Advertisement

Contoh Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya

Rancakmedia.com – Perangkat lunak (software) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah sistem komputer, jika kamu ingin tahu contoh dan detailnya yuk simak pada artikel berikut ini ya.

Perangkat lunak ini membantu menghubungkan pengguna ke perangkat keras sehingga komputer dapat digunakan untuk berbagai hal.

Sebuah komputer, baik itu laptop atau PC, memiliki dua komponen utama, yaitu perangkat lunak dan perangkat keras. Hardware adalah komponen fisik dari komputer, seperti mainboard, RAM, harddisk, dan sebagainya.

Nah, setiap perangkat keras ini tidak akan bisa digunakan tanpa perangkat lunak. Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang perangkat lunak, silakan melirik informasi tentang perangkat lunak di bawah ini.

Pengertian Perangkat Lunak

Software, Atau Perangkat Lunak, Adalah Kumpulan Beberapa Perintah Yang Dieksekusi Oleh Mesin Komputer Untuk Menjalankan Perintah Yang Diberikan. Perangkat semacam ini adalah catatan untuk peralatan komputer untuk menyimpan pesanan, kertas, dan arsip lainnya.

Pengertian Perangkat Lunak

Perangkat lunak juga dapat dianggap sebagai data elektronik yang disimpan dengan cara ini oleh komputer itu sendiri. Jika informasi yang disimpan berupa kode yang dapat dieksekusi oleh komputer, maka kode tersebut dapat digunakan untuk menjalankan program atau instruksi.

Langkah selanjutnya adalah merancang strategi metodis untuk mewujudkan tujuan ini. Logika yang dikompilasi diproses menggunakan perangkat lunak, yang juga dikenal sebagai program.

Pemrosesan Dalam Software Ini Melibatkan Beberapa Hal, Seperti Program, Sistem Operasi dan Data. Software Ini Akan Di Setting Sedemikian rupa Agar Logika Yang Ada Dapat Dipahami Oleh Mesin Komputer.

Fungsi Perangkat Lunak

Pembangunan software ini tentunya bukan tanpa tujuan. Berikut ini adalah beberapa fungsi perangkat lunak yang harus diketahui oleh semua saudara.

  1. Memproses data, instruksi, atau perintah, secara khusus agar pengguna dapat mengontrol komputer sesuai dengan keluaran informasi yang diinginkan.
  2. Mengidentifikasi Program Yang Ada Di Dalam Komputer
  3. Pelajari cara menerjemahkan perintah perangkat lunak ke dalam bahasa mesin sehingga komputer dapat memahami kamu.
  4. Gunakan peran sebagai sarana komunikasi antara pengguna dan perangkat keras yang mereka gunakan.
  5. Ini menyediakan fungsi dasar pada perangkat keras sehingga dapat dioperasikan. Contohnya adalah sistem operasi komputer.

Jenis-Jenis Perangkat Lunak

Dibawah ini kami telah membuat list jenis- jenis dari perangkat lunak, simak informasinya.

Jenis-Jenis Perangkat Lunak

Firmware

Firmware adalah perangkat lunak penyimpanan hanya-baca. Perangkat lunak jenis ini tidak dapat diubah atau dibuat lebih baik, meskipun tidak berfungsi dengan baik, karena dilindungi oleh paten.

Karena dibangun ke dalam perangkat keras, firmware ini tidak sering dianggap sebagai perangkat lunak itu sendiri.

Free Software

Untuk memanfaatkan perangkat lunak, pengguna harus terlebih dahulu menginstalnya di komputer mereka. Pengguna baru kemudian dapat dengan bebas mereproduksi, mendistribusikan, dan mengubahnya.

Freeware

Untuk yang satu ini, perangkat lunak ini gratis dan juga dapat digunakan tanpa batasan waktu yang ditentukan. Sebagian besar perangkat lunak dibuat untuk sekelompok orang tertentu, dan hak cipta diberlakukan untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki akses ke versi terbaru.

Malware

Jika disalahgunakan, software ini sering dicap sebagai malware. Tujuan dari penemuan perangkat lunak ini adalah untuk menembus, bahkan membahayakan, sistem jaringan. Intinya, malware biasanya digunakan dengan maksud negatif.

Open Source Software

Ini gratis dan tersedia di bawah GNU General Public License (GPL). untuk memungkinkan mengutak-atik dan pengembangan lebih lanjut dari perangkat lunak serta distribusi kode sumber.

Lisensi GPL digunakan oleh komunitas untuk membangun perangkat lunak menggunakan alat yang satu ini, yang biasanya tersedia secara gratis.

Perangkat Lunak Berbayar

Perangkat lunak ini harus dibayar oleh pengguna untuk mengakses perangkat lunak ini. Terlepas dari kenyataan bahwa itu telah dibeli, pengguna tidak akan diberikan izin untuk menyebarkannya, membuat perilaku ini melanggar hukum.

Shareware

Perangkat lunak bebas yang dapat didistribusikan secara bebas untuk tujuan tertentu disebut sebagai “shareware”.

Dalam kebanyakan kasus, shareware ditawarkan sebagai uji coba fitur terbatas yang kedaluwarsa setelah jangka waktu tertentu (biasanya 15 hingga 30 hari). Setelah masa uji coba berakhir, pengguna harus membelinya untuk terus menggunakannya.

Karakteristik Perangkat Lunak

Karakteristik dari perangkat lunak komputer dapat ketahui dalam informasi berikut ini:

Karakteristik Perangkat Lunak

Functionality

Karakteristik yang menggambarkan seberapa baik kinerja perangkat lunak dibandingkan dengan tujuan yang ditetapkan.

Reliability

Karakteristik Perangkat Lunak Yang Mengacu pada Kemampuan Perangkat Lunak Untuk Menyediakan Fungsionalitas yang Diinginkan Dalam Kondisi Tertentu

Usability

Karakteristik Yang Mengacu pada Sejauh Mana Perangkat Lunak Dapat Digunakan Dengan Mudah

Efficiency

Karakteristik Yang Mengacu pada Kemampuan Perangkat Lunak Untuk Digunakan
Sumber Daya Sistem Dengan Cara Yang Paling Efisien Dan Efektif.

Maintainability

Karakteristik yang berkaitan dengan kemudahan kinerja, fungsionalitas, dan kesalahan sistem perangkat lunak dapat ditingkatkan, diperluas, dan diperbaiki.

Portability

Karakteristik Perangkat Lunak Yang Mengacu Pada Kemudahan Pengembang Perangkat Lunak Yang Dapat Mentransfer Perangkat Lunak Dari Satu Platform Ke Platform Lain Tanpa Perubahan.

Dalam istilah dasar, ini akan berhubungan dengan kapasitas perangkat lunak untuk bekerja dengan benar pada berbagai perangkat keras.

Macam-Macam Perangkat Lunak

Simak artikel dibawah ini utnuk mengetahu apa saja yang ada dalam macam-macam perangkat lunak, berikut ini:

Perangkat Lunak Sistem Operasi

Perangkat lunak dalam sistem operasi bertanggung jawab untuk mengelola dan mengendalikan seluruh sistem kerja komputer. Perangkat lunak semacam ini adalah platform yang memungkinkan perangkat lunak atau aplikasi lain berfungsi.

Mengelola semua operasi, seperti terjemahan, keluaran, memori, tabel pengkodean, dan sebagainya, adalah cara sistem operasi menyelesaikan sesuatu. Dengan kata lain, perangkat ini akan memungkinkan pengguna untuk mengakses perangkat keras dan perangkat lunak secara bersamaan.

Linux, Microsoft Windows, Apple iOS, Mac, Windows Phone OS, dan Google Android adalah semua jenis perangkat lunak sistem operasi.

Perangkat Lunak Aplikasi

Ketika kita berbicara tentang “perangkat lunak aplikasi”, kita berbicara tentang kumpulan program atau aplikasi yang diinstal pada komputer dan kadang-kadang disebut sebagai “program”.

Perangkat Lunak Pemrograman

Software Aplikasi Telah Menjadi Jenis Software Yang Paling Sering Digunakan Oleh Masyarakat Umum. Perangkat ini juga tidak diperlukan, sehingga perlu diatur dan dikelola berdasarkan apa yang diinginkan penggunanya.

Contoh software aplikasi ini antara lain software seperti Skype, Adobe Photoshop, Ms. Excel, Adobe Premiere, dan masih banyak lagi.

Perangkat Lunak Pemrograman

Perangkat lunak pemrograman adalah perangkat lunak yang berguna untuk menerjemahkan instruksi dari bahasa program ke kode bahasa mesin. Proses Dilakukan Dengan Menggunakan Prosedur Tertentu Agar Dapat Diterima Dan Dibaca Oleh Komputer.

Biasanya software ini digunakan oleh programmer untuk membuat, menerjemahkan, mengembangkan, menguji, dan men-debug software lain. PHP, Python, Java, Basic, C++, Fortran, Cobol, dan Pascal adalah semua jenis perangkat lunak seperti ini.

Perangkat Lunak Tambahan/program Bantu (Utility)

Software ini menjadi aplikasi yang berfungsi untuk membantu dalam tugas-tugas manajemen komputer seperti melindungi sistem, mengompresi file, mengelola hard drive, menyalin data, memformat disket, dan lain-lain. Contoh software ini antara lain Antivirus, Winzip, Norton Utility, Scandisk, dan Defragment.

  1. Bahasa pemrograman
  2. Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language) (Bahasa Tingkat Rendah)
  3. Bahasa yang satu ini disebut bahasa mesin, dimana pengkodean dilakukan dengan menggunakan angka 0 dan 1.
  4. Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language) (Bahasa Tingkat Tinggi)
  5. Bahasa Pemrograman Ini Menggunakan Coding Dengan Kata-kata Bahasa Inggris. Beberapa contohnya, seperti Cobol, Basic, Fortran, dan sebagainya.
  6. Bahasa Generasi Keempat (4GL)

Bahasa ini Lebih Berfokus Pada Objek, Atau Yang Disebut Pemrograman Berorientasi Objek (Oop) (Oop). Misalnya seperti Visual Basic, Delphi, dan Visual C++.

Nah, itulah penjelasan tentang software komputer dan juga hal-hal lain yang terkait dengannya. Dari sini jelas bahwa perangkat lunak merupakan bagian penting dari sistem kerja komputer.

Jika tidak ada perangkat lunak, maka perangkat keras tidak akan beroperasi. Tentu saja jika itu terjadi, tentu komputer tidak akan bisa dimanfaatkan dengan baik.

FAQ

Berikut ini merupakan pertanyaan yang mungkin saja kamu sangat membutuhkan jawabannya, simak dibawah ini:

Sebutkan Apa Saja 5 Komponen Perangkat Lunak?

Berikut ini komponen perangkat lunak yang harus kamu ketahui:

Sebutkan Apa Saja 5 Komponen Perangkat Lunak

Sistem Komputer

Perangkat lunak awal yang akan dibaca oleh komputer pada saat booting adalah dasar untuk menjalankan komputer serta menjadi komponen kunci dari perangkat lunak sistem.

Contoh: Dos, Windows, Linux, Novell, Sunsoft, Unix, Dll

Informasi:

Berbagai Windows: Windows 3.11, Windows 98, Windows Me, Windows 95, Windows 2000, Windows 2005, Windows 2000 Server, Windows Xp, Windows 8, Windows Vista, Windows 2010, Windows 2013.

Distribusi Linux antara lain Ubuntu, Mikrotik, Debian, Reolhal, Suse, dan lain-lain.

Program Tambahan/program Bantu (Utility)

Perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, seperti memeriksa perangkat keras disket yang rusak dan memuat ulang hard drive (partisi, defrag).

Contoh: Utilitas Norton.

Bahasa Computer (Bahasa Pemograman)

Bahasa pemrograman digunakan untuk mengembangkan program komputer. Disebut “bahasa komputer” karena didalamnya terdapat kosakata dan sintaksis yang harus dipatuhi oleh setiap pengguna agar tidak melakukan kesalahan.

Program Aplikasi

Ini Siap Menggunakan Software Yang Akan Digunakan Untuk Membantu Melaksanakan Suatu Pekerjaan Oleh User. Program ini ada karena dibutuhkan oleh pengguna.

Jenis-jenis program aplikasi antara lain sebagai berikut:

  1. Word Processing sebuah program untuk mengedit naskah. Contoh: Microsoft Word, Word Star, Word Pad, Kward, Abi Word, Notepad
  2. Program Spreadsheet, Contoh: Microsoft Exel, Lotus 123, Lotus Improv, Simponi
  3. Program Aplikasi Pengolah Presentasi
    Suatu Program Aplikasi Yang Digunakan Untuk Membuat Desain Presentasi Dalam Bentuk Slide Yang Digunakan Untuk Menyajikan Sesuatu Dalam Suatu Rapat.
    Contoh: Microsoft Power Point, Open Office Impress, Kpresenter, Iwork Keynote
  4. Program Aplikasi Multimedia
    Software Digunakan Untuk Menghubungkan Komputer Dengan Peralatan Multimedia Seperti Audio, Video, Atau Gambar.
    Contoh: Windows Media Player, Winamp, Pemutar DVD, Gom
  5. Program Aplikasi Desain Grafis
    Program yang memungkinkan kamu untuk membuat atau mendesain sebuah bangunan dalam bentuk ruang bangunan, peta kota, atau apa pun yang dapat kamu pikirkan.
    Contoh : Photoshop, Photo Paint, Corel Draw, Picasa, dll.
  6. Anti Virus
    Sebuah program yang mendeteksi dan menghapus virus yang ada atau file yang terinfeksi dari komputer.
    Contoh: Avas, Avira, Smadav, Kospersky, Norton Antivirus, Avg Free, Mca Free, Pcmav, Norton Internet Security, Norton 360, Nod 32, dan lain-lain.

Apa Contoh Perangkat Lunak?

Biasanya, ada dua klasifikasi utama perangkat lunak, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

Apa Contoh Perangkat Lunak

Perangkat Lunak Sistem

Perangkat lunak sistem membantu pengguna dan perangkat keras berfungsi dan berinteraksi satu sama lain. Pada dasarnya, ini adalah bagian dari perangkat lunak untuk mengelola perilaku perangkat keras komputer sehingga dapat menyediakan fungsionalitas dasar yang dibutuhkan oleh pengguna.

Dalam istilah dasar, kita dapat mengatakan bahwa perangkat lunak sistem adalah lapisan perantara atau tengah antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak komputer ini menyediakan platform atau lingkungan di mana perangkat lunak lain dapat berjalan.

Inilah Mengapa Perangkat Lunak Sistem Sangat Penting Dalam Mengelola Seluruh Sistem Komputer. Ketika kamu pertama kali menyalakan komputer, perangkat lunak sistemlah yang diinisialisasi dan dimuat ke dalam sistem Penyimpanan.

Perangkat Lunak Sistem Berjalan Di Latar Belakang Dan Tidak Digunakan Oleh Pengguna Akhir. Inilah Alasan Mengapa Perangkat Lunak Sistem Disebut Juga Sebagai ‘Perangkat Lunak Tingkat Rendah’.

Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi, juga dikenal sebagai program pengguna akhir atau program produktivitas, adalah perangkat lunak yang membantu pengguna dalam menyelesaikan tugas seperti melakukan riset online, mencatat, menyetel alarm, merancang grafik, mencatat akun, melakukan perhitungan, atau bahkan bermain game.

Mereka berada di atas perangkat lunak sistem. Tidak seperti perangkat lunak sistem, mereka digunakan oleh pengguna akhir dan spesifik dalam fungsi atau tugas mereka dan melakukan pekerjaan yang dirancang untuk mereka lakukan.

Misalnya, browser adalah aplikasi yang dibuat khusus untuk berselancar di internet, sedangkan ms. Powerpoint adalah program yang digunakan khusus untuk menyiapkan presentasi.

Application software, atau sederhananya aplikasi, bisa juga disebut non-essential software karena persyaratannya sangat subyektif dan ketidakhadirannya tidak mempengaruhi fungsi sistem.

Semua aplikasi yang kami lihat di ponsel kami juga merupakan contoh perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak tertentu dibuat khusus untuk pengembangan aplikasi, seperti meteor dan flutter. Ini adalah contoh perangkat lunak aplikasi juga.

Apa Fungsi Dari Aplikasi?

Sri Widianti mengatakan bahwa aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan sebagai front end. Ini adalah sistem yang digunakan untuk mengelola data agar bermanfaat bagi konsumen.

Bagaimana Tepatnya Fungsi Aplikasi? Saat ini, program menawarkan beberapa manfaat bagi penulis dan pengguna. Berikut Beberapa Fitur Aplikasi:

Untuk Mempermudah Pekerjaan

Dengan aplikasi, pekerjaan kamu lebih mudah. Cukup cari di Play Store atau App Store untuk nama aplikasi atau fungsinya.

Misalnya, kamu mungkin ingin memodifikasi gambar untuk menciptakan latar belakang bokeh. kamu dapat menemukan aplikasi Bokeh di Play Store dan App Store, lalu cukup unduh dan biarkan aplikasi melakukan apa yang kamu inginkan. Sesederhana itu. bukan?

Sebagai Media Hiburan

Lamaran, selain dapat mendukung pekerjaan kamu, juga bisa menjadi sarana yang menyenangkan. Contoh aplikasi hiburan antara lain aplikasi game, aplikasi musik, dan lain sebagainya.

Dengan tersedianya aplikasi sebagai media hiburan, kamu tidak akan bosan dimanapun kamu berada. Oleh karena itu, tidak heran jika saat ini banyak individu yang tidak pernah merasa bosan saat menunggu.

Untuk Mendapat Pembaharuan Kabar

Melalui program ini, kamu juga dapat memperoleh berita terbaru. Apa pun? Misalnya, aplikasi untuk membaca berita atau podcast. Karenanya Dengan Mengunduh Aplikasi Ini, kamu Tidak Akan Ketinggalan.

Kamu juga dapat memasang peringatan agar tidak ketinggalan berita terbaru di ponsel kamu. Jadi, kamu tetap bisa update perkembangan berita dimanapun kamu berada.

Untuk Sarana Pertemanan Atau Komunikasi

Aplikasi Ini Juga Mampu Menutup Jarak Antara Kita, lho. Contohnya adalah WhatsApp, Line, dan lain-lain. Dengan program ini, kamu bahkan dapat berbicara dengan mereka yang jauh.

kamu juga tidak perlu lagi bingung mencari tahu kabar seseorang. Dunia Sekarang Sepertinya Lebih Dekat Dengan Adanya Aplikasi Menarik Di Ponsel Pintar.

Untuk Sarana Pertemanan Atau Komunikasi

Mempermudah Kehidupan

Harus disepakati bahwa ketersediaan beragam aplikasi sangat membantu kehidupan kita semua, bukan? Misalnya, aplikasi yang dapat membantu kita menjelajahi peta, memesan makanan, membeli tiket, dan sebagainya. Semuanya tampak ada di tangan kita sekarang, dan kita tidak perlu repot melakukan segala macam hal di sana.

Kesimpulan

Demikian itulah pembahasan tentang Perangkat lunak (software) yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari sebuah sistem komputer. Perangkat lunak ini membantu menghubungkan pengguna ke perangkat keras sehingga komputer dapat digunakan untuk berbagai hal.

Pemrosesan Dalam Software Ini Melibatkan Beberapa Hal, Seperti Program, Sistem Operasi, Dan Data. Perangkat Lunak Sumber Terbuka gratis dan tersedia di bawah GNU General Public License (GPL).

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas