4 Cara Menjadi Kaya Dengan Hidup Tanpa Limbah

ADVERTISEMENT

www.rancakmedia.com – Anda yang sering mengikuti isu lingkungan mungkin sudah recognizable dengan istilah berikut: nol limbah, sedikit limbah, rendah karbon, atau dampak rendah.

Tentu saja, semua istilah tersebut merujuk pada gaya hidup kontemporer yang bertujuan untuk menjaga lingkungan. Hanya yang membedakan mereka adalah cara untuk mencapai tujuan ini.

Zero waste merupakan gaya hidup yang berkembang pesat melalui media massa dan sosial. Tagar #zerowaste sendiri digunakan 7,5 juta kali oleh pengguna Instagram awal tahun ini. Evolusi gaya hidup ini juga terlihat dari meningkatnya jumlah aktivis, influencer, komunitas, dan perusahaan yang mendukungnya.

Tentunya dengan membanjirnya informasi tentang gaya hidup nihil sampah, banyak orang yang bingung bagaimana memulainya.

Berikut beberapa tips untuk memulai gaya hidup aman dari sampah yang dirangkum dari buku Cleanomics Hemat (Sampah) Pangkal Kaya:

Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Inilah tantangan withering awal bagi Anda yang ingin peduli lingkungan. Mengapa? Karena plastik ada dimana-mana; Rumah, kantor, mal, dll.

Anda dapat mengurangi konsumsi plastik dalam kehidupan sehari-hari dengan membawa botol atau peralatan sendiri, membawa tas belanja yang dapat digunakan kembali, dan membeli bahan makanan dari toko grosir tanpa kemasan plastik.

Beli Karena Anda Membutuhkannya, Bukan Karena Anda Menginginkannya

Godaan bertarung selanjutnya adalah keinginan untuk membeli barang-barang yang tidak penting. Saat menerapkan Zero Waste, Anda harus belajar membedakan mana elemen yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang sekadar keinginan. Jika ingin membeli barang coba terapkan prinsip SKS (sebelum membeli, saat membeli, setelah menggunakan).

Beli karena Anda membutuhkannya, bukan karena Anda menginginkannya. Godaan bertarung selanjutnya adalah keinginan untuk membeli barang-barang yang tidak penting. Saat menerapkan tanpa limbah, Anda harus belajar membedakan mana elemen yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang sekadar keinginan. Jika ingin membeli barang coba terapkan prinsip SKS (sebelum membeli, saat membeli, setelah menggunakan).

Menabung Dari Hasil Penghematan Sampah

Satu atau dua minggu gaya hidup tanpa limbah mungkin tidak berdampak besar pada keuangan Anda. Namun, jika Anda konsisten mempraktikkan gaya hidup ini di rumah, di kantor, dan saat bepergian, bukan tidak mungkin Anda bisa menghemat hingga sepuluh juta untuk pengeluaran dalam setahun.

Keuntungan finansial ini dialami Denia Isetianti dan Aldy Mardikanto (pendiri Cleanomic) dan dijelaskan lebih detail dalam buku Hemat (Sampah) Pangkal Kaya. Ketika ada niat dan kepedulian terhadap bumi, sesama, dan kocek Anda sendiri, gaya hidup bebas sampah pasti akan menjadi perjalanan yang menyenangkan. Semoga berhasil!

Related Articles

Back to top button