Advertisement

Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri Disekolah

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai implementasi kurikulum merdeka disekolah yang perlu kamu ketahui tindak lanjut peluncuran merdeka belajar. Yuk simak artikel dibawah ini.

Kurikulum merdeka dan pencanangan Platform Merdeka Mengajar (PMM) oleh Menteri Pendidikan dan Teknologi pada 11 Februari 2022 dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Teknologi No. 56/ M/2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui.

Implementasi Kurikulum Merdeka

Implementasi Kurikulum Merdeka

Implementasi mandiri kurikulum merdeka memberikan pilihan bagi satuan pendidikan. Oleh karena itu, satuan pendidikan membutuhkan bantuan pada tahun ajaran 2022/2023 untuk merealisasikan kurikulum pilihannya.

Ini adalah upaya untuk memulihkan pembelajaran. untuk menyediakan menu dari tiga pilihan kurikulum yang mungkin: Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat atau Kurikulum Merdeka pendidikan.

Cara Implementasi Kurikulum Merdeka

Ada cara bagi satuan pendidikan yang ingin menggunakan Kurikulum Merdeka untuk melakukannya.

Satuan pendidikan dapat memilih kategori belajar mandiri. Di sini satuan pendidikan menggunakan beberapa komponen dan gagasan Kurikulum Merdeka dengan tetap menggunakan Kurikulum 2013 atau ringkasan Kurikulum 2013/Kurikulum Darurat.

Pertama

Kurikulum merdeka akan dilaksanakan dengan memanfaatkan sumber daya pengajaran PMM untuk PAUD kelas 1, 4, 7 dan 10 mulai tahun ajaran 2022/2023 bagi satuan pendidikan yang memilih kategori pendidikan mandiri.

Untuk satuan pendidikan yang memilih kategori berbagi mandiri, satuan pendidikan menggunakan kurikulum merdeka dengan membangun sendiri bahan ajar yang bervariasi di satuan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10 mulai tahun ajaran 2022/2023.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Pengkajian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No.034/H/KR/2022 tentang Satuan Pendidikan Dalam Penyelenggaraan Kurikulum Merdeka Tahun 2022/2023 memiliki daftar satuan pendidikan yang akan menerapkan penerapan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023.

Mulai 29 Juni hingga 5 Juli 2022, satuan pendidikan dapat melakukan penyesuaian kategori yang digunakan dengan mengunjungi http://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id

Kedua

Dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan enam taktik yang ditujukan untuk membangun komunitas belajar bagi pendidik dan satuan pendidikan.

Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah media untuk mengakses secara bebas Pelatihan Kurikulum Merdeka, yang terdiri dari buku teks dalam bentuk digital, perangkat pembelajaran, dan dokumentasi yang terkait dengan Kurikulum Merdeka.

Dalam kaitannya dengan Kurikulum Merdeka, tidak ada jenjang pendidikan atau pelatihan. Pusat dan Wilayah dapat menyelenggarakan seri webinar untuk lebih memahami Kurikulum Independen.

Berbagai platform informasi Kementerian Pendidikan dan Teknologi, termasuk media sosial, PMM, grup Telegram, dan saluran komunikasi lainnya, menyediakan akses ke informasi webinar.

Di tingkat pendidikan, regional, dan komunitas jaringan kami, kami memberdayakan komunitas belajar. Komunitas belajar bersifat inklusif atau tersedia untuk semua pendidik, tidak tergantung pada pilihan kategori untuk menerapkan Kurikulum Merdeka secara mandiri.

Komunitas belajar dapat dikembangkan bersama dengan sekolah pelaksana Program Sekolah Mengemudi atau SMK Pusat Unggulan, komunitas belajar guru mengemudi, atau komunitas belajar lain yang ada (KKG, KKKS, MGMP, MKKS, PKG, dll) atau lainnya.

Komunitas belajar PMM berfungsi sebagai tulang punggung komunitas pembelajaran online. Menyediakan narasumber untuk mendiskusikan contoh-contoh keteladanan Implementasi Kurikulum Merdeka yang telah disetujui oleh pusat yang dapat dijangkau melalui PMM sebagai sumber inspirasi

kami bekerja sama dalam sebuah proyek dengan pihak ketiga. UPT Kemendikbudristek akan mengirimkan update ke Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atas nama masing-masing mitra pembangunan.

Cara Implementasi Kurikulum Merdeka

Pusat Layanan Bantuan (Helpdesk) disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di nomor WhatsApp 081281435091.

Ketiga

Peran vital Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam membantu dan mengawasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka di berbagai daerah.

Guru dan pengawas, serta mitra atau lembaga pengembangan, dapat membentuk tim atau kelompok kerja untuk menerapkan Kurikulum Merdeka di wilayah kamu masing-masing.

Semua unit pembelajaran dapat memperoleh manfaat dari cara kamu mendorong pembelajaran aktif, yang kamu lakukan.

id akun, unduh dan manfaatkan PMM (baik melalui program atau https://guru.kemdikbud.go.id/website).

Tugas kamu untuk memastikan sumber pengajaran dan penilaian PMM yang ada dapat diakses dan dimengerti oleh semua pendidik, satuan pendidikan, dan supervisor/supervisor.

Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dapat menggunakan uang BOS/BOP untuk memesan buku ajar cetak jika lembaga pendidikan menghendakinya (jika buku ajar cetak dipilih oleh lembaga pendidikan).

Sebelum minggu ketiga Oktober 2022, kamu harus menyetujui perubahan RKAS satuan pendidikan. Menginspirasi pendidik untuk menggunakan PMM dan pedoman untuk mengeksplorasi Kurikulum Merdeka di dalam dan di seluruh satuan pendidikan, juga.

Kamu harus menggunakan enam cara untuk menerapkan Kurikulum Merdeka, tetapi kamu dapat menambahkan lebih banyak di setiap bidang jika perlu.

Disarankan juga agar lebih banyak membantu dalam penerapan Kurikulum Merdeka, baik untuk satuan pendidikan yang aksesnya terbatas maupun untuk kegiatan masyarakat belajar, serta bantuan lain yang diperlukan agar Kurikulum Merdeka dapat diterapkan di memiliki.

Keempat

Satuan pendidikan yang ingin menggunakan Kurikulum Merdeka sendiri harus bersiap-siap. Kamu (unit pendidikan) menetapkan tahap awal yang diperlukan dan mengomentari keberhasilan proses ini.

Instrumen refleksi dapat diakses di http://kurikulum.gtk.kemendikbud.go.id yang dapat diakses mulai 29 Juni 2022 hingga 5 Juli 2022. Pada fase refleksi ini, kamu dapat merevisi pilihan kategori pelaksanaan.

Untuk menerapkan Kurikulum Merdeka, pembelajaran atau membangun komunitas belajar sangat penting. Guru dan satuan pendidikan kamu dengan infrastruktur terbatas dapat menyesuaikan penerapan Kurikulum Merdeka untuk memenuhi kesiapan kamu.

Pendidik yang siap adalah kamu yang ingin mempelajari keterampilan baru dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang berpusat pada siswa dan layanan yang kamu tawarkan.

Pengelola dan pendidik pendidikan mengaktifkan unit Learning.id melalui https://learning.id/# cara-activation; PMM diunduh dari Play Store atau diakses melalui https://guru.kemdikbud.goid/ dan Kurikulum Merdeka dipelajari melalui modul Self-Training di PMM.

Rekomendasi kegiatan pembelajaran di PMM dengan komunitas belajar dapat dilihat di PMM pada menu. Tentang kurikulum merdeka bagian: Implementasi Kurikulum Merdeka

Kamu menentukan instrumen pengajaran (alur tujuan pembelajaran, buku teks, modul pengajaran, dan/atau modul proyek untuk meningkatkan profil siswa Pancasila) yang akan digunakan untuk melaksanakan Kurikulum Merdeka.

Keputusan Implementasi Kurikulum Merdeka

Keputusan Implementasi Kurikulum Merdeka

Keputusan-keputusan yang perlu disepakati bersama antara lain:

  1. Mengembangkan perangkat pengajaran atau memanfaatkan contoh-contoh yang ditawarkan; dan
  2. Menggunakan buku teks digital atau fisik.

Terlepas dari kenyataan bahwa beberapa hasil pembelajaran telah direvisi, sumber pengajaran PMM tetap konsisten dengan versi terbaru dari hasil tersebut.

Aplikasi SIPLAH atau metode E-CATALOG dapat digunakan untuk pembelian buku cetak. Uang BOS Reguler/BOP/BOSDA/yayasan/mandiri atau sumber dana lainnya dapat digunakan untuk membeli buku ajar cetak.

Kamu dapat meningkatkan budaya belajar di antara instruktur melalui komunitas belajar. Semua pendidik harus berpartisipasi dalam proses pembelajaran implementasi kurikulum merdeka secara bersama-sama.

Alhasil, komunitas belajar satuan pendidikan menjadi wadah bagi para guru untuk berlatih menerapkan Kurikulum Merdeka. Buku Panduan Komunitas dan Mobilisasi Komunitas dari PMM adalah cara yang bagus untuk belajar tentang metode komunitas.

Pendidik menggunakan ujian formatif untuk mengukur kesiapan siswa untuk belajar dan sumber daya yang kamu butuhkan. Temuan penilaian digunakan untuk mengembangkan strategi implementasi untuk belajar mengajar.

Kesimpulan

Guru dan satuan pendidikan yang ingin menggunakan Kurikulum Merdeka sendiri harus bersiap-siap. kamu harus menggunakan enam cara untuk menerapkannya, tetapi dapat menambahkan lebih banyak di setiap area jika perlu.

Komunitas belajar PMM berfungsi sebagai wadah bagi para guru untuk berlatih menerapkan Kurikulum Merdeka. Demikian artikel ini semoga bermanfaat ya.

Tombol kembali ke atas