Advertisement

Pola Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Online

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai pola interaksi pembelajaran online yang perlu kamu ketahui dan pahami apa itu pola interaksi pembelajaran online? Yuk simak artikel dibawah ini.

Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan ikatan interpersonal dalam kehidupan sehari-hari. Hubungan ini ada karena manusia saling membutuhkan untuk memenuhi kebutuhannya.

Karena orang tidak dapat diisolasi satu sama lain dan tidak dapat menyelesaikan tugas sendiri. Sifat manusia terikat dengan munculnya komunikasi dengan individu lain. Komunikasi terjadi sebagai hasil dari saling ketergantungan kamu melalui interaksi.

Kamu yang sehari-hari bekerja sebagai guru perlu tahu bagaimana menggunakan berbagai model pembelajaran dan jenis e-learning selama musim pandemi ini.

Selain itu, kamu harus mampu menyusun pola interaksi pembelajaran online yang efektif agar siswa kamu tidak bosan dengan pembelajaran yang monoton. Dan kamu akan cepat lelah.

Pengertian Interaksi

Pengertian Interaksi

Interaksi adalah proses berkomunikasi untuk saling memengaruhi dalam pikiran dan tindakan. Seperti kami ketahui, bahwa manusia dalam kehidupan sehari-hari tidaklah lepas dari hubungan satu dengan yang lain.

Ada beberapa pengertian interaksi sosial yang ada di lingkungan masyarakat, di antaranya; Menurut H. Booner dalam bukunya, sosial psychology, memberikan rumusan interaksi sosial, bahwa: “interaksi sosial adalah hubungan antara dua individu atau lebih, dimana kelakuan individu yang satu memengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakuan individu lain atau sebaliknya.”

Menurut Gillin and Gillin yang menyatakan bahwa “interaksi sosial adalah hubungan-hubungan antara orang-orang secara individual. Antarkelompok orang, dan orang perorang dengan kelompok.” (Setiadi dan Usman, 2007: 90-91)

Jadi, interaksi pada dasarnya adalah suatu mata rantai antara dua orang atau lebih atau kelompok, yang kehadirannya dapat saling mempengaruhi dan mengubah yang jahat menjadi baik atau yang baik menjadi jahat.

Pola didefinisikan sebagai “gambar, pola, model, sistem, teknik kerja, bentuk, dan struktur” dalam kamus bahasa Indonesia.

Sementara interaksi mengacu pada objek yang melakukan tindakan satu sama lain, menghubungkan, memberikan pengaruh, dan ada di antara hubungan, Jika kata itu dikaitkan dengan “interaksi”, itu bisa berarti bahwa.

Pola interaksi adalah cara paling penting bagi orang untuk berbicara satu sama lain atau antara orang dan kelompok, atau antara kelompok dan orang, dengan saling memberi apa yang kamu inginkan atau butuhkan untuk mencapai tujuan kamu.

E-learning dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Ada beberapa prosedur KBM yang dapat dilakukan secara online. Berikut beberapa metode yang sering digunakan oleh para pendidik:

  1. KBM mencakup media interaktif komputer, yaitu penggunaan layanan internet.
  2. Menggunakan metode “campuran”, di mana sebagian proses pembelajaran sudah menggunakan komputer tetapi masyarakat masih perlu bertemu langsung untuk tutorial atau membicarakan materi pembelajaran.
  3. E-learning online telah menggantikan pembelajaran tatap muka dalam keseluruhan proses belajar mengajar. Paradigma ini diciptakan untuk menekankan pembelajaran berbasis sumber daya, yang sering dikenal sebagai pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Melalui pola interaksi pembelajaran online ketiga ini, siswa akan mengakses materi pelajaran dari rumah kamu menggunakan komputer kamu sendiri dan perangkat elektronik lainnya.

Salah satu manfaat pembelajaran metode ini adalah memberikan kebebasan lebih kepada siswa untuk menemukan materi pembelajaran sendiri.

Selain itu, kemampuan komunikasi murid meningkat secara substansial. Karena fitur aplikasi pembelajaran online yang memungkinkan untuk berkomunikasi, model ini memungkinkan siswa dan guru untuk memiliki banyak kontak satu sama lain.

Perubahan Budaya Belajar

Secara tidak langsung, paradigma pembelajaran online telah mengubah perilaku belajar dalam kerangka proses pembelajaran. Di antara banyak lainnya:

  1. Siswa harus dapat menemukan materi sendiri, memotivasi diri sendiri, dan melacak waktu kamu.
  2. Guru juga harus memperoleh pengetahuan dan kemampuan yang diperlukan untuk memfasilitasi pembelajaran online.
  3. Semua pemangku kepentingan harus menawarkan sumber daya atau infrastruktur yang diperlukan untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran.
  4. Kehadiran pengurus yang akan memastikan semua materi dan fasilitas pembelajaran terkelola dengan baik.

Kompetensi Guru Untuk Pembelajaran Interaktif & Efektif

Selain itu, penggunaan aplikasi e-learning telah mendorong siswa dan guru untuk memperluas pengetahuan kamu tentang sistem e-learning. Agar pembelajaran online menjadi sukses dan interaktif, guru harus memiliki setidaknya tiga keterampilan inti:

E learning dalam Kegiatan Belajar Mengajar

  1. Guru perlu tahu bagaimana membuat rencana pelajaran yang sehat secara pedagogis dan menambahkannya ke program pembelajaran online.
  2. Guru perlu mengetahui bagaimana menggunakan teknologi pembelajaran yang sedang digunakan sehingga setidaknya konten yang kamu tawarkan saat ini dan baik.
  3. Pengajar harus benar-benar memahami materi yang diajarkan.

Di masa pandemi saat ini, bukan tidak mungkin untuk membuat pola interaksi pembelajaran online yang sukses dan efektif jika kamu tahu cara menangani tiga hal ini.

Pola Interaksi Pembelajaran Online yang Efektif

Taktik yang efektif untuk pola interaksi pembelajaran online harus meningkatkan asupan informasi siswa. Selain itu, tujuannya adalah untuk merangsang keterlibatan aktif, mengembangkan budaya belajar mandiri, dan meningkatkan kualitas konten yang diajarkan.

Selain itu, kemampuan instruktur untuk menampilkan materi yang memanfaatkan perangkat teknologi informasi harus ditingkatkan. Dan bagaimana memperluas jangkauan ruang dan waktu belajar-mengajar dengan memanfaatkan Internet untuk mempromosikan pencapaian tujuan pendidikan nasional.

Beberapa cara dapat digunakan untuk mencapai tujuan mulia ini:

Materi Penunjang Diserati Contoh yang Spesifik

Ketersediaan konten merupakan faktor yang harus diperhatikan selama pembuatan aplikasi pembelajaran online. Konten yang dipamerkan harus memfasilitasi transmisi informasi yang efisien. Ini bukan hanya demonstrasi estetika, melainkan penerapan langsung keindahan dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, kamu dapat langsung menampilkan video yang mempelajari cara mengatur barang di pasar kecil jika topiknya adalah cara mengatur barang. Atau, kamu bisa menggunakan animasi tiga dimensi untuk menunjukkan cara membuat barang yang diperdagangkan.

Gunakan Teknik-Teknik Belajar Interaktif

Jika diaktifkan dengan fitur tambahan, proses KBM akan sangat interaktif. Guru juga dapat menggunakan pola pembelajaran dinamis, seperti pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing.

Guru juga harus menumbuhkan lingkungan dialogis yang sesuai dengan menggunakan berbagai cara online. Sehingga pola interaksi pembelajaran online dua arah yang efektif antara siswa dan guru dapat terjalin.

Teknik Evaluasi

Sebagai alat untuk mengukur perkembangan hasil belajar siswanya, sebagian besar guru mau tidak mau suatu hari nanti ingin melakukan penilaian harian. Jadi, dalam pembelajaran online, penting untuk fokus pada jenis penilaian yang paling cocok untuk siswa yang berada di rumah.

Dan salah satu yang paling penting adalah data digital dari hasil pembelajaran didokumentasikan dan disimpan dengan benar dan aman. Dengan cara ini, kemajuan peningkatan hasil belajar siswa dapat ditinjau secara berkala.

Pentingnya Menyusun Pola Pembelajaran Online

Pola pembelajaran online harus dibangun dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Menentukan tujuan pembelajaran.
  2. Identifikasi sumber daya yang diperlukan, termasuk alat online apa pun.
  3. Agar semua peserta pembelajaran online berkonsentrasi pada tujuan pembelajaran yang sama. Keempat, menentukan efikasi belajar yang dapat ditarik dari hasil pengukuran.

Berikut ini adalah langkah-langkah merumuskan pola pembelajaran online:

Analisis

Diantara unsur-unsur yang perlu dianalisis adalah kebutuhan organisasi atau sekolah. Dalam pandemi ini, pembelajaran online memiliki pengaruh menguntungkan yang signifikan. Selanjutnya, kesiapan infrastruktur dan sumber daya manusia yang akan mengikuti proses pembelajaran harus dievaluasi.

Perencanaan

Perencanaan dan pengembangan harus dilakukan untuk jaringan atau network, sistem manajemen pembelajaran, sumber daya, dan manajemen kelas.

Pelaksanaan

Pada titik ini, penting untuk mengamankan koordinasi tidak hanya siswa dan guru tetapi juga pemangku kepentingan.

Sebagai penyelenggara pendidikan swasta, termasuk koordinasi orang tua dengan pihak sekolah atau yayasan. Dengan demikian, dengan koordinasi yang efektif, semua fungsi pembelajaran secara efisien dan menerima pengakuan formal.

Evaluasi

Evaluasi dimaksudkan agar tingkat keberhasilan dapat ditentukan setelah pelaksanaan program pembelajaran. baik dalam hal keberhasilan dalam meningkatkan prestasi siswa dan kemahiran dalam prosedur pembelajaran online.

Perubahan Budaya Belajar

Penguatan Pola Interaksi Proses Pembelajaran

Interaksi maksimal antara guru dan siswa berdampak signifikan terhadap tingkat keberhasilan pembelajaran online. dan di antara siswa lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun pola pembelajaran yang aktif dan interaktif.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih aplikasi alternatif yang mendorong interaksi antar kelompok dan menempatkan penekanan pada kegiatan belajar siswa. Selain itu, kemampuan dukungan iklan diperlukan.

Kesimpulan

Dalam e-learning, Pola interaksi adalah cara yang paling penting bagi orang untuk berbicara satu sama lain. E-learning online telah menggantikan pembelajaran tatap muka dalam keseluruhan proses belajar mengajar.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas