BISNISTEKNO

Cash Register, Berikut Pengertian & fungsi

Rancakmedia.com – Cash register adalah, jika anda tidak tahu apa itu mesin kasir? Mesin kasir adalah perangkat elektronik atau mekanik untuk menghitung dan menyimpan transaksi penjualan yang tergabung dengan modul laci kas. Petugas kas juga memberikan bukti kwitansi penjualan kepada konsumen

Penerimaan kas diperoleh dari penjualan tunai melalui mesin kasir, mesin kasir juga harus diletakkan di meja kasir agar dapat dilihat oleh konsumen, dan banyak bisnis tambahan menghubungkan mesin kasir langsung ke komputer. Komputer dirancang untuk mencatat segera pada catatan akuntansi input data oleh agen penjualan dari mesin kasir.
Mesin kasir atau cash register adalah perangkat untuk menangani transaksi ritel dan menyediakan unit penyimpanan uang yang aman. Alat elektronik dengan kata “komputerisasi” adalah mesin kasir yang terkomputerisasi dengan kemampuan serba digital.

Sudah memanfaatkan teknologi modern sehingga mesin kasir dapat dioperasikan oleh pengguna/kasir dengan data transaksi yang tercatat secara otomatis di komputer. Ini berbeda dengan model mesin kasir tradisional, yang dikendalikan secara manual pada mesin.

🔥TRENDING:  10+ Aplikasi Penghasil Dollar Terbaik 2021 di Android

Fitur dan Kemampuan Cash Register

Mesin kasir tradisional memiliki kemampuan yang besar dan berat, yang memungkinkan mereka untuk mengambil banyak ruang, terbatas pada perhitungan ritel dasar dan penyimpanan uang tunai yang aman.

Di sisi lain, mesin komputerisasi modern memberi pedagang berbagai fitur dan sistem terintegrasi. Sistem POS (Point-of-Sale) atau Program Kasir diinstal di komputer. Pemilik toko dapat menggunakan sistem POS ini untuk memantau penjualan terbesar dan mengatur ulang barang saat persediaan hampir habis.

Fitur dan Kemampuan Cash Register

Sebagian besar mesin modern ini menampilkan tampilan tampilan digital, yang memungkinkan pengguna melihat informasi transaksi dan harga. Tampilan ini juga dapat mencakup kemampuan layar sentuh, yang meningkatkan keramahan pengguna secara keseluruhan untuk operator, terutama dengan alat berat modern.

Jenis Cash Register

Mesin kasir hanya memiliki 2 macam mesin kasir, antara lain;

🔥TRENDING:  10+ Aplikasi Stok Barang Terbaik dan Gratis di Android

Cash Register Manual

Mesin kasir jenis ini banyak digunakan di toko-toko, minimarket, restoran, apotek, dan sebagainya serta harus memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengoperasikan mesin kasir ini dengan hati-hati.

Mesin dengan Cash Register Pemindai

Mesin kasir ini banyak digunakan di supermarket besar seperti Hypermart dan Carefour. Sangat mudah untuk mengoperasikan mesin kasir jenis ini, kasir hanya menyalakan pemindai kode batang barang yang sedang dikemas. Mesin kasir akan menampilkan kode barang dan harga secara otomatis.

Penggunaan mesin kasir dibandingkan dengan mesin manual
Dibandingkan dengan mesin lain, mesin kasir menawarkan banyak keunggulan antara lain:

Memudahkan transaksi pembayaran bagi caissar dan konsumen dapat secara akurat mengidentifikasi jenis dan nama barang yang akan dijual, dan memperjelas bahwa semua penjualan secara keseluruhan dapat mengetahui persediaan barang yang masih tersedia atau pemilik toko memiliki alat kontrol yang tepat , dapat secara akurat menentukan transaksi produk.

🔥TRENDING:  10 Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis Tercepat 2021 dan Termudah

Komponen Cash Register Antara Lain :

Tampilan depan meliputi tampilan operator, tampilan pelanggan, keyboard, dan badan mesin, komponen printer terdiri dari pita, makanan, dan gulungan fotokopi.
Basis terdiri dari laci kas (cash drawer).

Kesimpulan:

Mesin kasir atau cash register adalah perangkat untuk menangani transaksi ritel dan menyediakan unit penyimpanan uang yang aman. Mesin kasir tradisional memiliki kemampuan yang besar dan berat, yang memungkinkan mereka untuk mengambil banyak ruang, terbatas pada perhitungan ritel dasar dan penyimpanan uang tunai yang aman. Mesin komputerisasi modern memberi pedagang berbagai fitur dan sistem terintegrasi. Komponen mesin kasir meliputi tampilan operator, tampilan pelanggan, keyboard, badan mesin, pita, makanan, dan gulungan fotokopi.

Back to top button