Apa Itu Shopee Video: Fitur Terbaru Untuk Promosi Produk

Nafa Lightyani

Apa Itu Shopee Video Fitur Terbaru Untuk Promosi Produk

Rancakmedia.com – Tahukah kamu bahwa kini shopee memiliki program baru bernama shopee video? Sebenarnya apa itu shopee video? bagi sebagian pengguna shopee mungkin asing dengan shopee video ini, maka dari itu kami akan membahasnya di bawah ini.

Shopee video ini merupakan layanan tambahan yang disediakan oleh PT Shopee International Indonesia dan afilasinya anak perusahaan Shopee.

Shopee video ini dijadikan cara lain untuk bisa menghasilkan uang dengan cara menonton video, program shopee video ini bisa dibilang hampir mirip dengan aplikasi nonton video seperti di Instagram reels, TikTok lite, Clips Claps, dan aplikasi nonton video penghasil uang lainnya.

Selain shopee tanam, shopee video reward atau biasa disebut dengan shopee video bonus ini bisa menjadi alternatif tambahan penghasilan kamu hanya dengan modal rebahan sambil scroll.

Walaupun hasil uang yang didapatkan terbilang sangat receh, namun ada baiknya kamu menggunakan alternatif lainnya seperti menjadi bagian dari affiliates shopee, shopee patner, shopee reseller dan sebagainya.

Apa itu Video Shopee

Shopee video merupakan sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan video pendek yang disertai dukungan dengan musik dan filter.

Fitur shopee video ini bertujuan untuk media atau wadah promosi para seller toko shopee. Dengan begitu para seller atau penjual bisa langsung mempromosikasn produk yang dijual.

Dengan video menarik dan kreatif yang dibuatnya akan menghasilkan view dari viewer shopee video, sehingga bisa meningkatkan penjualan di shopee.

Shopee video bisa diakses oleh semua pengguna, dengan melalui menu shopee video dihalaman utama aplikasi Shopee.

Di fitur baru dari Shopee ini, ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan seperti mengikuti, menyukai, mengomentasi, hingga membagikan video.

Penjual atau seller Shopee bisa menghadirkan pengalaman berbelanja yang menarik dengan menggunakan video produk.

Video yang bisa memberikan penjelasan produk dengan baik akan bisa memudahkan calon konsumen memperoleh pengetahuan lebih banyak mengenai produk itu sekaligus menghasilkan gambaran yang tepat dari produk.

Jenis Shopee Video Produk

Dengan menggunakan fitur shopee video seperi ini, kamu bisa mencoba banyak teknik dalam menyajikan sebuah produk.

Biasanya dalam fitur ini dibagi menjadi dua macam video produk untuk menarik calon konsumen, sekaligus memperjelasan gambaran yang benar dari produk yang dijual.

Berikut jenis shopee video yang bisa kamu gunakan, antara lain yaitu:

1. Video Deskripsi

Saat kamu melakukan video deskripsi produk, video ini akan menyajikan fitur dan detail dari produk tersebut. Kamu juga bisa mengambil beberapa angel sudut dari produk, hingga rekaman yang close up.

Biasanya video deskripi ini akan dimanfaatkan pada produk fashion, perhiasan, kosmetik, ataupun produk yang dibuat dari materia khusus seperti kulit.

Jenis Shopee Video Produk (Sumber: Negative Space via Pexels)

Dalam video deskripsi ini juga bisa kamu jelaskan mengenai keunggulan, kelebihan dan kualitas dari produk yang kamu jual.

2. Video Demonstrasi

Pada video demonstrasi, kamu dapat menunjukkan tata cara pemakaian produk secara singkat dan sederhana, namun terlihat elegant.

Sebagai penjual atau seller, kamu harus mampu menjelaskan langkah-langkah pemakaian dari produk yang kamu jual itu.

Video demonstrasi biasanya bisa dipakai untuk menjelaskan produk elektronik, alat masak, dan sebagainya.

Dengan adanya video demonstrasi ini, diharapkan calon konsumen bisa memahami betul tentang cara kerja sebuah produk yang kamu jual dan yang ingin di beli nya.

Download Video Shopee 2023

nama aplikasiShopee 12.12 Birthday Sale
Perlukan versi Android4.4 dan ke atas
Versi2.95.52
Tarikh dikeluarkan4 Juni 2015
Dikemas kini pada21 November 2022
Saiz muat turun79 MB
pemajuShopee
Pautan muat turunTekan di sini

Cara Daftar Akun Shopee Video

Seperti yang sudah dijelaskan pada syarat dan ketentuan pihak shopee video, bahwa setiap program shopee video bonus hanya berlaku khusus untuk pengguna yang diundang oleh Shopee yang dikirim melalui notifikasi Shopee dan berada di Indonesia.

Namun jika akun Shopee kamu belum memiliki fitur shopee video, sebaiknya kamu mengupdate aplikasi shopee terbaru di google play store atau klik link yang kami sediakan di atas supaya semua fitur terbaru muncul.

Di bawah ini terdapat cara mendaftar shopee video bila kamu sudah menerima notifikasi atau undangan dari shopee video di akun shopee kamu, yaitu:

  1. Pada menu utama shopee, pilih menu icon atau tombol shopee video yang berada di bagian tengah bawah
  2. Lalu jika sudah kebuka, klik menu icon profil pada bagian pojok kanan atas
  3. Pada halaman menu saya, tekan tombol daftar pada bagian pojok kanan atas
  4. Setelah itu masukkan username untuk nama di akun Shopee kamu
  5. Selanjutnya pada kolom biografi kamu bisa masukin mengenai deskripsi tentang toko kamu
  6. Lalu klik simpan
  7. Selesai

Jika kamu sudah melakukan pendaftaran akun seperti langkah yang kami sebutkan di atas, maka kamu sudah berhasil mendaftarkan akun shopee video.

Dengan begitu kamu sudah dapat memview atau menonton video shopee, selain itu juga kamu bisa ikut berpartisipasi sebagai creator shopee video lhoo.

Jika kamu menjadi penonton shopee video, maka kamu bisa saja mendapatkan reward atau bonus berupa saldo yang bisa ditarik melalui shopeepay.

Minimal penarikan saldo bonus yang bisa kamu dapatkan dari menonton video yaitu sebesar Rp. 200 (Dua Ratus Rupiah).

Cara Daftar Akun Shopee Video (Sumber: Cottonbro Studio via Pexels)

Kamu juga bisa melihat riwayat penarikan bonus tersebut dengan menekan tombol riwayat penarikan bonus.

Tips Membuat Shopee Video

Di bawah ini terdapat tips yang bisa kamu gunakan ketika ingin mendesain video produk, berikut sejumlah tips untuk menciptakan produk yang bagus yang akan menarik calon konsumen:

1. Buat Perencanaan

Perenacaan sederhana harus dibuat mengenai apa saja yang hendak ditayangkan di video itu, umpamanya seperti merekam video produk dengan berbagai sudut lalu dikombinasikan dengan pengambilan secara close-up.

2. Panjang Video

Video Shopee tentang produk ini harus dibuat secara singkat, jelas, padat dan durasi jangan lebih dari 1 menit. Video yang efektif akan bisa membawa informasi produk walaupun durasinya sangat singkat.

3. Kualitas Video

Untuk bisa digunakan smarphone atau kamera yang bisa merekam video dengan kualitas tinggi.

4. Pencahayaan

Beberapa orang pasti meremehkan hal ini, namun pencahayaan ialah satu elemen pentuk dalam membuat video.

Tidak harus memakai pencahayaan yang pro, namun pencahayaan ketika merekam video harus terang agar produk bisa dilihat dengan jelas.

5. Background

Pada saat mempromosikan video produk, usahakan gunakan background yang tidak begitu ramai atau berlebihan supaya tidak mengalihkan fokus konsumen dari produk itu.

6. Teks Pendukung

Untuk memaksimalkan penyampaian informasi produk, maka dalam video bisa saja dilengkapi dengan tulisan sederhana seperti manfaat produk atau cara penggunaan.

7. Backsound

Backsound juga bisa kamu butuhkan untuk menyempurnakan video kamu. Video akan lebih menarik untuk ditonton jika ditambahkan dengan suara.

8. Ketentuan Video Produk

Video yang akan diupload wajib sesuai dengan aturan, yaitu panjang 10-60 detik, format MP4, ukuran maksimal 30 MB dan resolusi maksimal 1280 x 1280px.

Tips Membuat Shopee Video (Sumber: George Milton via Pexels)

Cara Upload Shopee Video

Jika kamu kreator yang ingin membuat video di shopee video, kamu bisa melakukan langkah yang kami sediakan di bawah ini untuk mengunggah video yang telah kamu buat, sebagai berikut:

  1. Untuk memasukkan video produk melalui aplikasi Shopee, kamu bisa klik tombol tambah produk baru di halaman toko saya
  2. Kemudian klik tambah foto dan unggah gambar cover produk
  3. Lalu klik tambah foto atau video dan pilih video produk yang ingin kamu unggah
  4. Kamu bisa menambahkan data produk misalnya nama produk, deskripsi, kategori, harga dan sebagainya
  5. Sementara jika kamu ingin memasukkan video dari produk yang telah ada, kamu bisa klik tombol produk saya
  6. Kemudian klik tombol Ubah dari produk yang kamu inginkan
  7. Selanjutnya klik tambah foto atau video untuk mengunggah video pilihanmu

Cara Menggunakan Shopee Video

Cara menggunakan shopee video juga terbilang cukup mudah, kamu bisa menonton video jika kamu sebagai pengguna, dan kamu bisa membuat video jika kamu sebagai kreator.

Nah inilah cara menggunakan video di Shopee yang perlu kamu tahu:

  1. Kamu bisa mengganti pilihan tab Temukan, Mengikuti dan Untuk Anda dengan cara menggeser layar ke kanan atau kiri
    a. Kegunaan tab temukan untuk menampilkan hastag ataupun video yang sedang trending dan event yang berlangsung pada fitur tersebut
    b.  Sedangkan tab mengikuti untuk menampilkan video dari akun atau kreator yang sudah kamu ikuti
    c.  Dan tab untuk anda akan menampilkan rekomendasi video berdasarkan ketertarikanmu ataupun dari pengguna shopee yang lainnya
  2. Kamu juga bisa mengganti Mengikuti dan Untuk Anda dengan cara menggeser layar ka kanan atau kiri atau pilih tab mengikuti atau tab untuk anda di bagian atas halaman
  3. Untuk melihat video selanjutnya, kamu bisa menggeser layar ke atas, dan geser layar ke bawah untuk kembali pada video sebelumnya
  4. Untuk merefresh video, kamu bisa menggeser layar ke bawah pada video pertama atau bisa mengtab pilihan judul untuk anda
  5. Untuk menghentikan atau memutar video, kamu bisa ketuk layar satu kali untuk menghentikan video, dan ketuk layar satu kali lagi untuk memutar video kembali untuk melanjutkan

Ketentuan yang Harus Diperhatikan

Shopee video yang memiliki persyaratan yang cukup ketat untuk mengawasi setiap pengguna Shopee video dan creator shopee video, berikut diantaranya:

Ketentuan yang Harus Diperhatikan (Sumber: Liza Summer via Pexels)
  1. Menonton video yang sama secara berulang kali maka tidak akan menambahkan durasi menontonmu, perlu diketahui durasi menonton video kamu bisa dilihat pada menu rewards yang berada di layar atas kiri (klik icon rewards) lalu scroll ke bagian bawah di panel tonton video dan dapatkan bonus
  2. Kamu bisa menarik bonus 1 kali perhari dengan jumlah penarikan tetap
  3. Aktivitas ini hanya tersedia untuk akun Shopee video terpilih, dan kamu mungkin akan kehilangan akses ke aktifitas jika beralih ke akun lain

Kesimpulan

Shopee video merupakan sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan video pendek yang disertai dukungan dengan musik dan filter.

Demikian informasi tentang apa itu shopee video: fitur terbaru untuk promosi produk, semoga artikel yang kami sediakan di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Kongsi:

Nafa Lightyani

Saya seorang penulis kandungan untuk SEO, Teknologi, Kewangan, Perjalanan, Memasak dan lain-lain, dengan perbincangan yang tepat.