Tips Lakukan Presentasi Menarik, Simak Selengkapnya

www.rancakmedia.com – Sebagai siswa, selain tugas guru, ia juga sering mendapat tugas presentasi. Penyajian hasil tugas individu dan kelompok merupakan bagian dari kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Namun karena belum semua sekolah memberikan presentasi secara personal, maka presentasi diberikan secara virtual. Memulai laman Direktorat SMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan melakukan presentasi secara online tidak jauh berbeda dengan presentasi tatap muka langsung.

Namun, seiring dengan penggunaan media lain seperti perangkat elektronik dan internet, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyampaikan presentasi secara online agar lancar dan menarik.
Bagi siswa yang mengalami kesulitan menyajikan tugas mereka secara online, pertimbangkan langkah-langkah berikut:

1. Format Materi Dengan Tepat.

Pastikan format materi atau dokumen yang akan disajikan dalam bentuk presentasi yang menarik. Buat dokumen presentasi dalam format PowerPoint yang ringkas, ringkas, dan jelas.

Anda dapat menghindari pemaparan teks yang panjang dan bertele-tele. Gunakan saja poin utama. Tambahkan juga gambar, foto, video, tabel atau grafik agar materi presentasi lebih menarik.

🔥TRENDING:  Registrasi Penerimaan Masuk Polri Di Perpanjang

2. Lakukan Pengaturan Teknis

Saat memberikan presentasi online, yang terpenting adalah menyiapkan perangkat pendukung seperti laptop. Pastikan koneksi internet yang Anda gunakan cukup stabil agar yang dikirimkan tidak terputus. Selain itu, jangan lupa untuk menyalakan laptop atau kamera video komputer agar penonton dapat melihat wajah pembicara.

3. Menciptakan Suasana Yang Kondusif

Salah satu hambatan dalam presentasi online adalah membangun suasana yang kondusif. Selain itu, tentunya cukup sulit untuk tidak bertatap muka. Sebelum presentasi dimulai, siswa dapat menyapa dan menyapa penonton. Kemudian minta izin untuk melihat slide presentasi.

4. Gaya komunikasi

Siswa dapat menggunakan bahasa yang baik, benar, tepat dan jelas untuk mempresentasikan tugas atau karya. Sesuaikan intonasi agar penyampaian materi tidak terkesan datar sehingga kusam.

🔥TRENDING:  Tips Tidak Mudah Lapar Dan Haus Saat Berpuasa

Penyusunan artikulasi atau pengucapan jelas ditujukan agar penonton dapat mendengar dan memahami materi yang disajikan. Setelah materi disampaikan ucapkan terima kasih dan ajak hadirin untuk bertanya.

5. Penutup

Saat presentasi selesai dan ada banyak audiens yang mengajukan pertanyaan, jangan mengecewakan audiens sebanyak mungkin. Anda memperhatikan pertanyaan itu. Tuliskan pertanyaan dengan hati-hati, lalu berikan jawaban yang singkat, ringkas, jelas, dan sesuai untuk pertanyaan tersebut.

Jika Anda sedang mempresentasikan materi dalam kelompok, jangan lupa untuk memberi kesempatan kepada anggota lain untuk menanggapi juga. Jangan lupa tutup presentasi dengan salam dan terimakasih. Demikian 5 tips yang harus dilakukan saat melakukan presentasi secara online. Namun, tips ini juga dapat diterapkan saat memberikan presentasi langsung kepada guru dan siswa lain.

Back to top button