Menulis Untuk Peradaban Bukan Untuk Angka Kumulatif

ADVERTISEMENT

www.rancakmedia.com – Pelatih yang cuman mencari angka kumulatif untuk mengurus kedudukan fungsional sedikit bermanfaat untuk masyarakat. Jadi dosen semacam itu harus dijauhi. Jadilah dosen yang mengikat ilmunya dengan menulis buku.

Dosen yang menulis buku sudah menulis riwayat untuk perkembangan ilmu dan pengetahuan.
Dr. Hal itu dikatakan Hayat pada seminar-online “Penulisan Buku” Aspikom Jawa barat pada Rabu, 23 Maret 2021.
Pengarang 50 judul dalam buku ini menjelaskan jika dosen harus bekerja membuat peradaban dan karena itu tidak boleh cuman lakukan pekerjaan administrasi.

“Menulis buku ini berpengaruh pada peradaban dan berguna besar untuk warga,” kata Hayat yang memegang sebagai direktur Unisma Press.

Seminar Online

Seminar-online yang dituruti seputar 700 peserta itu lewat kanal YouTube ini ditampilkan oleh Ketua Federasi Pengajaran Tinggi Pengetahuan Komunikasi (Aspikom) Korwil Jawa Barat, Dr. Ani Yuningsih, dibuka.

Ani menjelaskan, buku sebagai peninggalan ilmu dan pengetahuan untuk angkatan penerus yang tidak lekang oleh waktu. Buku jadi tonggak perubahan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat sebagai referensi bermacam kebutuhan .

Misalkan, kata Ani, pengetahuan komunikasi. Bila tidak ada penulis yang menulis perubahan pengetahuan komunikasi jadi tidak bakal ada perubahan pengetahuan komunikasi untuk didalami selanjutnya sampai sekarang ini.

Karena itu, Aspikom benar-benar berminat untuk memberi tuntunan dan suport ke anggotanya saat menulis buku agar terbentuk buku-buku baru sebagai tonggak perubahan pengetahuan.

Diadakan oleh Seksi Riset Dedikasi dan Peningkatan Aspikom Jawa Barat, seminar-online penulisan buku ini diadakan lewat cara online lewat sarana seminar-online Pemikiran Rakyat Media dengan peserta dari semua Indonesia.

Ketua panitia acara, Dr. Rismawaty menjelaskan seminar-online sebagai aktivitas pertama di jalurnya semenjak dikukuhkan. Rismawaty mencuplik kalimat Pramoedya Ananta Toer: “Mereka yang tidak menulis akan raib dari riwayat.”

Disamping itu, seminar-online ini direncanakan untuk menulis Untuk Peradaban, menggerakkan beberapa pengajar pengetahuan komunikasi supaya lebih tingkatkan kekuatannya saat menulis buku berkualitas tinggi.

Arah dari seminar-online ini ialah beberapa peserta yang sudah mendaftarkan untuk training bookmaker, yang sudah sukses hasilkan kreasi berbentuk monograf, buku text dan kreasi rujukan dalam enam bulan di depan dan siap menolong.

Mencatat peradaban aktivitas ini berkaitan dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2009 mengenai Guru dan Dosen, Pasal 45 mengenai Pekerjaan dan Tanggung Jawab Dosen yakni Pengajaran dan Edukasi, Riset dan Dedikasi ke Warga. ***.

Related Articles

Back to top button