Advertisement

Apa Pengertian Teknik Analisis Data dan Tujuan Serta Jenis nya

Rancakmedia.com – Mari kita mengenal tentang pengertian teknik analisis data agar kamu dapat memahaminya secara detail, silakan simak artikel dibawah ini yang telah kami sediakan.

Teknik analisis data adalah cara mengubah data menjadi jenis informasi tertentu. Saat melakukan riset, kamu perlu mengevaluasi data yang kamu miliki agar lebih mudah dipahami oleh konsumennya. Selain itu, analisis data ini juga penting agar kamu mendapatkan jawaban atas berbagai tantangan penelitian yang sedang dikerjakan.

Mungkin kamu saat ini tidak fasih dengan metodologi penelitian atau pendekatan analisis data yang berbeda. Analisis data merupakan salah satu langkah penting dalam penelitian. Analisis data dilakukan tentunya untuk memperoleh penjelasan tentang penelitian yang telah dilakukan.

Seiring berjalannya waktu dan kami melakukan pekerjaan yang berbeda, kami lebih mungkin menemukan beberapa kata penelitian ini. Bahkan, kamu mungkin secara pribadi terlibat dalam penelitian sesudahnya. Untuk saat ini, tidak ada salahnya mempelajari dasar-dasar analisis data.

Memahami Pengertian Teknik Analisis Data

Analisis data adalah teknik mengolah data dan informasi ke dalam proses penelitian. Kemudian data tersebut akan dimanfaatkan sebagai temuan penelitian atau informasi segar. Analisis data diperlukan untuk mengetahui apakah informasi yang dikumpulkan benar, yang akan mempermudah langkah selanjutnya.

Memahami Pengertian Teknik Analisis Data

Saran Ahli tentang Teknik Analisis Data

Pengertian tentang teknik analisis data menurut beberapa ahli, sebagai berikut:

Lexy J. Moleong

Menurutnya, teknik analisis data adalah suatu kegiatan untuk memeriksa yang berasal dari instrumen penelitian, seperti dokumen, catatan, rekaman, dan lain sebagainya di dalam suatu penelitian.

Spradley

Analisis data adalah suatu kegiatan yang terkait dengan pengujian di dalam bagian-bagian penelitian, yang bertujuan untuk mencari pola tertentu.

Qomari

Analisis data adalah suatu kegiatan untuk mengolah dan menyajikan data untuk menjawab permasalahan yang sedang diteliti.

Bogdan

Teknik analisis data adalah proses sistematis untuk mencari dan menyusun data yang didapat dari dokumentasi, wawancara, dan lain sebagainya ke dalam suatu kategori.Menyusun dalam hal ini adalah memilah mana yang penting dan juga membuat kesimpulan.

Tujuan Teknik Analisis Data

Tujuan analisis data antara lain untuk:

  1. Menguraikan data agar mudah dipahami.
  2. Memperoleh informasi dari penelitian yang akan digunakan untuk menarik kesimpulan yang sesuai dengan data yang dikumpulkan.
  3. Memahami bagaimana seseorang memaknai suatu fenomena.
  4. Mendapatkan penjelasan mengenai suatu peristiwa tertentu.
  5. Mendapatkan alasan mengapa seseorang melakukan tindakan tertentu.

Macam-Macam Teknik Analisis Data

Pendekatan analisis data dapat diklasifikasikan sebagai kuantitatif atau kualitatif berdasarkan temuan penelitian. Berikut penjelasannya:

Macam MacamTeknik Analisis Data

Teknik Analisis Data Kuantitatif

Data kuantitatif adalah data yang sifatnya numerik atau dapat dihitung karena berbentuk angka statistik. Informasi kuantitatif dikumpulkan melalui penggunaan data survei, seperti kuesioner. Sebagai hasil dari data dalam bentuk numerik, model matematika atau statistik juga digunakan dalam teknik analisis. Ada dua macam teknik analisis kuantitatif:

Analisis Deskriptif

Analisis deskriptif dilakukan dengan mempelajari rekam jejak data di masa lalu untuk memperoleh suatu hasil penelitian. Teknik penggambaran ini sering digunakan jika sejumlah besar data penelitian, seperti data dari sensus, sedang dipelajari.

Analisis Inferensial

Teknik analisis inferensial adalah cara pengolahan data menggunakan alat statistik. Biasanya, perhitungan menggunakan teknik statistik dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS untuk memperoleh temuan. Ketika penelitian lebih lanjut dilakukan di masa depan, hasil perhitungan akan digunakan sebagai titik awal.

Teknik Analisis Data Kualitatif

Data kualitatif merupakan antitesis dari data kuantitatif. Jadi, data yang dikumpulkan berupa data non-numerik, atau data yang bukan angka. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara dan observasi sehingga data yang diperoleh lebih bersifat deskriptif terhadap suatu fenomena.

Ada berbagai strategi yang dapat digunakan untuk mengolah data kualitatif, antara lain:

Analisis Wacana

Analisis wacana dapat dilakukan dengan mengamati bagaimana individu berkomunikasi satu sama lain dalam setting teknik. Analisis wacana berusaha untuk mengetahui pola-pola yang ada dalam suatu kegiatan komunikasi.

Analisis Naratif

Dalam analisis naratif, biasanya melihat hal-hal seperti titik plot dan motivasi karakter untuk mencari tahu apa yang terjadi dalam sebuah cerita. Metode analisis naratif ini dapat digunakan baik di dalam maupun di luar organisasi sebagai bagian dari pekerjaannya.

Analisis Konten

Analisis konten adalah teknik analisis kualitatif yang berfokus pada mempelajari data dalam konteks tertentu. Pengaturan tertentu dalam skenario ini, seperti budaya di dalam kelompok atau orang, Transkrip, rekaman, dan kaset video, di antara sumber-sumber lain, digunakan untuk menyusun analisis konten ini.

Model Teknik Analisis

Ketika datang ke analisis data, ada dua model utama yang perlu dipertimbangkan:

Model Teknik Analisis

Induktif

Model induktif adalah prosedur pengolahan data yang dilakukan secara bertahap, dimulai dengan memperoleh fakta dan kemudian memodifikasinya agar sesuai dengan teori yang telah diputuskan.

Untuk menghindari kemungkinan gangguan data, perlu memiliki fakta yang dapat diandalkan. Pemeriksaan masalah sosial terkait erat dengan model induktif.

Salah satu keterbatasan data induktif ini adalah pencarian data mungkin sering terjadi karena membutuhkan data yang benar-benar sesuai dengan hipotesis.

Deduktif

Model deduktif adalah analisis data yang dilakukan dari tahap teoritis ke tahap identifikasi fakta selanjutnya. Dengan kata lain, pendekatan ini merupakan antitesis dari model induktif.

Teknik Menganalisis Data

Ada berbagai tindakan yang dapat dilakukan untuk memproses data. Langkah-langkah yang harus diikuti antara lain:

Pengumpulan Data

Mengumpulkan data-data penting tentunya menjadi salah satu tugas yang harus dilakukan. Tahap berikutnya dalam penelitian tidak dapat diselesaikan dan tidak ada hasil yang dapat diperoleh jika tidak ada data yang dikumpulkan.

Penyuntingan

Editing adalah proses untuk memastikan bahwa semua data yang dikumpulkan sesuai dengan definisi studi tentang masalah.

Pengkodean

Coding atau pengkodean adalah proses mengubah data mentah menjadi simbol atau tanda yang bermakna yang dapat digunakan dalam analisis lebih lanjut. Pengkodean memiliki dua tujuan: untuk mempercepat langkah selanjutnya dan membuat langkah saat ini lebih mudah.

Tabulasi

Input adalah langkah mengumpulkan dan menyajikan data yang telah dikumpulkan sesuai dengan tujuan penelitian. Dengan kata lain, tahap tabulasi ini adalah tahap menginput data yang telah dicatat ke dalam sebuah tabel.

Analisis Data

Menganalisis data datang berikutnya, setelah proses pengolahan telah selesai. Analisis ini dilakukan untuk memahami data dengan jelas. Data ini dianalisis sesuai dengan teknik penelitian, baik kualitatif maupun kuantitatif dalam analisis.

Angka statistik digunakan untuk menunjukkan informasi kuantitatif yang tidak ditulis tetapi diberikan dengan cara yang berbeda, seperti melalui percakapan.

Penafsiran Data

Analisis terakhir adalah menentukan bagaimana memahami data yang dikumpulkan. Apapun hasil datanya, baik secara statistik maupun kualitatif, data yang diberikan berupa kalimat penutup yang dapat dipahami oleh pembaca. Tak perlu dikatakan bahwa data harus ditafsirkan berdasarkan data analisis sebelumnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pemilihan Teknik Analisis Data

Saat memilih teknik analisis data, ingatlah empat poin ini:

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pemilihan

Memahami karakteristik dari penelitian

Salah satu aspek terpenting dari setiap proyek penelitian adalah memiliki gambaran yang jelas tentang apa sebenarnya masalah yang dihadapi. Dengan memahami fitur-fitur ini, kita dapat memprediksi bagaimana teknik analisis akan dipilih.

Mengetahui Data yang Didapat

Untuk memilih teknik analisis, peneliti harus terlebih dahulu menentukan bagaimana data akan dikumpulkan.

Karakter Populasi

Agar teknik analisis dapat terfokus, kamu juga perlu mengetahui orang seperti apa yang ada dalam populasi.

Banyaknya Variabel

Pemilihan metodologi analisis data juga harus memperhatikan jumlah variabel yang digunakan dalam penelitian. Karena banyaknya variabel juga dapat mempengaruhi teknik analisis. Misalnya, dua variabel akan bervariasi lebih dari dua variabel.

Kesimpulan

Analisis data adalah teknik mengolah data dan informasi ke dalam proses penelitian. Tujuan analisis data antara lain untuk mendeskripsikan data agar mudah dipahami.

Pendekatan analisis data dapat diklasifikasikan sebagai kuantitatif atau kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang sifatnya numerik atau dapat dihitung karena berbentuk angka statistik.

Demikian artikel tentang mengenal pengertian teknik analisis data, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan berguna untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas