Advertisement

Keunggulan Utama dari Mesin Pencari Google Adalah

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai keunggulan mesin pencari google yang mungkin saja belum kamu ketahui. Jadi, tidak heran jika mayoritas masyarakat Indonesia yang menggunakan internet niscaya dapat memanfaatkan layanan Google sebagai mesin pencari kamu.

Sebagai mesin pencari, Google cukup dikenal oleh para peselancar dunia maya. Bahkan sering disebut sebagai “The King of Search Engine” karena merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia.

Fakta bahwa, sebagai Raja Mesin Pencari, setidaknya membuat Google memiliki sejumlah keunggulan signifikan dibandingkan mesin pencari lain seperti Bing, Yahoo, AOL, Ask atau mesin pencari Baidu China.

Secara keseluruhan, pasti menggunakan Google sebagai mesin pencari adalah keputusan yang masuk akal bagi peselancar internet. Mengapa?

Tentu saja, karena kamu memiliki beberapa keunggulan dibandingkan mesin pencari lainnya. Kami akan membahas beberapa manfaat Google dibandingkan mesin pencari lainnya di bagian ini.

Pengertian Mesin Pencari

Pengertian Mesin Pencari

Mesin pencari, seperti yang didefinisikan oleh Wikipedia, adalah perangkat lunak komputer yang digunakan untuk menemukan file yang disimpan di web jaringan, layanan FTP, milis, atau grup berita.

Relevansi dan rasio pengunjung digunakan untuk menyusun daftar hasil pencarian. Penting untuk dicatat bahwa algoritme yang digunakan untuk memberi peringkat atau menampilkan hasil kueri sangat bervariasi dari satu mesin telusur ke mesin telusur berikutnya.

Kelebihan Mesin Pencari Google Dibandingkan yang Lain

Berikut ini adalah beberapa kelebihan mesin pencari google, diantaranya:

Hasil Sangat Relevan

Sementara mesin pencari lain mungkin menawarkan hasil pencarian yang lebih relevan, Google secara konsisten mengungguli kamu semua dalam hal menyajikan hasil yang relevan kepada konsumennya.

Ini karena algoritma pencarian Google yang sangat baik, yang memprioritaskan situs web berkualitas tinggi.

Support Pencarian Berdasarkan Lokasi

Google juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menjalankan pencarian tergantung pada lokasi pengguna. Misalnya di Indonesia akan menjadi google.co.id. dan hasilnya lebih relevan karena sesuai dengan perilaku penelusuran di tempat tersebut (misalnya, di Indonesia).

Cepat dalam Melakukan Pencarian

Google adalah mesin pencari internet yang sangat cepat dan ringan. Dibutuhkan kurang dari 0,5 detik bagi Google untuk menampilkan jutaan hasil dalam pencarian kami, terutama ketika kami memilih istilah yang relevan.

Perkembangan Algoritma

Jika dibandingkan dengan mesin pencari lainnya, algoritma Google berkembang paling cepat. Ini adalah salah satu dari banyak manfaat algoritma pencarian. Algoritma Panda diperkenalkan pada Februari 2011 dan masih terus diperbarui hingga saat ini.

Algoritma Penguin diperkenalkan pada bulan April 2012 dan masih terus diperbarui hingga saat ini hingga Penguin versi 4.0 dirilis pada bulan Oktober 2016.

Terakhir, pada awal tahun 2017, Google meluncurkan Algoritma Fred, yang didasarkan pada Algoritma Panda. Ini menunjukkan bahwa Google mengabdikan diri untuk memelihara dan memenuhi kebutuhan penggunanya.

Dinamis

Perbedaan antara SEO Google dengan mesin pencari lainnya seperti Bing, Yahoo, dan lainnya adalah Google memiliki algoritma yang sangat dinamis.

Google sangat menerima berbagai kekhawatiran yang dibuat oleh pengguna atau web master sehingga algoritma mesin pencari Google terus diperbarui dan menjadi sangat ideal di kelasnya.

Tampilannya yang Simpel dan Sederhana

Google memberi kami desain dasar dan sederhana, tetapi tetap menyenangkan dan tanpa terlalu banyak iklan yang terkadang mengganggu.

Tampilan yang sederhana dan lugas membuat pencarian yang kami lakukan menjadi mudah karena kami hanya memasukkan istilah pencarian dan kemudian kami bisa dengan cepat mendapatkan apa yang kami minta.

Beragam File Terimdeks di Google

Google dapat mengindeks berbagai jenis file, termasuk PDF, DOC, dan PowerPoint.

Pengindeksan berbagai format file ini membantu penulis konten web untuk melestarikan materi kamu dalam berbagai format file tanpa khawatir tentang format file yang disimpan tidak muncul di situs pencarian Google.

Kelebihan Mesin Pencari Google Dibandingkan yang Lain

Kemampuan Google untuk mengindeks berbagai jenis file berarti akan dapat memenuhi tuntutan informasi dari penggunanya yang menginginkan format file tertentu.

Lebih dari Triliunan Situs Web Terindeks

Manfaat terbesar dari mesin pencari Google adalah banyaknya halaman yang diindeks oleh Google. Diperkirakan bahwa Google saat ini memiliki lebih dari satu triliun (1.000.000.000.000.000.000.000) domain internet terindeks, naik dari 1 miliar pada tahun 2000.

Pada tahun 1998, Google sendiri mengindeks 26 juta situs web. Sebagai hasil dari pengindeksan Google yang ekstensif, kami tidak hanya dapat menemukan materi yang kami inginkan, tetapi kami juga dapat menemukan fakta terkait.

Dukungan Teknologi Teranyar

Penguasaan teknologi dan kontrol infrastruktur membantu Google membangun pendekatan yang tepat untuk mesin pencarinya. Google menggunakan teknologi paling mutakhir, termasuk server yang dapat dianggap benar-benar andal dalam hal menyediakan layanan cepat.

Kemudian berbagai infrastruktur yang dimiliki Google, seperti satelit dengan teknologi terbaru, membuat kehebatan mesin pencari Google sulit ditandingi. Selain itu, Google memiliki komponen spasial yang memanfaatkan alamat IP (lokasi) pengguna untuk memberikan hasil yang lebih akurat.

Membasmi Spamming

Tidak kalah pentingnya di situs webs dari mesin pencari adalah jumlah situs web spam atau berkualitas rendah. Biasanya, ini adalah situs web di mana informasi telah dijiplak dari situs web lain atau di mana satu-satunya konten adalah pencarian kata kunci.

Untuk mengatasi internet dengan cara ini, Google secara sistematis menghilangkan situs web spam dari mesin pencarinya. Setidaknya dalam jangka pendek, jumlah web spam yang muncul di hasil pencarian Google berkurang.

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban mengenai mesin pencari Google, antara lain:

Apa Saja Fungsi dari Mesin Pencari?

  1. Pengindeksan alamat dan konten.
  2. Gunakan kata kunci untuk menyampaikan informasi.
  3. Media pemasaran produk atau jasa non-komersial.

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari ?

Algoritma digunakan untuk mengatur dan memilih data yang ditampilkan oleh mesin pencari, yang merupakan media yang dikembangkan untuk bergerak secara mandiri dan mandiri.

Algoritme yang digunakan oleh mesin pencari berusaha memberikan hasil terbaik untuk serangkaian kata kunci dan istilah pencarian tertentu. Namun secara teknis, bagaimana mesin pencari menyaring seluruh internet sebelum membuka halaman yang kamu lihat?

Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan tentang cara kerja mesin pencari, yang dibagi menjadi 3 (tiga) tahap:

Crawling (Penjelajahan)

Saat ini, mesin pencari sedang menyaring jutaan dokumen yang membentuk web.

Penjelajahan data selalu dimulai dengan situs web yang paling bereputasi dan berkualitas tinggi. Dari sana, mesin pencari menemukan tautan ke situs web lain. Dll.

Hasilnya, desainnya tampak seperti jaring dengan cabang ke segala arah. Kata “world wide web” (www) berasal dari ini.

Hasil Sangat Relevan

Indexing (Pengindeksan)

Ini adalah daftar besar di mana semua situs web dan informasi ditemukan. Halaman yang telah dicari dalam proses crawling akan dimasukkan ke dalam daftar database.

Basis data akan ditambang untuk dokumen yang relevan untuk diberikan kepada pengguna. Namun karena ada jutaan makalah yang mungkin dianggap signifikan, maka harus dilakukan pemeringkatan.

Ranking (Peringkat)

Ada ratusan teknik dan variabel pendukung yang dibutuhkan mesin pencari untuk menentukan peringkat situs web kamu, seperti kategori istilah pada halaman, jumlah situs lain yang terhubung, dan materi terbaru.

Dalam proses pemeringkatan, algoritme mesin pencari adalah juri, yang dapat mengevaluasi setiap halaman untuk memutuskan mana yang paling relevan dan bereputasi baik.

Apa itu Search Engine Optimization (SEO) ?

SEO, istilah yang umumnya dikaitkan dengan pencarian, adalah keterampilan yang harus kamu kuasai selain mesin pencari.

Ungkapan “SEO” mengacu pada mesin tertentu yang mencapai peringkat tinggi di mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Jadi tugas SEO untuk mesin pencari adalah memungkinkan mesin untuk lebih mudah menafsirkan dan merekam informasi yang ditawarkan oleh situs web kamu sehingga dapat ditampilkan dalam hasil dan disampaikan kepada pembaca.

Disiplin SEO tidak bisa dipisahkan dari mesin pencari. Banyak perusahaan bertahan yang mengandalkan strategi seo yang dilakukan. Semakin banyak peringkat, semakin sukses situs tersebut.

Pengguna, penulis, pengembang web, dan lainnya di industri TI semuanya berusaha untuk menerapkan dan mengikuti SEO di situs web kamu untuk mencapai peringkat halaman satu atau lebih tinggi.

Sangat penting bahwa banyak individu dan spesialis SEO menjual dan menyediakan layanan SEO, alat SEO, plugin SEO, dan analisis SEO untuk meningkatkan kinerja pencarian situs web kamu.

Kesimpulan

Artikel di atas membahas keunggulan Google dibandingkan dengan mesin pencari lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu, baik untuk menambah informasi, mengerjakan tugas.

Sekedar menawarkan pemahaman tentang manfaat Google, kelebihan dan kekurangan Google. Semoga bermanfaat ya.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas