Advertisement

Cek Sebelum Membeli Mobil Transmisi Manual Bekas

Rancakmedia.com – Perlu kamu ketahui jika ingin membeli mobil bekas itu selalu mengeceknya, inilah yang perlu kamu cek sebelum membeli mobil transmisi manual bekas.

Jika kamu berpikir untuk membeli mobil bekas, pastikan transmisinya berfungsi dengan baik. Banyak aspek mekanis dari mobil transmisi manual dapat diperiksa oleh orang non-teknis.

Kriteria dasar untuk membeli mobil bekas adalah test drive. Waktu reaksi perpindahan transmisi manual, misalnya, mungkin menunjukkan malfungsi.

Misalnya saat kamu menginjak pedal gas, mesin mengaum, tetapi mobil tidak beroperasi dengan baik atau cenderung melambat. Kondisi ini dapat muncul pada gearbox manual jika komponen pelat kopling sangat tipis.

Cek ini di Mobil Transmisi Manual Bekas

Untuk kamu yang ingin membeli mobil transmisi manual bekas, kamu perlu mengetahui apa saja yang perlu di cek sebelum membeli agar tidak menyesal, sebagai berikut:

1. Susah Pindah Gigi

Saat mengganti dari netral ke 1, atau sebaliknya, masalah dengan transmisi manual terlihat jelas. Tautan antara tuas dan tuas penarik, atau yang sering disebut dengan garpu kopling, ditengarai menjadi akar masalahnya.

Untuk menghubungkan kedua perangkat, kamu dapat menggunakan master kopling mobil baru atau tali kopling mobil lama. Komponen yang telah aus dari waktu ke waktu tetapi belum diganti mungkin juga menjadi perhatian.

2. Gear Slip

Dalam kondisi berkendara yang umum, posisi transmisi manual tidak akan bergeser tanpa masukan dari pengemudi, meskipun perpindahan gigi dapat menyebabkan hal ini terjadi.

Misalnya, transmisi dapat tiba-tiba berubah dari ketiga ke netral jika rusak dengan cara ini. Jika kamu menemukan mobil seperti ini saat pengujian, sebaiknya jangan membelinya

Clutch drag adalah masalah lain yang mungkin muncul pada kendaraan yang hanya memiliki transmisi manual. Saat pedal kopling ditekan, pelat kopling harus copot dari roda gila untuk mencegah kopling drag.

Keadaan ini akan menyebabkan pengemudi tidak dapat memindahkan gigi karena kopling masih dalam putaran mesin. Itu hanya akan membuat suara yang mengerikan jika ditekan.

Membeli mobil tua bertransmisi manual bukanlah ide yang baik jika kamu menemukan salah satu dari dua masalah di atas. Mengingat, biaya perbaikan kedua barang tersebut tidaklah murah.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan beberapa tips yang perlu kamu cek sebelum membeli mobil transmisi manual.

Demikian artikel tentang Cek Sebelum Membeli Mobil Transmisi Manual, semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas