7 Penyebab Gagal Psikotes, Cara Mengatasinya

Lutfi

7 Faktor Ini Menyebabkan Gagal Psikotes
7 Faktor Ini Menyebabkan Gagal Psikotes

Penyebab gagal psikotes untuk fresh graduate, mereka tetap harus semangat mencari pekerjaan. Ini tentu saja berfungsi untuk mengejar cita-cita.

Tetapi pada saat Anda humdingers dari perguruan tinggi, seseorang belum tentu memiliki kualifikasi untuk melamar pekerjaan. Selain tes wawancara, ada juga psikotes yang harus dilakukan.

Faktanya, tidak jarang lulusan baru gagal dalam psikotes. psikotes terkadang mengganggu pelamar. Faktanya, banyak orang yang mengalami kesulitan dalam hal ini mereka gagal dalam psikotes.

Karena saat ini sebagian besar perusahaan menggunakan psikotes untuk mengukur tingkat keterampilan calon karyawan.

Untuk itu, diperlukan persiapan yang matang agar calon karyawan dapat berhasil mengikuti psikotes. Desha Setiardi yang merintis situs UPN “Veteran” Yogyakarta (UPN Jogja), dalam sebuah online class di UPN Jogja, menyampaikan pernyataannya sebagai praktisi HR dan pengembangan SDM perusahaan yang juga merupakan graduated class UPN Jogja.

Desha yang pernah bekerja dengan merekrut dan menyeleksi orang-orang di sektor jasa, retail, pendidikan, dan manufaktur ini memaparkan materinya. Materinya adalah tentang pentingnya belajar psikotes dalam kehidupan, apalagi jika ingin terjun ke dunia kerja, strategi dan tips menghadapi psikotes. Dalam kesempatan ini Desha memaparkan

7 Penyebab Gagal Psikotes :

1. Penyebab Gagal Psikotes, Peserta Terlambat Hadir

Jika terlambat, panik dan terburu-buru juga penyebab gagal psikotes, psikotes Jangka waktu: Jika Anda datang terlambat, Anda mungkin tidak dapat menyelesaikan masalah secara tepat waktu.

2. Peserta Kurang Konsentrasi

Tes Kepribadian Jika kurang fokus juga penyebab gagal psikotes, itu mungkin karena ketekunan dan kesehatan yang buruk. Tes psikologi bukan hanya soal psikologi, tapi juga kesiapan fisik. “Persiapkan kesehatan, istirahat agar tidak lelah menjawab soal. Jangan lupa makan dulu agar tidak mati kelaparan saat ujian” ujarnya.

3. Peserta Gagal Psikotes Sebab Panik Dan Cemas

Jika Anda panik karena tidak membawa alat tulis, siapkan alat tulis dan juga kertas untuk coretan. Jika pengetesan dilakukan secara online, pastikan jaringan kuota stabil, jika tidak stabil itu juga penyebab gagal psikotes

4. Peserta Psikotes Terburu-Buru

Ini bisa terjadi jika pertanyaan yang diajukan belum dijawab. Biasanya banyak pertanyaan yang diajukan. Terkadang peserta kehilangan fokus. Lakukan jawaban pertanyaan apa yang menurut Anda sederhana.

5. Peserta Gagal Psikotes Karena Tidak Percaya Diri

Kepercayaan akan bermanfaat bagi Anda dengan cara yang positif. Dengan percaya diri, Anda bisa menciptakan rasa optimisme.

6. Peserta Tidak Akan Memberikan Jawaban Yang Jujur ​​

Ketika mengatakan “Kamu tidak bisa berpura-pura menjadi orang lain. Jujurlah pada diri sendiri karena potensi laten itu sebenarnya bisa terlihat saat kamu mengerjakan semua soal psikotes,” jelas Desha.

7. Tidak Mempelajari Pertanyaan Atau Pengetahuan Tentang Pertanyaan Yang Muncul

Rajinlah berlatih soal-soal. Saat ini, berbagai judul soal latihan didistribusikan di toko buku. Pilih salah satunya. Atau Anda bisa mendownload aplikasi psikotes menggunakan handphone.

Demikianlah 7 faktor penyebab gagal psikotes dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang ingin atau akan menghadapi psikotes.

Baca Juga

Bagikan:

Lutfi

Hai perkenalkan saya Lutfi Hulasoh, Saya adalah seorang penulis dan bloger tekno. saya mulai membuat blog pribadi menulis artikel-artikel informatif tentang tren dan perkembangan terbaru dalam teknologi. Tulisan saya mencakup berbagai topik, mulai dari aplikasi mobile hingga kecerdasan buatan, dan Saya juga dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami untuk membantu pembaca memahami konsep yang kompleks.