Pendaftaran dan Syarat Mengikuti CPNS 2021

Pendaftaran dan syarat mengikuti CPNS 2021. Proses seleksi penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dibuka dalam waktu dekat.

Pendaftaran dan syarat mengikuti CPNS 2021 ini dilaksanakan secara terpusat melalui laman SSCASN sscasn.go.id yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pendaftaran CPNS 2021

Pendaftaran akan berlangsung pada April hingga Mei mendatang dan tes akan dimulai pada Juni 2021.

Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMASMK

Kepala BKN Bima Haria Wibisana Sebelumnya Menjelaskan, Mengenai Rencana Jadwal Pelaksanaan Seleksi ASN 2021 di Antaranya Sebagai Berikut:

  1. Pendaftaran seleksi sekolah kedinasan 2021 diperkirakan dimulai April 2021.
  2. Seleksi PPPK Guru formasi 1 juta guru diperkirakan dilaksanakan mei 2021.
  3. Seleksi CPNS 2021 dan PPPK (non-guru) akan berlangsung pada Mei 2021.

BKN saat ini sedang mempersiapkan portal website untuk proses perekrutan melalui SSCASN, yang dapat dilihat di https: //sscasn.bkn.go.id /.

Kuota dan Formasi Pada website resmi Kemenpan RB, kuota penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah adalah 1,3 juta pada tahun 2021.

Secara Detail, Kuota Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara Tersebut Terdiri dari :

  1. Formasi guru PPPK I juta
  2. Formasi ASN di pemerintahan daerah 189.000
  3. Formasi CPNS/CPPPK ASN di pemerintah pusat 83.000

Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMA/SMK

Rencananya pemerintah akan membuka 1 juta formasi CPNS pada Maret 2021, yang tentunya juga bisa dilamar oleh lulusan SMA. Bagi kamu yang ingin menjadi ASN di tahun 2021, persiapkan berbagai macam hal dengan matang untuk meningkatkan peluang kamu diterima.

Sebelum mendaftar ke CPNS, cari tahu perihal detail formasi, dan penempatannya serta persyaratan yang diberikan. Supaya tidak kebingungan, berikut info pendaftaran dan persyaratan pendaftaran CPNS tahun 2021 untuk lulusan SMA dan SMK.

Tahap Pendaftaran CPNS 2021 Untuk Lulusan SMA/SMK :

Lulusan SMA SMK dan sederajat yang mendaftar CPNS melalui tahapan di bawah.

1. Tahap Seleksi Administrasi.

Pada tahap seleksi administrasi, pelamar akan dipilih berdasarkan kelengkapan dokumennya. Mengupayakan agar untuk melengkapi dan memelihara semua dokumen yang diperlukan sebelum batas waktu tiba. Apabila dokumen yang kamu berikan sudah lengkap, kemungkinan besar kamu dapat melewati tahap ini dan melanjutkan ke tahap selanjutnya.

🔥TRENDING:  Ketentuan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

2. Tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Tahap kedua yang harus diselesaikan pelamar setelah lulus seleksi administrasi adalah tes SKD. Materi tes yang diujikan adalah Tes Wawasan kebangsaaan (TWK), Tes intelegasi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Pelamar dapat menjalani tes menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Total nilai yang diperoleh saat ini adalah 40 %.

3. Tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Jika sudah lulus tes SKD, pelamar akan menjalani tes SKB. Lulusan SMA SMK yang sederajat dengan pengawal tahunan menjalani beberapa macam saringan :

  1. Tes keterampilan (praktek kerja komputer) seberat 60 %
  2. Tes kesehatan dengan hasil yang memenuhi atau tidak memenuhi persyaratan (gagal)
  3. Tes wawancara berbobot 40 %
    Seluruh hasil tes di atas kemudian diakumulasikan dengan total bobot 60 %.

4. Tahap Pemberkasan

Pada tahap pendaftaran, semua dokumen yang diunggah di awal pendaftaran akan diperiksa kembali oleh panitia.

CPNS Kemenkumham 2021

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengumumkan bahwa seleksi dan rekrutmen CPNS 2021 Kemenkumham ditunda. Hal tersebut diumumkan melalui akun Instagram @kemenkumhamri pada Minggu (30 Mei 2021).

Pendaftaran CPNS Kemenkumham Senin, 31 Mei 2021 di Tunda :

Sebelumnya, kementerian yang dipimpin oleh Yasonna Laoly mengumumkan pendaftaran akan dilakukan hari ini, Minggu, 5 September 2021, dan pendaftaran akan dibuka keesokan harinya, Senin, 31 Mei 2021. Akan tetapi, itu telah dibatalkan dan ditunda.

Direktur Humas Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Tubagus Erif Faturahman mengatakan, pengumuman pendaftaran semula dilaksanakan pada 30 Mei akan tetapi telah ditunda. “Pemberitahuan pendaftaran CPNS Kemenkumham awalnya 30 Mei atau hari ini ditunda.

Begitu pula dengan pendaftaran yang sebelumnya 31 Mei 2021 “. Minggu (30 Mei 2021). Meski menyatakan ditunda pelaksanaannya, ia belum dapat memastikan tanggal pasti pelaksanaannya.. ” Menunggu informasi dari BKN (Badan Kepegawaian Negara), “katanya.

Tetapi, ia menjelaskan waktu pernyataan dan pembukaan pendaftaran akan diawali dalam kurun waktu dekat. “Belum ada jadwal pasti dalam kurun waktu dekat,” katanya.

Persyaratan Tes CPNS 2021

Persyaratan Tes Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) 2021 memerlukan beberapa dokumen. Saat sebelum pendaftaran diawali dari bulan April sampai Mei, ada sebaiknya siapkan berkas dari sekarang.

“Proses pendaftaran akan dibuka pada April, Mei 2021, dan proses penyeleksian akan diawali pada Juni 2021,” kata Tegar Widjinarko, Deputi Sumber Daya Manusia Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), ke www.rancakmedia.com beberapa waktu lalu.

🔥TRENDING:  Pemakaian Tehnologi Untuk Jaga Kekayaan Adat

Ada banyak dokumen yang perlu dipenuhi untuk jadi syarat tes CPNS 2021. Berkaitan dengan pendaftaran sebelumnya, perlu dipersiapkan akte kelahiran, KTP, Ijazah dan Transkrip nilai, Kartu Keluarga (KK), termasuk photo ukuran 4×6 dan selfie.

Disarankan, untuk scan dokumen untuk persyaratan tes CPNS 2021 atau scan ke file lunak dengan kapasitas maksimal 200 kilobyte (KB).

Hasil scan dokumen dipastikan terbaca dengan jelas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses verifikasi pendaftaran.

Persyaratan Tes CPNS 2021 Berikut Yang Harus di Penuhi:

  1. Harus berusia minimal 18 tahun dan tidak lebih dari 35 tahun saat melamar. Dengan pengecualian posisi tertentu, maksimal 40 tahun.
  2. Tidak pernah dikasih hukuman penjara atau pidana berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kemampuan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
  3. Tidak pernah diberhentikan atas keinginan sendiri dengan hormat atau mungkin tidak sebagai PNS, TNI, Polri atau karyawan swasta
  4. Tidak ada status sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI atau polisi
  5. Bukan anggota atau pengurus parpol mana saja
  6. Mempunyai kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia
  9. Persyaratan yang sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK

Pendaftaran dan syarat pendaftaran CPNS, BKN saat ini sedang mempersiapkan portal website untuk proses perekrutan melalui SSCASN, yang dapat dilihat di sscasn.bkn.go.id.

Back to top button