Advertisement

Pengertian Web Server dan Cara Kerjanya

Rancakmedia.com – Ulasan tentang pengertian web server serta cara kerjanya yang perlu kamu ketahui. Untuk itu baca artikel dibawah ini agar mendapatkan informasinya secara lengkap.

Kita bisa mengakses situs web karena adanya server. Server ini disebut web server. Namun, banyak orang tidak memiliki teknologi untuk memahami apa arti frasa teknis ini.

Orang-orang menjadi lebih sadar akan pentingnya teknologi sebagai hasil dari kemajuan pesat dalam teknologi yang telah terjadi dalam beberapa dekade terakhir. Teknologi server web adalah salah satu hal yang harus kamu kenal.

Semua orang pasti biasa menggunakan browser saat mengunjungi internet. Lalu apa hubungannya web server dengan browser? Secara singkat, browser yang biasa kamu gunakan berfungsi sebagai klien. Web server akan mendapatkan banyak permintaan dari browser. Itulah salah satu kaitannya.

Apa Itu Web Server

Apa yang dimaksud dengan web server? Protokol HTTP/HTTPS digunakan oleh web server untuk menerima permintaan dari klien atau browser berupa halaman web, yang kemudian dijawab oleh server dalam bentuk dokumen HTML atau PHP dalam bentuk halaman web.

Pengertian Web Server

Dari sini dapat disimpulkan bahwa web server adalah sebuah perangkat lunak yang menyediakan layanan kepada klien web (browser) seperti Chrome, Mozilla, Opera, Safari, dan lain-lain agar browser dapat menampilkan web yang diminta.

Dalam situasi ini, pengguna internet yang menggunakan browser untuk mengakses internet beroperasi sebagai web client yang mengajukan permintaan ke web server.

Pengertian Web Server Menurut Para Ahli

Perspektif para ahli berikut ini dapat membantu kita memahami dengan lebih baik apa arti web server yang sebenarnya:

Solochin

Pengertian tentang web server menurut Solichin adalah pengguna atau klien mengirimkan permintaan dan juga permintaan dalam bentuk halaman web melalui HTTp atau HTTPS ke server web, yang kemudian mengembalikan dokumen HTML dalam bentuk halaman web.

Khairil

Menurut Khairil, pengertian web server adalah sebuah program atau perangkat lunak yang menjadi backbone atau tulang punggung dari sebuah situs world wide web (www).

Disebutkan bahwa setelah permintaan diproses, web server akan menunggu permintaan dari klien yang menggunakan browser sebelum menampilkan kembali hasil pemrosesan itu di browser.

Pengertian Web Server Menurut Para Ahli

Nugroho

Menurut Nugroho, pengertian web server adalah semacam server yang secara khusus ditujukan untuk menyimpan halaman web atau home page.

Sebuah komputer dapat dinyatakan sebagai web server jika dalam mesin tersebut terdapat aplikasi server yang diberi nama PWS (Personal Web Service), PWS ini kemudian akan bekerja sehingga halaman web pada komputer server dapat dipanggil dari PC klien.

Sejarah web server

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa web server pertama kali dibuat di benua Eropa dengan tujuan untuk membangun senjata nuklir bukan untuk hosting website atau melayani mereka.

Kita sudah tahu bahwa internet berevolusi puluhan tahun yang lalu, tetapi server baru memulai debutnya pada tahun 1990. Web server pertama dibuat pada saat percobaan nuklir bernama CERN.

Teknologi ini dikembangkan pada server bernama NeXT, dari konsep yang diajukan oleh CERN. NeXT adalah perusahaan yang dibuat oleh pendiri Apple, Steve Jobs. Berawal dari teknologi tersebut di atas, kini hadirlah world wide web.

Tujuan dari web server adalah untuk menghubungkan antara server dan browser, tetapi penggunaannya lebih jauh diperluas sebagai ruang penyimpanan data dan sebagai perangkat untuk menjalankan berbagai aplikasi untuk alasan komersial.

Dari informasi di atas, kamu dapat menyimpulkan bahwa server adalah perangkat lunak atau perangkat keras yang berfungsi sebagai penyedia data ke web client (browser) seperti Chrome, Mozilla, Safari, dan Opera sehingga browser dapat menampilkan situs web tertentu.

Fungsi Web Server

Tugas web server adalah mengirim file permintaan melalui protokol HTTP atau HTTPS yang telah ditentukan. Apakah kamu tahu bahwa situs web mencakup berbagai macam data, seperti: file teks .txt, film .mp4, foto .jpg, file, dan banyak lagi? Data ini ditransfer dari server web ke klien, yang dilihat oleh browser web seperti Chrome dan Firefox.

Fungsi Pada Jaringan

Peran web server adalah menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien, seperti browser web yang paling kita kenal (Chrome, Firefox). Server web juga akan mengembalikan respons terhadap permintaan ke klien dalam bentuk halaman web, yang biasanya berupa HTML.

Hingga saat ini, web server berperan memproses semua permintaan data oleh klien yang menggunakan web browser. Kemudian mengirimkan umpan balik berupa tanggapan dalam bentuk file seperti makalah, video, gambar, atau berbagai jenis data lainnya.

Jika diringkas fungsi web browser, adalah sebagai berikut:

  1. Menghapus file yang tidak perlu dari cache browser, seperti gambar dan media lainnya.
  2. Memeriksa permintaan HTTP tergantung pada permintaan klien apakah situs web aman atau tidak.
  3. Untuk menjaga keamanan sistem, modul ini menyediakan informasi yang dikumpulkan dari permintaan pengguna yang masuk.

Bagaimana Cara Kerja Web Server?

Apakah kamu sudah tahu cara kerja web server? Pada dasarnya, web server bertanggung jawab untuk menerima permintaan dari klien dan kemudian memberikannya kembali dalam bentuk file.

Perangkat lunak komputer server bertindak sebagai fasilitas penyimpanan data untuk situs web. Komputer server juga harus memiliki konektivitas internet agar dapat diakses oleh pelanggan setiap saat.

Ketika klien atau browser seperti Safari meminta data dari server web, permintaan akan dikemas dalam TCP dan dikirim ke alamat yang tepat melalui HTTP atau HTTPS untuk ditampilkan di browser.

Namun, server web akan menolak permintaan jika data yang diperlukan tidak dapat ditemukan. Itulah sebabnya mengapa kita sering mendapatkan Page Not Found atau Error 404 saat mengakses informasi atau situs web di internet.

Jenis-jenis Web Server

Sebagai seorang programmer, kamu juga harus mengetahui macam-macam dan contoh web server yang sering digunakan. Berikut ini berbagai macam web server sebagai berikut.

Jenis-jenis jaringan

Apache

Web server yang populer dan paling sering digunakan oleh sebagian besar pengguna adalah jenis Apache. Awalnya, Apache dimaksudkan untuk mendukung sistem operasi UNIX secara penuh.

Selain cukup mudah dibangun, Apache juga berisi berbagai program pendukung sehingga memberikan layanan yang komprehensif, seperti PHP, SSI, dan kontrol akses. Berikut adalah rinciannya:

  1. PHP (Personal Home Page atau PHP Hypertext Processor)
  2. Memproses teks dari server, tampilannya menyerupai CGI. Apache sangat mendukung PHP dengan menginstalnya sebagai salah satu modulnya (mod php). Hal ini meningkatkan kinerja PHP.
  3. S.S.I. adalah singkatan dari “Server Side Include”.
  4. Perintah yang dapat ditemukan di HTML lamaIni kemudian dapat ditangani oleh server web ketika pengguna melihatnya.
  5. Kontrol akses CGI (Common Gateway Interface) dapat dilakukan berdasarkan nama host atau nomor IP.yang
  6. Paling populer adalah Perl (Practical Extraction and Report Language), yang didukung oleh Apache sebagai modul (mod perl).

Apache cukup aman dan menyenangkan untuk digunakan karena memiliki berbagai keunggulan, seperti prosedur instalasi yang sederhana, freeware, dan sistem konfigurasi yang masih sangat mudah. Selain itu, Apache juga dapat berfungsi pada sistem operasi open-source maupun closed-source.

Nginx

Nginx merupakan alternatif yang lebih mumpuni dari Apache dibandingkan web server standarnya. Nginx terkenal karena kemampuannya menangani berbagai macam permintaan, bahkan permintaan dengan kepadatan lalu lintas yang sangat tinggi. Nginx lebih baik dalam hal kualitas, kecepatan, dan kinerja.

Nginx menyediakan beberapa manfaat dalam hal fungsionalitas, seperti penulisan ulang URL, host virtual, penayangan file, reverse proxying, kontrol akses, dan banyak lagi.

IIS

Web server IIS (Internet Information Services) adalah web server yang beroperasi pada berbagai protokol seperti DNS, TCP/IP, atau berbagai perangkat lunak lain yang berguna untuk membangun sebuah situs

Lighttpd

Programmer Jerman telah merancang web server open-source untuk mendukung komputer Linux dan Unix. Dari segi manfaat, kemampuan ekstra yang dapat diakses pada web server ini memberikannya berbagai kelebihan. seperti FastCGi, Output-Compression, FastCGi, dan URL Writing. Web server Lighttpd memberikan layanan yang lebih responsif dan efisien.

Kelebihan Web Server

Web server tidak hanya bekerja sesuai dengan perannya tetapi juga mampu meningkatkan kebahagiaan dan kenyamanan pelanggan. Hal ini terbukti dengan beberapa kelebihan yang diberikan, antara lain:

Kelebihan Web Server

Interaksi

Web server selalu menyediakan pilihan untuk berkomunikasi dengan penyedia hosting, misalnya jika pengguna ingin mempelajari cara kerja internal web server, mereka dapat melakukannya di sini.

Konfigurasi

File log server web sangat mudah digunakan. Log dapat dikonfigurasi pengguna dengan permintaan dari pengguna. Sistem operasi dan lalu lintas situs web dapat dipelajari dengan cara ini.

Fleksibilitas

Dibandingkan dengan hosting cluster, hosting server web jauh lebih mudah beradaptasi, terutama ketika menggunakan server khusus.

Kemampuan Download

Web server mungkin merupakan solusi sempurna untuk kamu gunakan sebagai pemilik situs web yang menawarkan tautan unduhan. Situs web yang menggunakan server web tidak perlu khawatir tentang batas bandwidth. Selain itu, pengunjung akan dapat lebih mudah mengawasi kecepatan dan efisiensi situs web.

Sharing Resource

Karena server web bukan host bersama, ketika mereka mendapatkan permintaan baru, mereka tidak akan berbagi sumber daya seperti hard drive, bandwidth, atau prosesor dengan orang lain.

FAQ

Dibawah ini adalah contoh kalimat tanya jawab mengenai web server, sebagai berikut:

Apakah Google Chrome termasuk Web Server?

Iya Google Chrome termasuk web server, selain itu ada juga Mozilla Firefox, Opera, Safari, dan sebagainya, terkenal karena memasok data ke klien web atau browser.

Bagaimana web server berkomunikasi dengan client?

HTTP adalah protokol yang digunakan oleh web server untuk berinteraksi dengan klien (web browser) (hypertext transfer protocol). Dengan protokol ini, komunikasi antara web server dan kliennya dapat saling dimengerti dan mudah. Format data pada world wide web adalah SGML.

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan Web server adalah sebuah perangkat lunak yang menyediakan layanan kepada klien web. Protokol HTTP/HTTPS digunakan oleh web server untuk menerima permintaan dari klien atau browser.

Web server juga dapat diperluas sebagai ruang penyimpanan data dan perangkat untuk menjalankan berbagai aplikasi untuk alasan komersial. Web server bertanggung jawab untuk menerima permintaan dari klien dan menyediakannya kembali dalam bentuk file.

Demikian artikel tentang web server dan cara kerjanya, semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Back to top button