Advertisement

Apa Itu Daur Ulang, Jenis dan 6 Manfaat Lengkap Disini

Rancakmedia.com – Pada pembahasan artikel kali ini, kamu akan mengetahui apa itu daur ulang yang di lengkapi dengan jenis, manfaat hingga contohnya yang wajib kamu pelajari, simak penjelasan dibawah ini ya.

Definisi daur ulang yang merupakan bentuk menjaga kelestarian alam yang amat penting, daur ulang merupakan sebagian cara untuk melestarikan lingkungan.

Fungsi dari daur ulang selain untuk menjaga lingkungan, daur ulang juga bisa meninggikan nilai ekonomis. Nah sehingga daur ulang ini sebagai salah satu cara pengolahan limbah menjadi daya guna yang baru.

Faidah lainnya menjadikan strategi untuk mengolah limbah yang padat aktifitasnya yang terdiri dari seleksi, mengumpulkan, proses, distribusi dan juga pembuatan produk atau material yang sudah pernah dipakai.

Salah satu contoh komponen pokok dalam mengatur sampah modern, contoh dari barang-barang yang sudah tidak terpakai dan bisa di daur ulang kembali antara lain kertas, kayu, plastik, kain dan masih banyak lainnya.

Pengertian Daur Ulang

Daur ulang merupakan cara untuk mengumpulkan kemudian mengolah bahan yang seharusnya dibuang sebagai sampai lalu mengubahnya menjadi produk yang baru sehingga memiliki nilai tambah dan bisa bermanfat bagi masyarakat sekitar dan lingkungannya.

Pengertian Daur Ulang

Definisi Daur Ulang Menurut Para Ahli

Nah pengertian definisi daur ulang menurut para ahli ini sebagai berikut:

Wikipedia

Daur ulang adalah bentuk proses untuk mengubah bahan limbah sehingga menjadi bahan atau benda yang baru, sehingga menjadi jalan dari pembuangan sampah secara konvensional cara ini bisa menghemat bahan dan juga membantu menurunkan emisi gas rumah kaca.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Daur ulang adalah peredaran kembali suatu masa, pengolahan kembali bahan-bahan yang telah digunakan, seperti serat, kertas dan air, untuk mendapatkan produk baru. Sedangkan daur ulang berarti melakukan, mendaur ulang atau mengolah kembali bahan bekas.

Macam-Macam dari Daur Ulang

Berikut adalah dua jenis operasi daur ulang:

Daur Ulang Internal

Daur ulang internal adalah penggunaan kembali dalam tahap pembuatan bahan yang merupakan produk sampah dari tahapan itu. Daur ulang internal umum bisa terjadi di industri logam sebagai contohnya.

Produksi tabung tembaga menghasilkan sejumlah besar limbah dalam bentuk ujung tabung dan hiasan; Bahan ini dicairkan dan kemudian disusun kembali. Bentuk lain dari daur ulang internal dapat ditemukan, misalnya, di industri pemurnian, di mana residu biji-bijian yang dihancurkan dikeringkan setelah dimurnikan dan diproses menjadi pakan ternak.

Contoh lain adalah mengumpulkan kaleng aluminium dalam jumlah besar, melelehkannya menjadi aluminium, dan akhirnya membuat kaleng baru atau produk aluminium lainnya dari bahan yang ditingkatkan.

Daur Ulang Eksternal

Daur ulang eksternal adalah pemulihan bahan dari produk yang telah aus atau sudah terbilang usang. Contoh daur ulang di luar lokasi adalah pengumpulan koran dan majalah lama untuk diproses ulang atau dipuling dan diproses selanjutnya menjadi produk kertas baru.

Botol kaca dan kaleng aluminium merupakan contoh dari barang sehari-hari yang banyak diolah kembali secara eksternal. Barang-baran ini dapat dikumpulkan melalui salah satu dari tiga metode utama:

  1. Pusat pengambilan kembali yang membeli bahan limbah yang telah dipilah dan diangkut oleh konsumen.
  2. Pusat pengantaran di mana konsumen dapat menyimpan sampah tetapi tidak dibayar untuk melakukannya
  3. Barang bekas adalah pengumpulan dari pinggir jalan, rumah, atau kegiatan usaha, kemudian dipilah dan disimpan untuk dikumpulkan oleh instansi pusat.

Apa Manfaat dari Daur Ulang

Daur ulang kertas menghilangkan kebutuhan energi untuk menebang kayu, mengangkut kayu, dan mengubah kayu pulp menjadi kertas (yang cukup boros energi).

Apa Manfaat dari Daur Ulang

Selain itu, kertas bekas tidak perlu dibakar. Saat terbakar, kertas yang terbakar melepaskan karbon ke atmosfer, yang kemudian bergabung dengan oksigen untuk membentuk karbon dioksida.

Singkatnya, produksi kertas daur ulang membutuhkan energi 70 hingga 90% lebih sedikit dan karena energi yang tersedia tidak selalu dari sumber terbarukan, ini mengurangi emisi gas rumah kaca lebih jauh.

Untuk membantu mempromosikan pembangunan berkelanjutan, masyarakat kita perlu mendaur ulang sumber dayanya yang berharga dan terbatas.

Selain itu, harus diimbangi dengan menghindari konsumsi berlebihan dan penggunaan kembali bila memungkinkan. Sehingga manfaat yang diperoleh dari kegiatan daur ulang adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi nilai sampah yang dibuang ke TPA dan insinerator
  2. Konservasi sumber daya alam seperti kayu, air dan mineral
  3. Meningkatkan nilai ekonomi dengan menggunakan sumber material dalam negeri
  4. Mencegah polusi dengan mengurangi kebutuhan untuk mengumpulkan bahan baku baru.
  5. Hemat energi dan sumber daya
  6. Membantu menciptakan lapangan kerja di industri daur ulang.

Mengapa Daur Ulang Itu Penting

Daur ulang adalah salah satu kegiatan sehari-hari yang paling sederhana dan paling bermakna yang bisa kita lakukan. Sehingga setiap anggota keluarga dapat berpartisipasi, bahkan rumah terkecil pun dapat berpartisipasi.

Meskipun manusia bertanggung jawab untuk menghasilkan sejumlah besar limbah, daur ulang juga merupakan contoh tanggung jawab sosial dan perlindungan lingkungan. Terkadang kita masih menolak untuk mendaur ulang.

Oleh karena itu kita hanya perlu merugikan diri kita sendiri dan lingkungan dalam jangka pendek dan masa depan. Ini adalah masalah yang mengkhawatirkan bagi setiap ayah atau ibu, langkah kecil ini adalah bagian dari konsumsi yang bertanggung jawab dan akan memungkinkan keturunan kita untuk menikmati planet yang hijau dan biru.

Semua kota di negara kita menaruh wadah sekali pakai di wadah yang dibuang, baik itu organik, kertas, plastik atau kaca, kita bisa mengimpornya. Ada juga beberapa titik pembersihan di mana kamu dapat mengambil barang-barang seperti alat atau kayu.

Di sisi lain, kamu dapat menempatkan tempat sampah di rumah kamu untuk mendorong daur ulang barang-barang konsumsi yang sesuai dan membantu seluruh keluarga mendapatkan pendidikan yang tepat dan mengubah kesadaran orang-orang di sekitar kamu.

Kebiasaan Rumah Tangga

Dengan mengadopsi kebiasaan daur ulang rumah tangga, kita dapat mencapai manfaat berikut:

Kebiasaan Rumah Tangga

  1. Mengurangi konsumsi energi. Saat kami mendaur ulang, kami mengurangi ekstraksi, transportasi, dan pemrosesan bahan baku baru, secara signifikan mengurangi energi yang dibutuhkan untuk proses ini.
  2. Mengurangi karbon dioksida di atmosfer. Ketika konsumsi energi menurun, produksi karbon dioksida kita menurun dan efek rumah kaca juga menurun. Dengan kata lain, mendaur ulang di rumah berarti membantu planet ini dan memerangi perubahan iklim.
  3. Mengurangi polusi udara. Ini penting ketika mempertimbangkan hubungan antara kualitas udara dan kesehatan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), semakin rendah tingkat polutan ini, semakin sehat sistem kardiovaskular dan pernapasan kita. Ketika kita memikirkan udara yang dihirup anak laki-laki dan perempuan kita saat bermain di taman atau di jalanan kota besar, ada beberapa hal yang perlu diingat.

Contoh Barang Daur Ulang

Dibawah ini merupakan contoh-contoh limbah yang bisa di daur ulang kembali, antara lain sebagai berikut:

Kertas

Saat kita mendaur ulang kembali kertas, kita sudah menyelamatkan satu juta pohon di bumi kita dengan cara mencegah deforestasi.

Perusahaan saat ini menggunakan kertas daur ulang untuk banyak kebutuhan pencetakan mereka, seperti:Pencetakan kertas umum, Kartu nama, penulisan proposal, pembuatan memo, majalah, koran, dan buku juga dapat didaur ulang.

Pengolahan kembali bisa dilakukan dengan mengumpulkan sampah kertas, lalu diubah kembali menjadi bubur kertas dan diproses seperti pembuatan kertas yang semestiya. Selanjutnya, kertas juga bisa dipakai untuk membuat kerajinan tangan contohnya membuat kerajinan dari koran bekas.

Kardus

Memanfaatkan kembali satu ton kardus sama juga dengan menghemat sekitar sembilan meter kubik ruang TPA. Karton biasanya digunakan di rumah dan bisnis. Mereka digunakan untuk mengemas dan mengirimkan produk. Kotak besar dan kecil dapat didaur ulang, meskipun mudah terurai secara hayati.

Banyak barang dan perusahaan real estat memberikan negosiasi wadah daur ulang terpisah untuk kotak kardus. Akan tetapi, ada satu langkah penting sebelum mendaur ulang kembali kardus.

Mereka harus dilipat agara ada lebih banyak ruang di tempat sampah daur ulang. Cara ini juga bisa mengurangi permasalahan bagi para pekerja daur ulang.

Baja

Baja dianggap sebagai bahan yang paling dapat diproses kembali di dunia karena 100% dapat didaur ulang. Manfaatnya adalah baja tidak busuk selama proses daur ulang.

Memanfaatkan kembali baja sama saja sudah menghemat hampir dari 74% kekuatan yang dibutuhkan untuk membuat kembali baja dari bahan mentah. Hal ini juga bisa meminimalisir emisi udara, polusi air, dan ekstraksi dan pengolahan bijih besi.

Kaleng Aluminium

Aluminium digunakan untuk tempat minuman contohnya soda dan kaleng buah. Miliaran kaleng aluminium diproduksi dan digunakan setiap tahun. Satu-satunya masalah dengan pembuatan kaleng aluminium adalah dibutuhkan banyak energi untuk mendapatkan bahan mentah.

Pembuatan kaleng aluminium dari kaleng daur ulang hanya membutuhkan sekitar 5% energi, menghasilkan penghematan energi 95%. Selain penghematan energi, ada juga penghematan pengeluaran juga. Biaya daur ulang aluminium sangat rendah dibandingkan dengan pembuatan aluminium baru.

Kaca

Sama seperti halnya baja, kaca juga 100% bisa didaur ulang kembali. Ketika didaur ulang, kaca tidak hilang kualitasnya atau kemurniannya, yang berarti bisa didaur ulang berulang kali. Kaca daur ulang mencegah emisi, hemat energi dan mengurangi konsumsi bahan baku.

Kaca membutuhkan jutaan tahun untuk terurai di tempat pembuangan sampah, sedangkan kaca daur ulang membutuhkan waktu beberapa hari untuk dibuat menjadi wadah atau botol kaca baru.

Kayu

Kayu merupakan limbah jika berakhir di TPA, meskipun dapat terurai secara hayati. Namun, ketika didaur ulang, kayu ini bisa digunakan lagu sebagai material bangunan atau untuk pembuatan kertas.

Kayu merupakan salah satu bahan yang dapat di daur ulang yang sangat berharga karena dapat diolah menjadi berbagai produk sekunder. Daur ulang sumber daya kayu mengurangi nilai kebutuhan untuk menebang pohon.

Contohnya dengan menghancurkan kayu menjadi potongan-potongan kecil yang digunakan untuk membuat produk baru, atau bisa juga digunakan untuk membuat kerajinan seperti mobil, rumah, dll.

Plastik

Plastik merupakan bentuk limbah padat utama yang menempati sebagian besar tempat pembuangan sampah dan lautan, sehingga kegiatan daur ulang plastik sangat penting untuk menjadi perhatian.

Plastik membutuhkan waktu sekitar 500 sampai 1.000 tahun untuk menguraikan tempat pembuangan sampah berharga yang menyumbat ruang dan mencemari lautan kita. Dengan lonjakan konsumsi baru-baru ini, plastik mengambang di permukaan laut dan merusak ekosistem.

Daur ulang plastik menghemat 80% dari total energi yang digunakan untuk membuat produk plastik baru, menjaga lautan dan tempat pembuangan sampah bebas dari limbah padat. Misalnya digunakan sebagai minyak pelumas botol, tas, botol minuman dan lain-lain.

Kain dan Tekstil

Daur ulang tekstil dan kain itu bisa dilakukan. Pakaian bekas atau jenis kain lainnya dipakai lagi untuk membuat pakaian, tempat tidur, gorden, bahkan sebagai pel atau keset.

Tekstil membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai, jadi lebih baik untuk segera mendaur ulang dan menggunakannya kembali. Baru-baru ini, banyak negara telah mendirikan pusat pengumpulan pakaian di berbagai kota.

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan dilengkapi dengan jawaban tentang definisi dari daur ulang, diantaranya:

Apa Tujuan dari Proses Daur Ulang Limbah?

Daur ulang memungkinkan orang untuk membuat barang yang sama dari bahan baku limbah padat. Sehingga dapat mengurangi kebutuhan bahan baku dari alam dan melestarikan sumber daya alam.

Apa Tujuan dari Proses Daur Ulang Limbah

Menggunakan bahan baku limbah padat daur ulang dapat menghemat energi dan biaya dibandingkan menggunakan bahan baku langsung dari alam.

Bagaimana Cara Daur Ulang Sampah?

Berikut langkah untuk mendaur ulang sampah plastik

  1. Menggunakan wadah plastik untuk makanan ringan
  2. Mengganti botol plastik untuk menyiram tanaman
  3. Digunakan sebagai pot bunga
  4. Menggunakan botol plastik sebagai celengan
  5. Membuat mainan dari botol sampo
  6. Menenun plastik menjadi tas belanjaan
  7. Kirim sampah ke bank sampah
  8. Koleksi

Mengapa Daur Ulang Menghemat Sumber Daya Alam?

Jika kita mendaur ulang, peralatan tersebut dapat dihemat karena kita tidak mengambil/membeli bahannya tetapi menggunakan bahan bekas. Oleh karena itu harus hemat.

Kesimpulan

Daur ulang adalah suatu cara untuk mengumpulkan dan kemudian mengolah bahan-bahan yang seharusnya dibuang dan kemudian diubah menjadi produk baru sehingga memiliki nilai tambah dan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan lingkungan.

Ada dua jenis operasi daur ulang yang kami sebutkan di atas yaitu internal dan eksternal. Daur ulang eksternal adalah pemulihan bahan dari produk usang atau cukup usang. Botol kaca dan kaleng aluminium adalah contoh barang sehari-hari yang banyak diproses ulang secara eksternal.

Nah itulah informasi mengenai daur ulang yang perlu kamu pelajari untuk melestarikan lingkungan sekitar, demikian pembahasan kali ini semoga informasi ini dapat membantu agar kita semua bisa menjaga bumi kita, sekian dan terimakasih.

Back to top button