Advertisement

Teknik Membuat Patung dari Tanah Liat dengan Mudah

Rancakmedia.com – Berikut ini penjelasan mengenai teknik membuat patung dengan mudah yang perlu kamu ketahui. Patung adalah salah satu bentuk seni rupa tiga dimensi. Patung dapat dibuat dengan menggunakan sejumlah media, bahan dasar, dan teknik.

Tanah liat merupakan salah satu bahan dasar yang dapat digunakan untuk membuat patung. Tanah liat yang digunakan adalah tanah yang sangat fleksibel.

Setelah kering, tanah liat yang sesuai standar akan mudah dibentuk dan tidak retak. Teknik yang ideal untuk membuat patung dari tanah liat antara lain teknik grain dan teknik printing.

Patung adalah salah satu bentuk seni yang paling estetis. Berikut adalah beberapa teknik pembuatan patung sebagai latar belakang pengetahuan Sedulur.

Untuk belajar lebih banyak tentang karya seni dan untuk lebih menghargainya. Karena lebar, panjang, dan tinggi, patung adalah karya tiga dimensi. sehingga dapat diapresiasi dari semua sudut pandang

Dari bahan lunak seperti tanah liat, bubur kertas, dan adonan tapioka, patung dapat dibuat. Selain itu, kamu dapat menggunakan balok sabun dan lilin mainan. Seniman sering menggunakan berbagai teknik untuk memahat. Yuk simak artikel dibawah ini.

Pengertian Seni Patung

Pengertian Seni Patung

Sebelum mengkaji teknik pembuatan patung, ada baiknya untuk mendefinisikan seni pahat. Patung adalah bentuk seni tiga dimensi yang nyata. Patung, menurut KBBI, adalah tiruan dari bentuk manusia dan hewan yang dibuat dengan menggunakan seni pahat.

Patung adalah bentuk seni tiga dimensi yang dapat langsung dilihat dan ditangani dengan tangan. dengan bentuk yang dapat diukur panjang, lebar, dan tinggi secara tiga dimensi.

Bentuk-Bentuk Seni Patung

Sementara itu, teknik pembuatan patung dapat dibedakan berdasarkan bentuknya. Bentuk-bentuk patung itu sendiri antara lain:

  1. Naturalis: Bentuk yang merupakan peniruan dari alam, di mana wujud gambarannya hampir menyerupai apa yang ditirunya.
  2. Figuratif: Bentuk patung yang merupakan intisari dari alam, ada yang disederhanakan (deformasi) dan diperumit (stylir).
  3. Abstraksi: Terdiri dari abstrak murni, geometris, non geometris, abstrak simbolis, dan abstrak filosofis.

Aliran Seni Patung

Setiap karya seni mengandung beberapa genre, termasuk patung. Hal ini juga akan berpengaruh pada desain teknik pembuatan patung. Perkembangan seni pahat yang sebenarnya adalah sebagai berikut:

  1. Simbolisme: Bentuk patung yang bermakna perlambangan.
  2. Robot Art: Bentuk patung yang divisualisasikan secara kaku dan statis.
  3. Kontruktivisme: Gambaran patung dengan bentuk geometris.
  4. Mobile Sculpture Art: Patung yang bisa digerakkan atau bergerak.

Teknik Pembuatan Patung

Lalu, bagaimana teknik memahatnya? Berikut ini adalah penjelasan dari empat teknik pembuatan patung dengan menggunakan berbagai teknik yang berbeda. Mari kami lihat segera!

Teknik Pahat

Teknik pahat adalah teknik pembuatan patung paling awal yang diketahui. Teknik ini sering menggunakan batu dan bahan keras lainnya selain kayu. Namun, teknik ini membutuhkan akurasi dan ketekunan yang ekstrim. karena teknik ini cukup untuk aplikasi.

Setelah patung selesai dibuat dan patung dibangun, dilakukan finasilation menggunakan amplas agar patung lebih halus dan menyenangkan.

Patung adalah teknik paling awal dalam seni pahat. Teknik ini memiliki sejarah panjang di Indonesia, dan bajak bertulis serta candi-candi yang merupakan hasil kerja ukir ini juga diakui sebagai situs bersejarah dunia.

Teknik Cor

Teknik yang digunakan untuk membuat patung dari bahan keras adalah teknik pembuatan. Saat ini, pelukis paling sering menggunakan teknik ini. Namun, sebelum membuat patung, kami sebagai seniman harus membuat cetakan terlebih dahulu. Beli cetakan atau buat sendiri.

Untuk membuat patung lebih unik, Sedulur harus membuat cetakannya sendiri. Teknik ini menggunakan zat cair yang membeku. Bisa menggunakan adonan tapioka atau semen. Fokus dari teknik ini adalah proses pencetakan itu sendiri.

Teknik Cetak

Bentuk Bentuk Seni Patung

Teknik pencetakan untuk memahat dapat menggunakan bahan yang lembut; sebenarnya identik dengan teknik casting yang membutuhkan cetakan. Namun, dalam teknik pencetakan, adonan yang digunakan seringkali berupa bahan yang lembut dan tidak terlalu keras.

Selain itu, dalam teknik pencetakan, sentuhan akhir, seperti ukiran atau amplas, sering diterapkan. Teknik ini sering menghasilkan karya seni yang tidak unik karena didasarkan pada cetakan umum dan dapat digunakan secara luas untuk alasan non-eksklusif.

Teknik Modeling

Biasanya, tanah liat digunakan sebagai bahan dan teknik pembuatan patung ini. Sebuah model harus dibuat menggunakan teknik ini sebelum patung dapat dibuat.

Biasanya, dengan teknik ini, model dituangkan ke dalam sketsa. Dengan menggunakan bahan plastik seperti tanah liat atau plastisin, teknik pemodelan berbeda dari teknik pengecoran dan pencetakan pada bahan yang digunakan untuk membuat patung.

Biasanya, teknik ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan interior rumah atau tempat kerja. Banyak ruangan memiliki patung yang sering dibuat menggunakan teknik pemodelan.

Teknik Membentuk

Teknik pembuatan patung semacam ini dijelaskan dengan cara pembuatannya; biasanya, teknik ini menggunakan bahan seperti tanah liat.

Teknik ini membutuhkan presisi dan kondisi emosional yang intens untuk dieksekusi. Sebagai artis papan atas, kepekaan dan insting sangat dibutuhkan.

Biasanya, teknik ini menghasilkan hasil yang efektif dan berkualitas tinggi. Teknik ini menghasilkan hasil berkualitas tinggi karena presisi dan tingkat kesulitannya.

Banyak pecinta seni dan kolektor patung mencari patung yang dibuat menggunakan metode pembentukan. karena detailnya jelas dan bagus.

Teknik Butsir

Teknik grain digunakan untuk membuat patung dari bahan yang lembut. bahan dengan luka, seperti tanah liat atau plester. Teknik ini melibatkan penambahan atau penghapusan bahan dari fondasi patung untuk membuat patung yang benar-benar menarik.

Serupa dengan teknik lainnya, teknik grain membutuhkan perhatian ekstra dan perhatian terhadap detail. Setelah patung dipahat, seringkali dijemur sampai benar-benar padat.

Setelah patung mengeras, Sedulur dapat menambahkan sentuhan akhir dengan menyemprot patung dengan cat atau pernis agar lebih cantik. Selain itu, eksteriornya akan kokoh dan sangat menyenangkan.

Alat Pembuatan Patung

Aliran Seni Patung

Lima item berikut dapat digunakan untuk membuat patung:

  1. Butsir adalah alat untuk membuat patung kayu dan kawat.
  2. Meja putar adalah meja bundar yang dapat diputar; itu termasuk fitur yang membuatnya lebih mudah untuk memanipulasi bentuk dari sudut yang berbeda.
  3. Pahat adalah alat untuk memahat, mengurangi, atau membentuk batu, kayu, dan bahan keras lainnya.
  4. Sendok pengaduk adalah alat yang digunakan untuk mengambil adonan dan menyambungkannya ke rangka patung.
  5. Alat las listrik/karbida.

Cara Pembuatan Patung

Setelah persiapan alat dan bahan, tahap selanjutnya adalah membuat patung. Jika tanah liat yang digunakan terlalu lunak, plastisin dapat diganti. Ikuti langkah-langkah berikut!

  1. Simpan tanah liat di meja.
  2. Tambahkan air secukupnya.
  3. Bentuklah tanah seperti balok atau tabung dengan memijatnya.
  4. Gunakan sudip untuk membuat pola mata, hidung, dan sebagainya.
  5. Perhalus dan sempurnakan dengan menggunakan teknik butsir.
  6. Apabila sudah selesai, jemur di bawah sinar matahari.

Membuat patung tanah liat membutuhkan sedikit alat dan perlengkapan. Langkah-langkahnya langsung. Namun, untuk membuat patung yang ideal, perhatian harus diberikan pada pembuatannya.

Kesimpulan

Itu dia adalah daftar teknik pembuatan serta jenis, bentuk, dan alur dari patung itu sendiri. Penjelasan ini akan membantu Sedulur lebih memahami ranah seni. Sehingga ketika kamu menyukainya, Sedulur dapat lebih memahaminya. Penjelasan di atas harus menjadi sumber ide bagi kamu.

Tombol kembali ke atas