Advertisement

Apa Itu Aplikasi cPanel dan Cara Menggunakannya

Rancakmedia.com – Jadi apa yang di maksud dengan cpanel itu? Pelajari dan ketahui cara untuk menggunakan aplikasi cPanel dengan membaca artikel yang telah kami sediakan dibawah ini.

Topik artikel ini adalah bagaimana tentang cPanel. Setelah mempelajari tentang apa itu cpanel kami akan membahas semua fitur, dan bagaimana cara untuk menggunakannya.

Apa Itu cPanel Hosting

cPanel adalah control panel yang digunakan untuk melakukan setting pada layanan hosting, yang meliputi manajemen file, database, domain, keamanan, software, dan pilihan lainnya. Konfigurasi web hosting hanya dapat dilakukan dengan menggunakan perintah teks saat menggunakan cPanel.

Apa Itu cPanel Hosting

Antarmuka CPanel yang mudah digunakan memudahkan siapa saja untuk melakukan berbagai tugas administratif.

CPanel sering dipasang di server khusus berbasis Linux atau FreeBSD atau server pribadi virtual (VPS). Aplikasi yang didukung oleh cPanel termasuk Apache, PHP, mySQL, Postgres, Perl, Python, dan BIND, ditambah email seperti layanan POP3, IMAP, dan SMTP.

cPanel Hosting Dashboard

Fitur hosting cPanel berikut dimungkinkan berkat bantuan ini.

  1. Membangun server web PHP menggunakan penangan Apache
  2. Kamu mengontrol email yang dikirim dari dan ke domain kamu.
  3. Unggah/kembalikan/cadangkan file situs web.

Fungsi dan Manfaat cPanel

Singkatnya, tujuan cPanel adalah untuk mempermudah mengelola situs web di akun hosting kamu. cPanel sangat menyederhanakan pengaturan yang berkaitan dengan domain dan hosting. D

Kemungkinkan juga untuk menambahkan program tambahan tertentu ke cPanel yang diperlukan untuk memelihara situs web yang berfungsi.

Tujuan utama CPanel adalah untuk menyederhanakan berbagai hal bagi penggunanya. Di bawah ini adalah faktor-faktor yang dipermudah dengan adanya cPanel:

  1. Pengelolaan file website
  2. Pengaturan website
  3. Pengaturan dan manajemen email
  4. Pengelolaan domain
  5. Pengelolaan database
  6. Konfigurasi modul PHP
  7. Pengaturan keamanan
  8. Backup dan restore

Kami akan memperkenalkan kamu ke fitur cPanel di bagian berikut.

Apa Saja Fitur CPanel yang Tersedia

Saat pertama kali melihat tampilan cPanel, kamu mungkin akan bingung karena berbagai pilihan yang tersedia. Mari kenali fitur cPanel agar tidak tersesat nantinya.

Apa Saja Fitur CPanel yang Tersedia

Fitur Pengelolaan File Website

CPanel menyertakan fitur manajemen file, seperti menghapus, mengedit, dan menyalin, yang dapat digunakan untuk mengelola file di situs web hosting. Selain itu, masih banyak lagi pengaturan FTP yang dapat kamu gunakan untuk mengakses file website melalui program FTP Client tanpa harus login ke cPanel terlebih dahulu.

Fitur Pengelolaan Domain

Salah satu opsi cPanel memungkinkan kamu mengatur domain. Add-on domain, subdomain, redirect, dan fitur lainnya tersedia melalui menu. kamu dapat mengubah cara cPanel merespons permintaan saat browser mencoba mengunjungi domain kamu melalui akun cPanel kamu.

Fitur Pengaturan dan Manajemen Email

cPanel juga menyertakan menu, termasuk banyak fitur yang terhubung ke email. kamu dapat membuat akun email baru menggunakan nama domain kamu sendiri di sini. Email masuk juga dapat dibuka dan dilihat, bersama dengan jumlah ruang penyimpanan yang dialokasikan untuk setiap akun email.

Fitur Pengelolaan Database

CPanel juga memiliki menu untuk manajemen database. Salah satu fitur yang ada di menu database adalah opsi untuk meluncurkan phpMyAdmin. kamu juga dapat menambah dan menghapus database dan memberikan izin ke akun yang telah disetujui dari menu ini.

Fitur Konfigurasi Modul PHP yang digunakan

Sangat penting bagi web hosting untuk dapat berhasil mengoperasikan sistem atau situs web. Versi PHP dan modul yang dapat diakses adalah prasyarat yang paling sering diubah.

Kamu dapat menentukan versi PHP yang ingin kamu gunakan di cPanel, yang memungkinkan hal ini. Ekstensi PHP juga dapat diinstal dari file lain di komputer kamu sendiri.

Fitur Konfigurasi Modul PHP yang digunakan

Pengaturan Keamanan Pada Hosting

CPanel memudahkan untuk mengawasi keamanan situs web kamu. kamu dapat memanfaatkan semua fitur di bawah ini untuk mencegah kejahatan di dunia maya.

Fitur Proses Backup dan Restore Website

Cadangan dan pemulihan kemampuan CPanel adalah alat lain yang berguna. kamu mungkin memiliki fitur pencadangan komprehensif yang segera mencadangkan data apa pun, termasuk basis data. Ini pasti sangat berguna.

Cara Menggunakan cPanel

Apakah kamu ingat belajar tentang fitur cPanel di bagian sebelumnya? Sebagai hasil dari volume tipis, kamu tidak mungkin menggunakan semuanya sekaligus. Namun, tak ada salahnya belajar memanfaatkan fitur cPanel agar siap saat dibutuhkan. Mari kita pelajari satu per satu!

Cara Menggunakan File Manager cPanel

Semua file situs web kamu dapat diakses menggunakan pengelola file. Dengannya, kamu dapat menangani file, seperti menghapus, memindahkan, dan menyalinnya.

Manajer file cPanel mungkin tidak asing bagi kamu jika kamu menggunakan komputer Windows. Antarmuka dapat dipisahkan menjadi empat bagian:

  1. Daftar folder
  2. Isi folder yang dipilih
  3. Menu navigasi
  4. Manajemen file dan folder

Daftar Folder Manajer File

Daftar folder ditempatkan di sebelah kiri layar. Untuk membuka folder, kamu cukup mengklik sekali.

Daftar Isi Folder di File Manager

Saat kamu membuka folder, isinya akan ditampilkan di sisi kanan layar. Daftar isi folder juga menunjukkan metadata file tertentu, seperti:

  1. Ukuran file
  2. Momen mengutak-atik terakhir
  3. Jenis berkas
  4. Izin
  5. Mengklik dua kali pada file atau folder di area ini akan memungkinkan kamu mengakses kontennya.

Menu Navigasi di File Manager

Terletak di atas daftar folder dan isinya, menu navigasi adalah serangkaian menu. Tercantum di bawah ini adalah menu yang dapat diakses, bersama dengan deskripsi singkat tentang apa yang dilakukan masing-masing menu:

  1. Beranda: untuk kembali ke folder utama
  2. Kembali ke folder satu tingkat lebih tinggi dari folder tempat kamu berada saat ini dengan mengklik tombol “Naik Satu Tingkat”.
  3. Back/Forward: untuk kembali ke folder yang terakhir dikunjungi.
  4. Untuk memuat ulang konten folder yang saat ini dapat diakses, tekan tombol Muat Ulang.
  5. Pilih Semua untuk memilih semua yang ada di folder yang sedang dilihat.
  6. Sepanjang jalan dari Select All adalah Unselect All.
  7. Lihat Sampah untuk melihat file dan folder yang telah dibersihkan dari sampah.
  8. Kosongkan Sampah: untuk menghapus file dan folder secara permanen dari tempat sampah.

Menu Manajemen File dan Folder

Tepat di atas menu navigasi adalah deretan pilihan lain untuk manajemen file. Namun, kamu juga dapat mengakses opsi ini dengan mengklik kanan pada file atau folder. Tercantum di bawah ini adalah menu yang dapat diakses, bersama dengan deskripsi singkat tentang apa yang dilakukan masing-masing menu:

Menu Manajemen File dan Folder

  1. Buat file baru dengan menggunakan perintah “cd.”
  2. Untuk memulai file atau direktori baru, pilih Folder Baru.
  3. Copy: tindakan membuat salinan file atau folder.
  4. Rename: untuk mengganti nama sesuatu
  5. Tindakan mentransfer data antar komputer
  6. Unduh: tindakan mengunduh file atau folder
  7. Hapus: untuk menyimpan file atau folder
  8. Pulihkan: saat mengunjungi folder tempat sampah, opsi ini digunakan untuk mengembalikan file atau folder yang dihapus ke folder aslinya.
  9. Rename: untuk memberi sepotong data nama baru
  10. Kamu dapat mengubah kode file menggunakan editor HTML.
  11. Ubah izin file atau folder menggunakan Izin.
  12. Untuk melihat informasi yang terkandung dalam file
  13. Untuk mengekstrak file atau direktori terkompresi, gunakan kata kerja “extract.”
  14. Kompresi adalah tindakan menyusutkan satu atau lebih file atau direktori.

Kesimpulan

Jadi apa itu cPanel? Pelajari tentang cPanel dan cara menggunakan cPanel dengan membaca artikel yang telah kami buat di atas. Pelajari semua fitur, keunggulan, dan fungsi cPanel. Gunakan cPanel untuk memudahkan pengelolaan website di akun hosting kamu.

Antarmuka CPanel yang mudah digunakan memudahkan siapa saja untuk melakukan tugas administratif. Saat kamu membuka folder, isinya akan ditampilkan di sisi kanan layar. Tercantum dalam artikel ini adalah menu yang dapat diakses, bersama dengan deskripsi singkat tentang apa yang dilakukan masing-masing menu.

Tombol kembali ke atas