Advertisement

Cara Cetak Sertifikat Vaksinasi seperti KTP

Rancakmedia.com – Banyak yang ingin mencetak kartu vaksin seperti KTP, beginilah cara cetak sertifikat vaksinasi seperti KTP yang dapat mempermudah kamu untuk pergi kemana saja.

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot mencari penyedia jasa percetakan. Sertifikat vaksinasi mencakup informasi pribadi kamu, yang mungkin dilindungi jika kamu mencetaknya di rumah.

Untuk mencetak KTP atau sertifikat vaksin lainnya, apa yang harus kamu lakukan?

Cara Cetak Sertifikat Vaksin

  1. Kunjungi website https://pedulilindungi.id. Klik menu “Login” di pojok kanan atas halaman
  2. Masukkan nomor ponsel yang kamu berikan saat prosedur pendaftaran vaksinasi. Klik “Masuk sekarang” dari menu
  3. Selanjutnya, masukkan kode OTP yang diberikan ke smartphone kamu
  4. Setelah berhasil check in, klik kolom nama kamu di pojok kanan atas situs Cares Protect
  5. Kemudian pilih menu “Sertifikat Vaksin”
  6. Jika sudah dua kali vaksin lengkap, akan muncul sertifikat vaksin pertama dan kedua
  7. Terakhir, buka tampilan sertifikat vaksin dan pilih “Unduh Sertifikat” dari menu
  8. Direkomendasikan agar kamu menyimpan file sertifikat vaksin sebagai “Certificate.jpg” di komputer atau file seluler kamu

Setelah itu, kamu akan dapat menggunakan komputer untuk mencetak file tersebut. Pencetakan dapat dilakukan langsung dari file gambar, atau gambar dapat diubah ukurannya menggunakan program seperti Microsoft Word atau Adobe Photoshop.

Pentingnya Memiliki Sertifikat Vaksinasi

Sertifikat vaksin merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh orang yang ingin menggunakan angkutan umum untuk bepergian selama wabah belum selesai.

Selama epidemi ini, orang yang ingin bepergian melalui udara harus memberikan sertifikat vaksinasi sebagai syarat perjalanan. Selain itu, mereka membawa temuan negatif baik dari tes antigen cepat atau tes swab PCR sebelum pergi.

Sedangkan bagi yang naik kereta api hanya perlu menunjukkan surat keterangan vaksinasi untuk dosis pertama. Selain itu, mereka harus memberikan hasil tes PCR negatif sebelum berangkat.

Persyaratan PCR ini dapat diganti dengan hasil rapid antigen test negatif, sampel diambil di stasiun 1 x 24 jam atau sebelum keberangkatan untuk perjalanan kereta api antarnegara di Jawa dan Sumatera.

Sertifikat vaksinasi juga diperlukan bagi mereka yang bepergian dengan bus. Tak hanya itu, pemudik harus memberikan tes PCR dengan hasil negatif sebelum berangkat.

Jika hasil tes antigen cepat negatif dapat diperoleh dalam waktu 1×24 jam setelah keberangkatan, persyaratan PCR ini dapat dikesampingkan.

Persyaratan yang tidak berbeda juga diwajibkan jika masyarakat ingin berpergian menggunakan jalur laut.

Kesimpulan

Pada artikel di atas, kami telah memberikan informasi tentang cara cek sertifikat vaksin dan pentingnya memiliki sertifikat vaksinasi.

Demikian artikel tentang Cara Cetak Sertifikat Vaksinasi seperti KTP, semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas