Advertisement

Pengertian Alat Komunikasi Modern, Serta Sejarahnya

Rancakmedia.com –  Ayo mari mengenal pengertian alat komunikasi modern, serta sejarah dan macam-macamnya. Berikut dibawah ini adalah informasi yang kami sediakan secara lengkap, di baca sampai selesai ya agar kamu mudah memahaminya!

Manusia zaman now sangat menikmati kecanggihan yang ada dalam proses komunikasi. Dengan adanya alat komunikasi modern kita dapat dengan mudah mengetahui tentang peristiwa penting yang terjadi di negara lain dalam hitungan beberapa detik saja.

Manusia dari masa ke masa juga mempengaruhi tren alat komunikasi. Melalui berbagai macam cara tahapan pembaruan alat komunikasi dari kuno hingga menjadi alat komunikasi yang modern saat ini karena adanya campur tangan manusia yang merancang semuanya.

Pengertian Alat Komunikasi Modern

Alat komunikasi modern merupakan media canggih yang dapat mempertemukan orang dari berbagai negara tanpa bertemu secara langsung.

Perbedaan antara komunikasi tradisional dengan modern ditandai dengan adanya unsur teknologi yang semakin maju. Kominikasi modern tersebut lebih bergantung pada listrik, jaringan, sinyal, dan berbagai teknologi yang lainnya.

Pengertian Alat Komunikasi Modern

Alat komunikasi modern lebih memiliki jangkauan yang sangat luas dan juga dapat menyediakan fitur informasi atau pesan yang dapat memuat gambar, video, dan fitur lainnya.

Alat komunikasi tersebut juga memudahkan kamu dalam berbagai hal, contohnya adalah bisa mengirim pesan secara lebih mudah dan cepat.

Sejarah Alat Komunikasi Modern

Adanya alat komunikasi modern yang lebih canggih bukan lain tujuannya adalah untuk memperbaiki komunikasi antar manusia.

Demi mengatasi kekurangan-kekurangan pada alat komunikasi tersebut manusia terus memperbaiki alat komunikasinya dengan teknologi yang jauh lebih baru dan canggih.

Jadi, tidak awam jika perkembangan dalam teknologi terus bertambah seiring dengan berkembangannya zaman. Setiap peningkatan komunikasi diciptakan agar dapat memudahkan akses untuk mendapatkan informasi yang kita mau.

Namun adanya komunikasi yang modern ini, menjadikan komunikasi antar individu secara langsung semakin berkurang.

Pada awalnya, teknologi komunikasi sangat bergantung pada lokasi, pola unik terntu, dan sekelompok masyarakat setempat. Batas-batas itu sekarang sedang dibongkar berkat kemajuan teknologi komunikasi yang ada saat ini.

Karakteristik Alat Komunikasi Modern

Dennis L. Wilcox menunjukkan berbagai karakteristik alat komunikasi modern. Yaitu:

Karakteristik Alat Komunikasi Modern

Distance Insensitive

Pada dasarnya alat komunikasi tradisional sangat memiliki hambatan pada jarak, sedangkan alat komunikasi modern hampir tidak memiliki hambatan untuk menghasilakan informasi walaupun dengan jarak jauh.

Tetapi sangat disayangkan, ini juga merupakan salah satu keterbatasan alat komunikasi modern karena cenderung tidak sensitif terhadap jarak (distance insensitive).

Akses yang ada pada alat komunikasi modern dapat menyebarluaskan informasi secara mudah. Namun, penyebaran informasi tersebut sering kali kerap melanggar hak privasi.

Kehidupan orang lain khusus contohnya seperti publik figur selalu menjadi sosrotan berita yang melanggar privasi.

Selain itu ada juga, salah satu manfaat alat komunikasi modern adalah fenomena doxing, atau tindakan menyebarluaskan data pribadi seseorang melalui internet. Penyebaran data pribadi ini sering dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Flattened

Karena alat komunikasi modern, tidak hanya wartawan siapapun bisa mengakses dan menyebarluaskan berita demi untuk keuntungan dirinya sendiri.

Hal tersebut menjadi salah satu karakteristik alat komunikasi tersebut bersifat datar, dan sangat jauh berbeda dengan alat komunikasi tradisional yang sering dimanfaatkan oleh komunikator dengan pangkat yang lebih tinggi dari komunikan.

Interaktif

Adanya alat komunikasi modern tersebut dapat menghasilakan proses komunikasi yang interaktif. Sehingga komunikan terhadap pesan yang ditwrimanya lebih cenderung reaktif.

Kamu dapat mengajukan pertanyaan, berkomentar, serta memberi kritik dukungan. Komentar yang terdapat pada media sosial adalah ilustrasi yang sangat baik dari komunikasi interaktif dalam tindakan.

Lebih Sedikit Batasan Jarak dan Waktu

Alat komunikasi modern merupakan teknologi yang canggih karena bisa mengilangkan batasan pada jarak dan waktu. Sehingga komunikator dan komunikan yang terpisah jarak dan waktu dapat berkomunikasi dengan mudah tanpa batas.

Amatir atau Non Profesional

Kamu semua pasti pernah mendengar mengenai istilah kata jurnalisme warga, yang mengacu pada keterlibatan masyarakat dalam mengumpulkan, melaporkan, menganalisis, dan berbagi materi yang layak diberitakan.

Baca Juga:  Perbedaan Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

Alat komunikasi modern telah memunculkan jurnalisme warga. Hasil dari kemudahan dalam mengakses komunikasi modern telah memungkinkan komunikator amatir atau non-profesional untuk menyebarluaskan informasi penting.

Biaya Akses Rendah

Teknologi yang terus ditingkatkan dalam pembuatan alat komunikasi modern berdampak pada kemudahan akses. Sehingga biaya yang ada pada alat komunikasi modern terhitung tidak menghabiskan biaya yang terlalu mahal (biaya akses rendah).

Format Fleksibel

Alat komunikasi modern menyediakan informasi format fleksibel, berlawanan dengan alat komunikasi tradisional yang bersifat khusus atau tertentu.

Alat komunikasi modern sering membuat data, dokumen, dan informasi dalam bahasa dan format yang dapat diterima secara luas. Karena alasan ini, kita dapat dengan cepat menerima informasi penting yang terjadi di berbagai negara.

Macam-Macam Alat Komunikasi Modern

Macam-Macam Alat Komunikasi Modern

Setelah kamu mengetahui karakteristik alat komunikasi modern, kamu juga harus mengetahui berbagai jenis contoh alat komunikasi, seperti:

Surat Kabar

Surat kabar atau koran adalah alat komunikasi modern pertama, meskipun pada awalnya hanya terdiri dari fotodan memiliki warna yang terbatas, khususnya monokrom. Informasi surat kabar memiliki komponen visual yang signifikan.

Selain itu, surat kabar diawasi secara profesional oleh dewan editorial atau organisasi berita, yang membuatnya sangat terhormat. Sebelum dikelola oleh perusahaan penerbitan atau kantor berita, berita harian dulunya secara eksklusif dihasilkan oleh pemerintah.

Radio

Radio adalah alat komunikasi modern yang menggunakan gelombang listrik untuk menciptakan sinyal yang dapat didengar. Kemudian, sinyal yang diterima digunakan untuk menyebarluaskan informasi dalam bentuk suara.

Para ilmuwan pertama kali menggunakan radio untuk menyelidiki gelombang elektromagnetik. Mereka mebayangkan bisa membangun alat komunikasi nirkabel yang dapat melintasi darat, laut, dan bahkan udara.

Telepon

Telepon merupakan salah satu alat komunikasi modern yang memanfaatkan jaringan kabel untuk dapat menghubungkan dua orang sekaligus dalam jarak yang jauh tanpa bertatap muka. Sehingga, kedua orang tersebut dapat berkomunikasi dengan mudah dan jelas.

Alexander Graham Bell diketahui banyak orang sebagai penemu telepon karena dialah yang mendapatkan hak paten untuk telepon pada tahun 1876.

Namun, banyak juga yang berasumsi jika penemu lain yang juga terkait dengan telepon adalah, seperti Antonio Meucci dan Elisha Gray. Sebenarnya, sistem komunikasi yang mirip dengan ponsel benar-benar diuji dan diciptakan oleh para ilmuwan pada tahun 1660-an dan 1670-an.

Faksimile

Contoh teknologi pada alat komunikasi modern yang selanjutnya adalah faksimile atau yang sering di sebut faks merupakan komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan dokumen melalui jaringan kabel telepon analog. Seiring dengan perkembangannya faksimili telah memanfaatkan jaringan internet.

Faks memiliki bentuk yang kombinasi seperti telepon dan mesin fotocopy. Cara kerja yang terdapat pada faks juga merupakan campuran dari pengoperasian beberapa alat, khususnya telepon, scanner, mesin fotocopi, dan printer.

Mesin fax akan menerima dokumen dalam bentuk kertas, yang akan dipindai dan kemudian dikirimkan ke penerima dengan memasukkan nomor telepon fax yang sesuai.

Intercom

Saat berada di mall pernahkah kamu mendengar pengumuman melalui pengeras mengenai pemberitahuan jika mall akan segera di tutup?

Pemberitahuan tersebut sangat membantu karena jika tidak ada pengumuman seperti itu mungkin saja kamu akan terjebak di dalam mall sampai pagi hari.

Siaran suara yang dikirim melalui pengeras suara di lokasi umum benar-benar menggunakan salah satu alat komunikasi modern yang disebut intercom.

Alat komunikasi modern ini memanfaatkan teknologi nirkabel yang menghubungkan satu ruangan ke ruangan lain dalam radius tertentu.

Dengan mengklik sebuah tombol, pengirim pesan hanya perlu berbicara ke mikrofon yang disediakan. Kemudian suara pengirim pesan akan disiarkan melalui interkom yang ditempatkan di lokasi sekitarnya.

Televisi

Televisi adalah alat komunikasi modern untuk menghasilakan gelombang transmisi sinyal visual yang disebut elektron. Kemudian elektron dapat menghasilakan gambar atau video.

Baca Juga:  Perbedaan Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

Sebelum mengganti nama menjadi televisi awalnya alat komunikasi modern tersebut disebut radio bergambar, itu adalah nama asli yang diberikan kepada televisi ketika pertama kali keluar.

Hal ini karena televisi komersial pertama yang dipasarkan adalah radio yang dihubungkan dengan tabung neon sebagai penghantar gambar. Di Inggris, Baird, perusahaan yang menjual televisi komersial pertama, mampu mendistribusikan 1.000 unit.

Handy Talky

Handy talky adalah perangkat komunikasi nirkabel modern yang sering digunakan oleh petugas keamanan, pasukan keamanan presiden, petugas polisi, dan lain-lain.

Secara penampilan, handy talky menyerupai ponsel kuno dengan antena yang diperpanjang dan layar monokrom kecil dengan tombol kontrol.

Benda hitam ini berfungsi dengan memanfaatkan gelombang radio. Jangkauan komunikasi handy talky adalah 12 mil. Komunikasi yang dibangun oleh handy talky, sayangnya, hanya bersifat sementara karena salurannya dapat berubah setiap saat.

Handy Talky Modern

E-mail

Email, atau surat elektronik, adalah padanan modern dari surat. Email adalah alat komunikasi modern dalam bentuk komunikasi elektronik atau informasi yang terdiri dari tulisan.

Cara pengiriman adalah perbedaan utama antara surat dan email. Surat manual disampaikan melalui ekspedisi atau pengiriman pos, sedangkan e-mail dapat diterima dalam hitungan detik karena hanya membutuhkan jaringan internet.

Ponsel Pintar

Ponsel pintar, atau biasa disebut dengan smartphone, adalah alat komunikasi modern dengan prinsip asli yang sama dengan telepon.

Awalnya, smartphone yang dulunya dikenal sebagai ponsel atau telepon genggam, hanya bisa menerima pesan singkat atau panggilan telepon. Oleh karena itu, ponsel hanya memerlukan sinyal jaringan seluler.

Setelah melewati serangkaian perbaikan dan penggabungan dengan kompleksitas teknis, ponsel sekarang tidak hanya dapat menerima teks atau panggilan telepon.

Smartphone dengan konektivitas internet dapat mengakses hampir segala hal, termasuk jejaring sosial, mesin pencari, dan e-commerce.

Smartphone semakin dilengkapi dengan peralatan pendukung seperti kamera, perekam audio, Bluetooth, dll. Smartphone telah menjadi lebih berguna daripada televisi dalam beberapa hal.

Smartwatch

Arloji yang melingkar di pergelangan tangan kita atau jam tangan pada awalnya diciptakan untuk mempermudah manusia mengetahui waktu dimanapun kita berada. Terkadang, jam tangan juga digolongkan sebagai item fashion.

Tetapi manusia menjadi lebih sadar akan keinginannya sendiri yang terus berubah. Jam tangan saat ini mendapatkan modifikasi yang substansial.

Tidak hanya pengoperasian dasar mesin dengan sistem analog, jam tangan bergabung dengan teknologi, yang kemudian dikenal sebagai “jam tangan pintar”.

Pada tahun 1998, seorang penemu asal Kanada bernama Steve Mann menciptakan jam tangan pintar pertama. Jam tangan pintar memiliki fitur layar digital dan dapat dihubungkan ke ponsel. Pemberitahuan pada smartphone dapat diprioritaskan.

FAQ

Berikut ini tanya jawab tentang alat komunikasi modern, yaitu:

Mengapa komputer disebut alat komunikasi modern?

Karena komputer dapat berkomunikasi langsung dengan manusia, misalnya dalam menampilkan data.

Apa keuntungan menggunakan alat komunikasi modern?

Alat komunikasi modern memiliki keuntungan yang memungkinkan penyampaian pesan yang lebih beragam. Mudah dibawa ke mana-mana. Dapat digunakan kapan saja.

Apa yang terjadi jika teknologi memunculkan alat komunikasi modern?

Dengan adanya teknologi yang melahirkan metode komunikasi modern, hubungan antarmanusia telah meningkat, bukan hanya secara lokal, tetapi juga dalam skala dunia, dan terjadi secara dinamis.

Kesimpulan

Alat komunikasi modern adalah media canggih yang dapat digunakan dalam jarak jauh, sehingga dapat terus berkomunikasi walaupun tidak bertemu langsung. Alat komunikasi modern juga sangat mudah untuk dibawa kemana saja.

Sekian informasi tentang alat komunikasi tradisional yang dapat kami sampaikan, semoga informasi tersebut berguna untu kamu semua ya!

Back to top button