Advertisement

Fungsi Utama Karya Seni Rupa Murni, yaitu?

Rancakmedia.com – Karya seni rupa murni ini untuk kesenangan mata dan sering hanya digunakan untuk pameran. Dibawah ini adalah pengertian, fungsi dan tujuan serta contohnya. Yuk simak dibawah ini.

Menurut buku Paul MW 2016 The Perceptual Structure of Three-Dimensional Art, satu-satunya tujuan seni rupa dalam produksinya adalah untuk memuaskan pikiran.

Ini menekankan keindahan estetika. Lukisan, patung, coretan, relief, dan seni koreografi merupakan contoh seni rupa. Perbedaan utama antara seni rupa dan seni terapan adalah fungsi karya seni.

Seni rupa murni adalah seni yang menitikberatkan pada keindahan dan ekspresi jiwa (nilai estetika dan nilai seni), sedangkan seni rupa terapan adalah karya seni yang tidak hanya berfokus pada keindahan tetapi juga pada tujuan atau kegunaannya dalam membantu kehidupan (nilai kegunaan).

Pengertian Seni Rupa Murni
unplash @MariaLupan

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah karya seni yang disajikan atau dibuat hanya untuk dikagumi karena nilai estetika dan kreativitasnya. Seni rupa berfokus pada nilai estetika seni daripada kegunaan karya yang dihasilkannya.

Meskipun tidak memiliki tujuan atau tidak memiliki makna praktis dalam kehidupan sehari-hari, seperti seni terapan, Namun, tujuan utama seni rupa adalah untuk mengirimkan kesenangan batin melalui seni.

Seni rupa dihasilkan melalui apresiasi seni. Karya seni rupa dibuat agar seniman dan penggiat seni rupa, seperti kurator, kolektor, dan pemilik galeri, dapat mengagumi, mengkaji, dan mengkritiknya.

Fungsi dan Tujuan Seni Rupa Murni

Seni rupa hanya berfungsi sebagai perhiasan atau untuk presentasi. Tujuan seni rupa murni hanya estetis (nilai estetika dan nilai seni) dan tidak dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kehidupan (nilai utilitas).

Tujuan tambahan dari seni murni meliputi:

Untuk Memperindah Sebuah Media

Jenis seni rupa ini digunakan untuk mengubah media biasa menjadi sesuatu yang luar biasa. Contoh sederhana adalah selembar kertas putih polos yang tampak jelek sampai dihiasi dengan gambar, yang akan melakukannya.

Menyalurkan Kreatifitas Seniman

Manusia memiliki potensi kreatif yang tidak terbatas, dan salah satu cara terbaik untuk mengekspresikan potensi ini adalah melalui seni yang memancarkan keindahan.

Menyampaikan Sebuah Pesan Penting

Seni artistik dapat digunakan untuk mengkomunikasikan informasi penting. Pesan penting adalah pesan yang ingin dikomunikasikan oleh seniman melalui lukisan atau sapuan kuas. Terkadang pesan ini dapat dibaca secara eksplisit, dan terkadang hanya disarankan.

Seni Rupa Murni Menurut Wujud dan Bentuknya

Setelah memahami konsep dan tujuan seni rupa, kamu juga harus memahami bentuk dan bentuknya.

Bentuk dan struktur seni ini relatif mendasar karena tujuannya hanya untuk menampilkan keindahan, dan juga dapat berfungsi untuk menyampaikan pesan penting, seperti:

Lukisan

Prosedur yang melibatkan manipulasi beberapa aspek seni rupa yang dibangun dari garis, bidang, warna, dan tekstur dalam ruang dua dimensi.

Ada juga lukisan kontemporer yang terdiri dari banyak kanvas dan dapat disebut sebagai lukisan modern.

Fungsi dan Tujuan Seni Rupa Murni

Seni Grafis

jenis seni rupa yang memanfaatkan bentuk dua dimensi Pada awalnya seni ini hanya digunakan untuk mencetak atau memperbanyak teks.

Saat ini, seni grafis digunakan untuk menghasilkan keindahan segar yang dapat menarik perhatian banyak orang.

Jenis Seni Rupa Murni Nusantara dan Mancanegara

Kesenian ini diciptakan oleh beberapa seniman dari nusantara dan luar negeri:

Di Nusantara

R. Saleh, Abdullah Surjosubroto, Wakidi, Basuki Abdullah, Affandi, S. Sudjojono, dan Dullah.

  1. Patung: Nyoman Tjokot, Tapi Muchtar, Nyoman Nuarta, Rita Widagdo, G. Sidharta, dan Dewa Made.
  2. Seniman Grafis: Abdul Salam, Mochtar Apin, Oesman Effendi, I Made Daryana, Widayat, dan AD Pirous.

Mancanegara

Vincent van Gogh dan Rembrandt van Rijn dari Belanda, Claude Monet dari Prancis, Paul Cezanne, dan Paul Gauguin, Salvador Dali dan Pablo Picasso dari Spanyol, Leonardo da Vinci dari Italia dan Jackson Pollock dari Amerika Serikat.

Michelangelo dari Italia dan Auguste Rodin dari Prancis adalah pematung terkenal.

Contoh Seni Rupa Murni

Yang termasuk dalam kategori seni rupa adalah seni lukis, kaligrafi, dan seni pahat. Seni rupa, tidak seperti seni terapan, tidak boleh digunakan sebagai alat lain.

Nilai estetika seni rupa adalah keindahannya. Secara historis, lima seni rupa teratas adalah seni lukis, patung, arsitektur, musik, dan puisi, sedangkan teater dan tari dianggap sebagai seni minor.

Berikut adalah beberapa contoh karya seni rupa murni:

Lukisan

Lukisan adalah suatu bentuk seni yang sengaja dibuat dengan cara mengoleskan cat pada kanvas dengan kuas atau alat lainnya.

Banyak lukisan yang dibuat oleh seniman ternama, dengan harga setiap karya seni mencapai jutaan, bahkan ratusan juta dolar. Lukisan merupakan salah satu contoh seni rupa murni karena hanya dipajang sebagai hiasan dinding.

Relief

Relief adalah karya seni berupa gambar atau lukisan tiga dimensi atau trimata yang disajikan pada bidang dua dimensi atau bermata dua. Biasanya, relief terlihat pada monumen dan candi. Secara umum, relief termasuk diorama dan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

Patung

Patung adalah ekspresi jiwa manusia dan karya seni murni. Patung seringkali merupakan representasi visual tiga dimensi. Tujuan utama keindahan adalah estetika.

Biasanya patung berbentuk orang, binatang, dll. Ada beberapa patung di Indonesia yang bisa dilihat dan diapresiasi keindahannya. Begitulah patung-patung yang terlihat di Candi Borobudur atau situs sejarah lainnya.

Seni Grafis

Seni grafis adalah bagian dari seni rupa murni dan seni rupa terapan. Tujuan seni grafis adalah sebagai metode ilustrasi, menjadikannya sebagai seni rupa terapan. Namun, itu dianggap seni rupa jika digunakan untuk ornamen.

Seni Fotografi

Karena kemajuan teknologi kamera, seni fotografi telah muncul sebagai jenis seni rupa. Banyak orang menggunakan fotografi untuk mengekspresikan diri. Objek dibidik menggunakan seni fotografi ini karena meningkatkan daya tarik estetisnya.

Seni Rupa Murni Menurut Wujud dan Bentuknya
unplash @AliceDietrich

Kaligrafi

Kaligrafi adalah sejenis seni murni dua dimensi yang berfungsi hanya sebagai elemen dekoratif. Biasanya, kaligrafi ini ditemukan di masjid-masjid dan rumah-rumah Muslim. Dinding biasanya dihiasi dengan kaligrafi.

Topeng

Topeng adalah salah satu bentuk seni murni ketika digantung di dinding saja. Topeng kadang-kadang digunakan sebagai properti menari atau untuk tujuan lain. Gaya seni ini mengekspresikan emosi manusia dan meningkatkan keindahan rumah.

Mozaik

Mozaik adalah seni menata pecahan atau pecahan kecil batu, tembikar, atau kaca untuk menciptakan objek baru yang estetis. Mozaik dapat dianggap sebagai sebuah karya seni karena lebih menarik ketika diletakkan di dinding.

Ukiran

Ukiran adalah sejenis ukiran batu atau kayu yang mempertunjukkan keindahan untuk menciptakan suatu karya seni yang diinginkan. Mayoritas karya seni ukir menggambarkan makhluk hidup, bunga, atau kehidupan. Ukiran dapat digunakan sebagai dekorasi rumah atau tempat kerja.

Kerajinan Keramik

Kerajinan keramik adalah kerajinan yang menonjolkan keindahan dan substansi dari keramik. Kerajinan keramik ini dapat mengambil beberapa bentuk, termasuk toples dan vas.

Biasanya, itu akan diukir dengan warna-warna cerah. Guci dan vas bunga merupakan jenis kerajinan keramik yang paling sering ditemui di lingkungan sekitar.

Kesimpulan

Nah itu dia adalah penjelasan tentang seni rupa murni, mulai dari pengertian, fungsi, tujuan, dan contoh-contohnya secara keseluruhan. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat ya.

Tombol kembali ke atas