Advertisement

Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan tentang apa saja jenis virus pada komputer dan cara mengatasinya. Agar kamu mendapatkan informasinya simak artikel yang telah kami sediakan dibawah ini.

Ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan program komputer yang mampu mereproduksi atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar ke komputer lain melalui internet atau media penyimpanan lainnya.

Virus komputer adalah salah satu dari jenis malware, dan virus komputer memiliki banyak varietas yang memiliki fitur dan fungsi yang berbeda, tetapi tujuannya hampir sama, yaitu untuk melukai dan melukai pengguna komputer yang terinfeksi virus komputer.

Jenis Virus Komputer

Berikut jenis-jenis virus komputer dan cara mengatasinya.

Trojan

Trojan adalah jenis virus komputer yang dibuat dengan tujuan mencuri data dan bahkan dapat digunakan untuk mengontrol data di komputer korban. Virus ini sendiri sering datang melalui internet dan juga melalui email yang diterima oleh individu.

Trojan memperoleh akses ke komputer pengguna melalui media ini. Virus ini berpotensi mencuri data sensitif dari komputer kamu, jadi kamu harus sangat berhati-hati saat menggunakan internet atau membuka email.

Trojan Virus Komputer

Trojan sendiri bukanlah virus, tetapi karena cara berinteraksi dengan kinerja komputer, banyak orang menganggapnya sebagai jenis virus komputer.

Cara Mengatasinya

Pendekatan yang sering digunakan pengguna komputer untuk membersihkan Trojan dari komputer adalah dengan menggunakan antivirus yang dibuat khusus untuk virus Trojan, seperti Trojan Remover atau Trojan Hunter. Selain antivirus yang tercantum di atas, antivirus khusus Trojan tambahan dapat digunakan.

Worm

Meskipun virus ini tidak terlalu berbahaya, jika dibiarkan berjalan tanpa dicentang, ia akan segera mengisi hard drive komputer kamu.

Pasalnya, worm itu sendiri adalah virus yang memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri. Jelas bahwa ini tidak dapat disimpan di komputer untuk waktu yang lama. Kuda Trojan, serta worm dan Internet, dapat menginfeksi komputer pengguna.

Cara Mengatasinya

Untuk memperbaiki situasi, pelanggan dapat menggunakan Antivirus Pro untuk melakukan pembersihan sistem.

Memory Resident Virus

Memory Resident Virus adalah jenis virus komputer yang dimaksudkan untuk menginfeksi memori RAM. Tentu saja, akibat dari virus ini akan berinteraksi dengan program komputer dan bahkan dapat membuat komputer menjadi sangat lambat. Memory Resident Virus akan diaktifkan secara otomatis saat sistem operasi komputer dihidupkan.

Memory Resident Virus

Cara Mengatasinya

Smadav, Avast, Avira adalah salah satu contoh program antivirus yang mungkin bisa digunakan untuk mengetasi virus tersebut.

Multipartite Virus

Tujuannya pada dasarnya identik dengan Memory Resident Virus, yang juga menargetkan memori RAM untuk menginfeksi sistem operasi sebelum menuju hard drive untuk melakukan kerusakan.

Jika tidak segera ditangani, virus ini akan sangat merepotkan. Virus Multipartite sangat berbahaya bagi RAM dan kesehatan hard drive komputer kamu karena kemampuan serangannya yang cepat.

Cara Mengatasinya

kamu dapat menghapus Virus Multipartite dengan sering mendefrag hard drive menggunakan Disk Defragmenter dan membersihkan sektor yang rusak pada partisi hard disk.

Web Scripting Virus

Web Scripting sebenarnya bukan virus, melainkan sepotong kode komputer yang digunakan untuk menjalankan konten di situs web. Mengapa dikategorikan sebagai virus? Terlepas dari kenyataan bahwa ia melakukan pekerjaan ini, Web Scripting digolongkan sebagai virus karena cara berinteraksi dengan program komputer.

Cara Mengatasinya

Mengatasi virus ini cukup mudah. Pengguna dapat melakukan pembersihan rutin menggunakan alat bawaan Microsoft Windows atau aplikasi antivirus lainnya.

FAT Virus

FAT Virus, atau File Allocation The Table Virus adalah jenis virus komputer yang memiliki kemampuan untuk merusak data pada sistem komputer kita. Selain itu, kemampuan virus ini yang cukup berbahaya adalah dapat dengan mudah menyembunyikan data-data vital kita, sehingga seolah-olah file tersebut hilang atau terhapus.

Cara Mengatasinya

Karena pengguna harus memperhatikan setiap bagian data dalam folder yang disertakan dalam penyimpanan kami untuk mengetahuinya sendiri, solusinya sedikit lebih rumit. Katakanlah kita menemukan file mencurigakan yang belum pernah kita buat atau simpan sebelumnya, yang menunjukkan bahwa data tersebut terinfeksi virus FAT.

Companion Virus

Ada jenis virus lain yang berpotensi merusak informasi pribadi kita: Virus Pendamping. Virus ini sendiri sulit dideteksi karena memiliki kemampuan untuk bersembunyi di hard drive dan bahkan dapat mengubah format data kita menjadi format file data palsu.

Misalnya, Data Kita.jpg mengubah virus ini menjadi Data Kita.Apk. Akibatnya, akan jauh lebih sulit bagi kita untuk melacak data yang sebenarnya.

Cara Mengatasinya

Tidak ada metode yang tepat untuk memperbaikinya. Pengguna hanya dapat menghindarinya dengan melakukan hal-hal biasa, terutama memasang dan membersihkan berkala melalui antivirus. Memasang firewall sangat disarankan sebagai lapisan perlindungan tambahan.

Polymorpic Virus

Virus Polymorphic adalah virus yang sangat sulit untuk diidentifikasi dan dihilangkan karena kemampuan cerdik virus itu sendiri. Alasan di balik ini adalah bahwa ketika virus polimorfik menginfeksi mesin, ia dapat membuat kata sandi untuk dirinya sendiri secara otomatis.

Polymorpic Virus

Pada kenyataannya, virus ini dapat mengubah strukturnya dan berinteraksi dengan kemampuan antivirus agar tidak dikenali sebagai virus sama sekali.

Cara Mengatasinya

Karena kemampuannya, Polymorphic Virus tidak bisa dikalahkan dengan mudah. Perangkat lunak antivirus dan firewall, di sisi lain, dapat membantu pengguna menghindari masalah ini.

Directory Virus

Virus yang dikenal sebagai “Virus Direktori” dapat menginfeksi file dengan ekstensi .exe dan menyebabkan aplikasi .exe lumpuh atau berhenti merespons tanpa alasan yang jelas.

Dan ketika kamu menjalankan software tersebut, secara otomatis virus ini akan berfungsi dan menginfeksi komputer lain.

Jika virus ini sudah mulai menginfeksi komputer kamu, kemungkinan besar komputer kamu akan melambat dan banyak program tidak akan terbuka. Dan antivirus itu sendiri tidak beroperasi untuk menghapus direktori virus ini.

Cara Mengatasinya

Jika kamu tidak segera mengelolanya, virus jenis ini dapat merusak semua file exe di komputer kamu. Karena antivirus tidak dapat menghapusnya, satu-satunya pilihan untuk menangani virus ini adalah menginstal ulang sistem operasi komputer kamu.

Macro Virus

Virus makro sering merusak dan menginfeksi file makro seperti .docm, .xls, .pps, dan lain-lain. Virus ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman aplikasi, pada kenyataannya ini dianggap lebih kompleks daripada bahasa pemrograman sistem operasi. Virus Makro sering disebarluaskan melalui email yang diterima pengguna.

Macro Virus

Cara Mengatasinya

Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan menghindari membuka email mencurigakan yang masuk ke komputer kamu.

Boot Sector Virus

Virus Boot Sector tidak menginfeksi program komputer kamu, melainkan boot sector, yang merupakan area terkecil dari hard drive. Virus Boot Sector, di sisi lain, lebih suka mengintai di floppy disk. Karena mobilitasnya, virus ini lebih baik karena dapat menginfeksi file apa pun di hard drive komputer.

Cara Mengatasinya

Virus ini dapat diatasi hanya dengan menempatkan hard disk kamu ke mode write protect.

Overwrite Virus

Karena dapat menghapus file dan data yang terinfeksi tanpa menghabiskan ruang penyimpanan hard drive komputer kamu, Overwrite Virus memiliki beberapa kemampuan yang mengesankan untuk virus.

Ini menyiratkan bahwa virus memiliki kemampuan untuk menghapus berbagai data dari komputer pengguna, terlepas dari seberapa penting data tersebut, dan ia dapat melakukannya tanpa mengurangi kapasitas hard drive. Katakanlah kamu memiliki 1 GB data untuk digunakan.

Setelah itu, Overwrite Virus menginfeksi komputer dan menghapus semua data. Meski begitu, ruang hard disk kamu akan tetap terkonsumsi sebanyak 1 GB meskipun datanya sudah benar-benar dihapus.

Cara Mengatasinya

Dalam kebanyakan kasus, data yang rusak oleh virus ini tidak dapat dimusnahkan secara permanen. Oleh karena itu, obatnya adalah dengan menemukan data yang terinfeksi, kemudian menghapusnya agar tidak menyebar ke file lain.

Direct Action Virus

Virus ini relatif mudah untuk dihapus dan umumnya menargetkan jenis file Bat Autoxec pada hard disk. Ketika sistem operasi komputer diluncurkan, Virus Tindakan Langsung juga langsung diluncurkan.

Kemampuan virus untuk menginfeksi perangkat eksternal seperti flash drive dan media penyimpanan lainnya menimbulkan ancaman lain.

Direct Action Virus

Cara Mengatasinya

Dimungkinkan untuk membasmi Virus Tindakan Langsung dengan menjalankan pemindaian rutin dengan program antivirus karena tidak dianggap sebagai virus yang sangat berbahaya.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa tanya jawab tentang jenis virus komputer

Mengapa kita tidak bisa menghapus virus?

Hal yang tidak bisa kita lakukan adalah menghapusnya secara langsung karena virus jika telah menginfeksi banyak file akan dapat mereproduksi dirinya sendiri dengan menghasilkan file palsu untuk membuat kita bingung.

Kenapa bisa ada virus di komputer?

Virus telah ada sejak komputer pertama memulai debutnya. Program awalnya dibangun untuk menyerang, memperbaiki, dan menghancurkan perangkat lunak dalam programnya. Intinya, virus dirancang untuk hal-hal yang memiliki pengaruh merusak.

Mengapa komputer tetap terinfeksi virus walaupun sudah ada anti virus?

Mungkin saja kita telah melakukan segalanya dengan benar namun tetap saja komputer kita terinfeksi oleh virus komputer jika, Program antivirus kamu belum diperbaharui sehingga tidak bisa mendeteksi virus baru.

Kesimpulan

Virus komputer adalah program komputer yang dapat mereproduksi atau menyalin dirinya sendiri. Virus dapat bersifat merusak misalnya dengan merusak data dalam dokumen, membuat pengguna komputer merasa terganggu. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan memasukkan diri ke dalam sel hidup.

Demikian artikel tentang jenis jenis virus dan cara mengatasinya yang dapat kami sampaikan informasinya, semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua ya!

Back to top button