Advertisement

Jelaskan Perbedaan Komunikasi Langsung dan Tidak Langsung

Rancakmedia.com – Berikut ini kami akan jelaskan perbedaan komunikasi yang terbagi menjadi dua, yaitu: komunikasi langsung dan tidak langsung. Yuk simak artikel dibawah ini.

Setiap orang melakukan aktivitas komunikasi, yang merupakan ciri khas makhluk sosial, yaitu berhubungan dengan orang lain. Tidak hanya dengan manusia lain tetapi juga dengan hewan dan tumbuhan, manusia dapat berbicara dengan makhluk hidup lainnya.

Komunikasi manusia dengan demikian merupakan fenomena alam yang sudah tersebar luas. Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam komunikasi, perbedaan, manfaat, dan keuntungan komunikasi langsung dan tidak langsung.

Biasanya, komunikasi langsung dan tidak langsung ini terjadi dalam bentuk komunikasi lisan yang diucapkan dan diucapkan langsung dari bibir komunikator. Selain juru bicara.

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Di bawah ini adalah beberapa definisi komunikasi langsung dan tidak langsung:

Komunikasi Langsung

Komunikasi langsung adalah komunikasi yang dilakukan secara langsung atau tatap muka. Seperti halnya ketika kami berkomunikasi dengan orang lain secara langsung, tanpa memerlukan perantara atau media komunikasi sebagai penyampai pesan atau sumber data. Ini dianggap komunikasi langsung.

Dengan kata lain, komunikasi ini dilakukan secara tatap muka tanpa menggunakan alat bantu komunikasi yang berfungsi sebagai media komunikasi.

Komunikasi Tidak Langsung

Ini tidak sama dengan komunikasi langsung. Komunikasi tidak langsung adalah proses komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung, yaitu dengan bantuan alat komunikasi yang berfungsi sebagai media komunikasi.

Untuk jenis komunikasi tidak langsung ini, media perantara sering digunakan sebagai cara untuk mengirim atau mendapatkan informasi kepada komunikator atau penerima.

Dengan demikian, komunikasi tidak langsung tidak terjadi secara alami, yaitu tatap muka, tetapi penting untuk menggunakan media komunikasi untuk berkomunikasi. Komunikasi jarak jauh sering menggunakan komunikasi tidak langsung.

Menurut kapasitas frekuensi media komunikasi, komunikasi langsung dilakukan dengan jarak yang kecil, yaitu tatap muka, sedangkan komunikasi tidak langsung dilakukan pada jarak yang jauh. Dengan demikian, perbedaan antara komunikasi langsung dan tidak langsung dalam hal jarak dan media komunikasi telah ditetapkan.

Jenis Komunikasi

Selain pemahaman, berikut ini adalah penjelasan jenis-jenis komunikasi langsung dan tidak langsung secara khusus:

Komunikasi Langsung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, komunikasi langsung adalah proses komunikasi yang dilakukan secara langsung atau tatap muka antara komunikator dan komunikan. Tergantung pada evaluasinya, komunikasi langsung semacam ini dibagi menjadi beberapa bagian.

Contoh Komunikasi Langsung

Ini adalah contoh komunikasi langsung:

Komunikasi Langsung Persona dengan Persona

Komunikasi langsung antara dua orang, juga dikenal sebagai komunikasi langsung antara orang-orang, terjadi antara dua individu yang sedang melakukan percakapan. Ini dianggap komunikasi langsung antara kepribadian ketika orang A berbicara dengan orang B.

Komunikasi Langsung Persona dengan Kelompok

Komunikasi persona dengan kelompok ini melibatkan komunikasi langsung antara satu orang dengan banyak orang. Ini dapat dilihat, misalnya, ketika seorang guru menjelaskan suatu mata pelajaran kepada banyak murid atau ketika seorang ketua memimpin rapat.

Komunikasi Langsung Kelompok dengan Persona

Komunikasi langsung kelompok dengan persona adalah komunikasi langsung antara beberapa orang dan satu individu.

Hal ini ditunjukkan oleh para demonstran yang turun ke jalan dan menyampaikan keinginan kamu kepada satu individu, seperti tokoh pemerintah. Dimana pemrotes berfungsi sebagai komunikator dan penguasa berfungsi sebagai komunikan,

Komunikasi Langsung Kelompok dengan Kelompok

Komunikasi langsung antar kelompok dengan kelompok ini umumnya disebut sebagai “komunikasi langsung antar kelompok”, yang dilakukan oleh beberapa orang yang mengkomunikasikan pesan atau informasi kepada beberapa orang atau kelompok lain.

Ini dapat ditemukan selama acara atau diskusi. Di mana grup A memberikan jawaban kepada grup B.

Jenis Komunikasi Langsung

Komunikasi Tidak Langsung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, komunikasi tidak langsung adalah proses komunikasi yang menggunakan media perantara sebagai media komunikasi untuk berkomunikasi dan mengirimkan pesan atau informasi kepada komunikator.

Tergantung pada evaluasinya, jenis komunikasi tidak langsung ini diklasifikasikan menjadi banyak bagian.

Contoh Komunikasi Tidak Langsung

Ini adalah contoh komunikasi tidak langsung:

Komunikasi Tidak Langsung Personal dengan Personal

Komunikasi tidak langsung antar manusia kadang-kadang disebut sebagai komunikasi tidak langsung antar manusia, dan itu terjadi dengan penggunaan perantara atau media komunikasi seperti telepon atau internet. Sebagai contoh kehidupan biasa, pertimbangkan orang A di telepon dengan orang B dari jarak jauh.

Komunikasi Tidak Langsung Persona dengan Kelompok

Komunikasi personal tidak langsung dengan kelompok ini adalah komunikasi yang terjadi dengan bantuan media komunikasi, seperti pidato presiden di televisi kepada publik atau publik. Ini sering merupakan komunikasi satu arah karena tidak ada reaksi instan.

Komunikasi Tidak Langsung Kelompok dengan Persona

Komunikasi kelompok tidak langsung dengan persona melibatkan penggunaan media komunikasi dan partisipasi beberapa komunikator dan komunikan. Hal ini misalnya terjadi pada beberapa lembaga penyiaran yang berkomunikasi dengan pemirsa melalui televisi atau radio.

Komunikasi Tidak Langsung Kelompok dengan Kelompok

Komunikasi antar kelompok atau kelompok dengan kelompok ini yang memanfaatkan media komunikasi untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada komunikan adalah komunikasi tidak langsung. Sebagai contoh, pikirkan bagaimana grup A dapat terhubung dengan grup B melalui internet atau media sosial.

Perbedaan Komunikasi Langsung dan Tidak Langsung

Ketika dua item berbeda, perbedaan di antara kamu mungkin berfungsi sebagai karakteristik pembeda. Berikut adalah beberapa perbedaan antara komunikasi langsung dan tidak langsung.

Media Komunikasi

Selalu memanfaatkan media komunikasi untuk mentransfer pesan atau informasi dari komunikator kepada komunikan atau penerima pesan dalam komunikasi tidak langsung. dimana tersedia media seperti televisi, telepon, internet, dan radio Tentunya diperlukan berbagai media komunikasi untuk komunikasi tidak langsung.

Komunikasi langsung tidak memerlukan penggunaan teknologi media komunikasi karena dilakukan secara langsung atau tatap muka antara komunikator dan komunikan. kecuali ketika berbicara dengan orang yang memiliki gangguan pendengaran, dalam hal ini komunikasi harus menggunakan alat bantu dengar.

Jarak Komunikasi

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, kontak tatap muka antara komunikator dan komunikan diperlukan untuk komunikasi langsung terjadi. Ini menunjukkan bahwa jarak yang terlibat dalam komunikasi langsung kecil, yaitu dicapai dengan jarak minimal selama proses komunikasi.

Berbeda dengan komunikasi tidak langsung, komunikasi langsung dapat terjadi pada jarak yang sangat jauh. Bahkan pada jarak kecil, komunikasi tidak langsung dapat dilakukan, seperti staf acara menggunakan walkie-talkie.

Jadi, agar komunikasi dapat terjadi, perlu ada cara untuk mengirim pesan atau informasi kepada orang yang melakukan komunikasi.

Kelebihan dan Kekurangan

Yang jelas, segala sesuatu memiliki kelebihan dan kekurangan. Akibatnya, kehidupan membutuhkan pelengkap atau perbedaan agar seimbang, karena diperlukan kelebihan yang dapat menutupi kekurangan.

Dengan mengkaji definisi, jenis, dan perbedaan antara komunikasi langsung dan tidak langsung, kami dapat menentukan kelebihan dan kekurangan komunikasi langsung dan tidak langsung.

Perbedaan Komunikasi Tidak Langsung

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan kelebihan komunikasi langsung dan tidak langsung yang perlu kami ketahui sebagai bagian dari dunia komunikasi kami pendidikan.

Komunikasi Langsung

Ada banyak manfaat komunikasi langsung yang dapat terjadi secara langsung dan tatap muka, seperti:

Kelebihan

  1. Ini bisa lebih sederhana untuk dipahami.
  2. Dapat membalas segera dan menawarkan komentar langsung.
  3. Tidak ada rahasia atau komunikasi bebas drama

Kekurangan

Berikut ini adalah banyak keuntungan dan kerugian dari komunikasi langsung:

  1. Tidak bisa memanjang jauh.
  2. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjangkau wilayah yang lebih luas.

Komunikasi Tidak Langsung

Setelah menjelaskan pro dan kontra dari komunikasi langsung, langkah selanjutnya adalah membicarakan pro dan kontra dari komunikasi tidak langsung.

Kelebihan

Berikut adalah beberapa manfaat dari komunikasi tidak langsung atau menggunakan media untuk membantu komunikasi.

  1. Dapat meluas lebih jauh.
  2. Lebih mudah untuk berkomunikasi dengan banyak orang.
  3. Dapat dengan cepat mencapai komunikasi skala besar

Kekurangan

Kerugian dari komunikasi tidak langsung yang kami ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Kadang-kadang, kami mengalami gangguan sinyal.
  2. Tidak dilindungi sehubungan dengan kerahasiaan pesan atau informasi.

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat dan kelebihan komunikasi langsung dan tidak langsung yang kami ketahui. Jadi, kami bisa menyaring dan memilih cara berkomunikasi yang tepat berdasarkan setting dan situasi yang terjadi saat kami berkomunikasi.

Back to top button