Advertisement

Mengenal Pengertian dan Fungsi Subnet Mask

Rancakmedia.com – Setiap praktisi yang bekerja di bidang teknologi informasi harus memahami setidaknya dasar-dasar teknik jaringan komputer. Pengertian subnet mask, salah satu dari banyak jenis komponen jaringan, kadang-kadang dianggap sebagai yang paling penting, karena fungsi kritisnya dalam jaringan komputer.

Pengertian Subnet Mask

Apa sebenarnya subnet mask itu? Ketika jaringan komputer dibagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, itu dikenal sebagai subnetwork menggunakan teknik subnet mask.

Aktivitas solusi ini disebut subnetting dan hanya dapat dilakukan pada alamat IP yang terdiri dari kelas A, B dan C saja. Melalui teknik ini, sebuah jaringan komputer dapat memunculkan jaringan baru.

Namun, aktivitas ini dapat menghasilkan dampak lebih lanjut dalam bentuk pengurangan jumlah maksimum host yang tergabung dalam setiap jaringan. Oleh karena itu, diperlukan kalkulator subnet mask atau sistem penghitungan yang ketat.

Pengertian Subnet Mask

Misalnya, bisnis atau organisasi dapat dibagi menjadi tiga jenis divisi atau kelompok kerja. Ada total 45 komputer, 15 di masing-masing divisi ini.

Agar sistem kerja masing-masing divisi dapat berfungsi dengan lancar dan saling terhubung dengan mudah, diperlukan jaringan subnet.

Saat tahapan ini dilakukan, setiap pekerja dalam menjalankan tugasnya dan mencari data, tidak lagi harus menanyakan atau meminta data dari pegawai lain di berbagai divisi. Karena sebuah jaringan komputer atau network of computer dapat menyediakan segala informasi yang dibutuhkan.

1 2Next page
Back to top button