Apa Itu WPS Pada WiFi, Fungsi dan Cara Kerjanya

nafa cahyani

Apa Itu WPS Pada WiFi Fungsi dan Cara Kerjanya

Rancakmedia.com – Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai apa itu WPS pada WiFi, WPS ini merupakan fitur keamanan yang diterapkan pada jaringan WiFi untuk memudahkan proses koneksi perangkat ke jaringan tanpa harus mengetikkan password secara manual.

Sistem keamanan ini berfungsi untuk menghubungkan router WiFi dengan perangkat penerima WiFi seperti smartphone sehingga menjadi lebih aman, cepat, dan mudah.

WPS hanya bisa berjalan pada perangkat yang sudah didukung oleh keamanan WPA personal dan WPA2. Sistem WPS tidak dapat bekerja atau tidak bisa mendukung perangkat yang menggunakan sistem keamanan WEP.

Apa Itu WPS Pada WiFi?

Banyak sekali pengguna WiFi yang mencari apa itu WPS pada WiFi, jadi WPS ialah singkatan dari (WiFi Protected Setup) ialah sebuah sistem keamanan yang dibuat untuk WiFi.

Fitur WPS juga sudah biasa ditemukan pada perangkat router WiFi yang biasa ditemukan pada perangkat router WiFi yang biasa terpasang di rumah.

WPS merupakan standar jaringan nirkabel yang berfungsi untuk membuat koneksi antara router dengan perangkat yang dipakai oleh pengguna sehingga koneksi menjadi lebih cepat, mudah, dan aman.

WPS diperkenalkan ke seluruh pengguna pada tahun 2007 oleh WiFi Alliance. Ini dilakukan untuk memudahkan pengguna, khususnya yang tidak terbiasa menggunakan password jaringan nirkabel dirumah atau tidak ingin melakukan pengaturan keamanan WiFi yang sulit.

Dengan menggunakan WPS dapat memungkinkan pengguna supaya cepat terhubung ke jaringan WiFi. Sistem keamanan WPS hanya bisa bekerja pada keamanan WPA Personal dan WPA2. Sementara WEP tidak mendukung.

WPS umumnya dipakai pada router-router yang dipakai di rumah atau router fasilitas public yang menyediakan WiFi gratis. Namun, tidak semua router menggunakan WPS.

Ketika ingin terhubung dengan jaringan WiFi yang dilindungi atau terproteksi menggunakan password, pengguna harus memasukkan password terlebih dahulu.

Jika menggunakan WPS, pengguna hanya cukup menekan tombol WPS pada router WiFi saja.

Jika ingin terhubug pada jaringan WiFi yang menggunakan proteksi berupa password, biasanya pengguna harus mengetahui password yang terpasang pada WiFi tersebut.

Dengan adanya WPS, pengguna sudah tidak perlu lagi mengetikkan password karena pengguna hanya perlu melakukan scan WiFi pada perangkat yang digunakannya.

Manfaat Menggunakan WPS

Di bawah ini terdapat beberapa manfaat dari menggunakan WPS pada WiFi selain sebagai sistem keamanan WPS, yaitu sebagai berikut:

  1. Memudahkan proses koneksi, WPS memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat yang digunakan ke jaringan WiFi tanpa harus mengetikkan password jaringan secara manual
  2. Keamanan jadi lebih baik, WPS menyediakan tingkat keamanan yang lebih baik daripada jika pengguna hanya menggunakan password jaringan yang sederhana
  3. Mudah untuk digunakan, WPS dirancang untuk digunakan oleh pengguna yang tidak terlalu faham mengenai teknologi jaringan, sehingga lebih mudah untuk digunakan di bandingkan dengan metode koneksi lainnya
  4. Pembaruan perangkat cepat, WPS memungkinkan pengguna untuk memperbarui perangkat yang terhubung ke jaringan dengan cepat dan mudah

Fungsi Dari WPS

WPS atau (WiFi Protected Setup) memiliki cara kerja sederhana dengan bekerja pada perangkat yang mendukung sistem WPS serta tombol konfigurasi. Fitur WPS sering digunakan untuk sistem keamanan untuk pengganti kata sandi atai password.

Pada pengaturan normel, perangkat tidak bisa terhubung pada jaringan WiFi kecuali pengguna mengetahui informasi jadingan seperti nama jaringan, SSID, dan password.

Ketika sudah menemukan jaringan WiFi, pengguna harus memilih dan menginput password yang sudah di atur supaya terhubung.

Kelebihan dan Kekurangan WPS

Di samping itu WPS juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu pengguna nya ketahuhi.

Salah satu kelebihan dari WPS ialah bisa membuat koneksi atau sambungan WiFi antara router dengan perangkat yang digunakan sehingga dapat mempermudah penggunanya.

Beberapa router sudah support atau sudah didukung oleh sistem operasional lama, sedangkan yang terbaru seperti Win 10, Win 8, Win Vista hingga Windows XP.

Untuk perangkat Android, tersedia mulai dari 4.0 Ice Cream sehingga Android 7.0 Nougat. Pada blackberry tersedia versi 6 dan yang terbaru.

Jika kekurangan dari WPS ialah:

  1. Jaringan WiFi pada router yang menggunakan fitur WPS biasanya mempunyai keamanan yang sangat rapuh.
  2. Dengan berbagai koneksi internet melalui WiFi menggunakan fitur WPS yang akan sangat rentan mengalami hack password WiFi.
  3. Butuh pengaturan keamanan password WiFi tambahan supaya tidak rentan di hack. Selain itu sudah banyak aplikasi yang bisa membobol jaringan ini.

Cara Kerja WPS

Cara kerja dari WPS sebenarnya terbilang sangat praktis. Perangkat yang mendukung WPS pasti memiliki pilihan untuk terhubung melalui WPS.

Sedangkan untuk router yang memiliki dukungan sistem WPS biasanya mempunyai tombol WPS yang berada pada router itu sendiri.

Langkah untuk menggunakan WPS juga sangat praktis, langkah pertama kamu hanya perlu menekan tombol WPS yang ada pada router, lalu setelah itu buka menu pengaturan pada perangkat kamu dan pilih WPS.

Kedua perangkat tersebut nantinya akan saling mendeteksi satu sama lain, kamu juga bisa melakukan pengaturan supaya akses WPS bisa diakses dengan menggunakan PIN dan tombol QSS.

Nantinya pun koneksi yang digunakan akan tetap aman dan cepat, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika proses ini memperlambat koneksi internet kamu.

Cara Menghubungkan Koneksi Jaringan WiFi dengan WPS

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghubungkan koneksi jaringan WiFi dengan WPS, yaitu:

  1. Nyalakan WiFi pada perangkat yang sedang kamu gunakan
  2. Lalu lihat pada menu “Option” yang berada pada sebelah kanan atas layar
  3. Nantinya akan menampilkan beberapa pilihan yang ditampilkan, pilih Advanced dan biasanya opsi ini terletak pada bagian menu paling bawah daripada opsi lainnya
  4. Lalu pilih menu WPS Push Button yang terletak pada bagian bawah
  5. Kemudian lakukan scanning jaringan WiFi yang tersedia pada area tempat berada
  6. Jika proses berlangsung, pengguna harus sambil menekan tombol WPS yang berada pada router WiFi
  7. Setelah ditekan, nantinya akan muncul peringatan atau notifikasi bahwa jaringan WiFi tersebut telah terhubung antara perangkat yang sedang digunakan dengan router WiFi
  8. Lalu klik Done atau OK, dan koneksi jaringan kamu siap untuk digunakan dan nikmati

Cara Pakai WPS Connect Supaya Terhubung WiFi

Berikut langkah menggunakan WPS degan benar agar bisa terhubung dengan jaringan WiFi:

  1. Nyalakan WiFi pada perangkat smartphone atau perangkat lainnya
  2. Lalu cari menu More Option yang terletak pada bagian kanan atas pada layar
  3. Lalu klik menu Advanced
  4. Setelah itu klik menu WPS Push Button yang terletak pada bagian paling bawah menu
  5. Lalu, perangkat yang digunakan akan melakukan scanning terhadap jaringan WiFi yang tersedia, ketika proses ini sedang berjalan pengguna harus tetap menekan tombol WPS yang terdapat pada router WiFi
  6. Selanjutnya pengguna akan otomatis terhubung dengan router yang digunakan
  7. Lalu klik OK atau Done jika pengguna sudah mendapatkan koneksi WiFi pada smartphone

Solusi Jika WPS Tidak Bisa Digunakan

Di bawah ini terdapat beberapa langkah yang bisa kamu gunakan jika tidak bisa menggunakan WPS, yaitu:

  1. Pastikan router atau perangkat yang akn terhubung mendukung dengan WPS
  2. Cek apakah tombol WPS pada router sudah ditekan dan dalam posisi aktif
  3. Lakukan restart router dan perangkat yang akan terhubung
  4. Selanjutnya cek firmwarerouter sudah diperbarui ke versi terbaru
  5. Jika masih tidak berhasil, cobalah untuk menghubungkan perangkat dengan menggunakan password jaringan secara manual.
  6. Jika masih tidak berhasil, cobalah untuk mematikan fitur WPS pada router atau menggunakan metode koneksi lain, seperti menggunakan kabel LAN atau menghubungkan perangkat ke jaringan melalui hotspot pada perangkat lain.
  7. Jika masalah masih tetap ada, sebaiknya hubungi vendor router atau dukungan teknis untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Kesimpulan

WPS merupakan standar jaringan nirkabel yang berfungsi untuk membuat koneksi antara router dengan perangkat yang dipakai oleh pengguna sehingga koneksi menjadi lebih cepat, mudah, dan aman.

Demikian informasi tentang apa itu WPS pada WiFi, fungsi dan cara kerjanya. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.