piston. Hanya saja untuk kesulitan yang serius, piston mungkin perlu diganti. Tentu saja harganya tidak sedikit.

Tenaga yang dihasilkan Menurun

Masalah lain yang mungkin terjadi saat mesin bermasalah adalah tenaga motor yang tiba-tiba berkurang, padahal casing gas sudah ditekan kencang.

Masalah ini mungkin timbul sebagai akibat dari penurunan kekuatan piston dan ring piston. Akibatnya, kompresi mesin juga turun. Akibatnya, proses pembakaran tidak ideal, sehingga tenaga yang dihasilkan sangat kecil.

Terlepas dari kesulitan yang satu ini, kamu harus lebih berhati-hati. Kesalahan pemasangan piston dan ring piston adalah sumber masalah yang paling umum. Performa mesin juga dipengaruhi oleh masa pakai.

Mungkin juga performa sepeda motor kamu menurun akibat beban barang yang kamu bawa terlalu berat.

Mesin Motor 4 Tak yang Susah dihidupkan

Tanda tambahan dari masalah mesin adalah kesulitan menghidupkan kendaraan, yang sering terjadi di tengah perjalanan. Penyebabnya mungkin piston rusak, yang mengakibatkan dinding silinder aus sehingga memungkinkan oli masuk ke ruang bakar.

Mesin Motor 4 Tak yang Susah dihidupkan

Jika hal ini terjadi, dapat menyebabkan kesulitan tambahan, terutama dengan busi yang sering mati atau motor yang sulit untuk dihidupkan. Kondisi ini umumnya akan menimbulkan bau busuk dan asap knalpot.

Dengan langkah apa pun, kamu sekarang memiliki gagasan yang lebih baik tentang apa itu motor 4 langkah dan bagaimana cara kerjanya! Di masa depan, mungkin kamu akan lebih memperhatikan ke mesin sepeda motor favorit kamu!

Kesimpulan

Di Indonesia, sepeda motor biasanya datang dengan mesin 4 tak atau 2 tak. Kedua perangkat bekerja dengan cara yang berbeda. Kami sudah mengungkap secara detail apa itu motor 4 tak dan apa perbedaannya dengan motor 2 tak (Motor 2).

Masih banyak pecinta sistem karburator. Ini karena pengoperasiannya yang mudah dan kurangnya ketergantungan pada teknologi komputer. Perbaikan karburator cepat dan sederhana jika terjadi kerusakan, dan juga cukup murah.

Back to top button