Advertisement

Tips Membeli Motor Bekas agar Tidak Kecewa

Rancakmedia.com – Jika kamu ingin membeli motor bekas, terdapat tips membeli motor bekas yang perlu kamu ketahui sebelum memberli agar tidak kecewa.

Namun ketahuilah, memilih sepeda motor bekas sendiri itu sulit, karena calon konsumen memiliki banyak pilihan untuk model, jenis dan warna motor.

Seperti yang diungkapkan Darwin Danubrata, Songsi Motor di Jagakarsa, Jakarta, saat membeli sepeda motor bekas untuk aktivitas sehari-hari, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kondisi sepeda motor.

Jika tujuan membeli sepeda motor adalah untuk hobi atau koleksi, mungkin kamu akan memilih sepeda motor “bahan” dan kemudian memperbaikinya.

Jika tujuan membeli sepeda motor bekas adalah untuk dipakai sehari-hari, maka sepeda motor yang ideal adalah yang memiliki kemampuan yang sama dengan sepeda motor baru, dan tidak membutuhkan uang lebih.

Daftar Tips Membeli Motor Bekas

Berikut adalah beberapa petunjuk yang perlu diingat ketika membeli untuk membeli sepeda motor bekas:

1. Periksa Kelengkapan Surat Motor

Calon pembeli harus mengecek surat-surat penting seperti BPKP dan STNK.

Pada fase ini kamu bisa mengetahui dengan jelas nama pemilik pertama sehingga bisa dipastikan motor bekas yang ingin kamu beli tidak dicuri.

2. Periksa Nomor Rangka dan Nomor Mesin

Pastikan calon pembeli memeriksa secara menyeluruh struktur dan mesin sepeda motor.

Perbedaan apa pun antara sasis dan nomor mesin, meskipun hanya sedikit, dapat menimbulkan bencana. Ada kemungkinan bahwa ini adalah bukti sepeda motor curian, mengingat situasinya.

3. Periksa Kondisi Mesin

Untuk mengetahui apakah ada modifikasi, calon pemilik harus memeriksa gasket dan baut mesin. Karena kondisi paking merupakan “jalan masuk” untuk mengetahui apakah motor mengalami gangguan mesin atau tidak.

Sebab, komponen ini menghubungkan silinder dengan pusat mesin. Jika gasket pernah diganti, maka bagian setang sampai seher berarti pernah diganti juga, alias sudah tidak lagi orisinil.

4. Periksa Suara Mesin

Terlepas dari kenyataan bahwa ini tidak diperlukan, itu adalah praktik umum bagi mereka yang ingin membeli sepeda motor bekas untuk memeriksa kebisingan mesin.

Periksa untuk melihat apakah mesin lambat tanpa ada motor di dalamnya (terus berjalan tanpa gas). Hal ini untuk menentukan apakah mesin dalam kondisi kerja yang sangat baik atau tidak.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan informasi tentang tips membeli motor bekas yang perlu di ketahui agar tidak menyeseal di kemudian hari.

Demikian artikel tentang Tips Membeli Motor Bekas agar Tidak Kecewa, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas