Advertisement

Ciri Utama Dari Komik Strip, Berikut Penjelasannya!

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri utama komik strip yang mungkin belum kamu ketahui apa itu komik strip. Komik strip adalah tipe yang hanya terdiri dari beberapa panel dalam sebuah gambar. Yuk simak artikel dibawah ini.

Salah satu contoh platform online untuk membaca cerita bergambar adalah Line Webtoon. Program dari Korea ini memiliki ratusan cerita bergambar yang dapat dipetik dan dibaca setiap hari.

Ada banyak komikus dari seluruh dunia yang tergabung dalam Line Webtoon, seperti Jepang, Indonesia, dan Thailand.

Pengertian Komik Strip

Pengertian Komik Strip

Jenis strip atau potongan adalah tipe yang hanya terdiri dari beberapa panel dalam sebuah gambar. Masih mungkin untuk menguraikan alur cerita lengkap dan substansi dari cerita grafis ini.

Keistimewaan komik strip adalah dibangun dengan menggunakan grafik yang cenderung sedikit. Ada banyak contoh di majalah dan surat kabar untuk anak-anak, seperti Harian Kompas dan Majalah Bobo.

Jenis-Jenis Komik

Setelah memahami apa itu komik dan keunikannya, berikut ini dapat dibuat kelompok berdasarkan cara pembuatannya:

Komik Strip

Komik strip, juga dikenal sebagai komik potong, adalah sejenis buku komik di mana gambar ditampilkan hanya dalam beberapa panel. Namun, komik strip tetap mencerminkan pengertian materi dan cerita secara keseluruhan.

Komik strip mudah didapat di surat kabar atau terbitan anak-anak seperti Majalah Bobo atau Harian Kompas. Komik strip dibuat menggunakan gambar dalam jumlah terbatas daripada gambar dalam jumlah besar.

Hal ini menyebabkan gaya komik ini tidak terlalu banyak mengungkapkan pikiran atau pesan. Komik strip mungkin berbicara tentang suatu peristiwa atau topik yang sedang dibicarakan oleh publik.

Komik Buku

Salah satu jenis komik yang paling populer adalah komik. Sesuai dengan namanya, komik adalah sejenis komik yang dibuat dalam bentuk buku. Plus, dalam satu buku komik, hanya satu keseluruhan cerita yang disertakan.

Buku komik sering dirilis dalam bentuk seri buku, dengan satu buku komik berisi puluhan hingga ratusan seri, beberapa di antaranya masih belum selesai. Ada komik yang menceritakan dari awal hingga akhir, tetapi ada komik lain yang hanya berjalan untuk beberapa masalah.

Komik Online

Komik online bisa dibilang sebagai komik yang paling banyak dibaca orang di dunia digital saat ini. Internet telah menyebabkan perubahan pada lingkungan komik. Padahal dulu, komik hanya bisa dibaca dengan membeli buku komiknya.

Namun, saat ini, banyak komik online tersebar di internet yang dapat dibaca. Orang-orang beralih dari membaca buku komik ke membaca komik internet karena biaya rendah dan ukurannya yang ringkas.

Meningkatnya minat pembaca komik online akhirnya mendorong para komikus besar untuk turun tangan mengembangkan diri membuat komik online. Webtoon Line, misalnya, muncul sebagai platform untuk membaca komik secara online.

Populer di kalangan penggemar membaca komik, webcomic Line ini tersedia dalam berbagai bahasa dan diperbarui setiap hari.

Aplikasi komik Korea Selatan ini memuat ratusan komik setiap harinya, dan kabarnya terdapat banyak komikus dari berbagai negara di dalamnya, seperti Korea Selatan, Jepang, Thailand, dan Indonesia.

Genre Komik dan Contohnya

Jenis Jenis Komik

Setelah kamu mengetahui arti, ciri, dan klasifikasi komik berdasarkan cara menggambarnya, Selanjutnya, kami akan menganalisis jenis komik berdasarkan genre komik.

Beberapa di antaranya adalah komik non-fiksi, komik fiksi ilmiah, komik superhero, dan komik misteri. Nah, berikut empat kategori komik berdasarkan genrenya:

Komik Non-Fiksi

Salah satu genre komik yang paling banyak dibuat sejauh ini adalah komik bergenre non-fiksi. Komik jenis ini hampir sama dengan buku nonfiksi lainnya, hanya saja komik ini menggunakan gambar untuk menyampaikan cerita bukan kata-kata.

Komik nonfiksi juga menampilkan cerita tentang pengalaman hidup atau kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang bersumber dari cerita nyata. Meski begitu, pendekatan naratif komik nonfiksi ini sangat berbeda dengan biografi komprehensif.

Komik non-fiksi lebih kaya dan lebih mudah diingat karena memiliki gambar dan kata-kata. Hal ini membuat cerita lebih menarik dan membuat pembaca lebih memahaminya. The Complete Persepolis, Fun Home, Maus: A Survivor’s Tale, dan lain sebagainya adalah contoh komik dengan unsur nonfiksi.

Komik Fiksi Ilmiah

Komik bergenre fiksi ilmiah berlatar masa depan atau memanfaatkan teknologi futuristik untuk menciptakan alam semesta baru. Perjalanan waktu, penjelajahan antargalaksi, dan pertemuan dengan kehidupan di luar bumi adalah tema umum dalam komik fiksi ilmiah.

Selain itu, subjek yang diangkat dalam komik fiksi ilmiah adalah masa depan umat manusia. Kekhawatiran masa depan paling sering mengandung dua hal, yaitu mengenai masa depan dunia manusia, yang sangat maju dan berkembang, atau bahkan masa depan dunia manusia, yang runtuh dan karena itu terancam punah.

Ada banyak karya fiksi ilmiah terkenal dan sangat dihormati yang tersedia secara online dan di tempat lain. Paper Girls, Saga, The Incal, dan komik fiksi ilmiah lainnya adalah contoh yang bagus.

Komik Superhero

Selanjutnya, salah satu jenis komik yang memiliki penjualan terbesar di pasaran adalah komik bertema superhero. Alasan mengapa komik bergenre superhero banyak diminati pembaca adalah karena grafisnya yang sangat indah.

Komik superhero hampir selalu menyertakan kekuatan atau senjata utama dalam cerita heroik dan karya seni yang sangat ramping. Maka tidak heran jika banyak orang yang sangat menyukai komik jenis ini.

Kebanyakan individu ingin menjadi pahlawan super yang mengalahkan kejahatan dengan segala cara. Karakter buku komik superhero hampir selalu menginspirasi pembaca untuk ingin menjadi superhero sendiri.

Banyak kemampuan manusia super yang dapat ditemukan dalam komik superhero, termasuk kemampuan untuk terbang, berlari dengan kecepatan cahaya, dan bahkan menembak jaring laba-laba.

Cerita buku komik menggambarkan dunia di mana setiap orang ingin menjadi pahlawan super, memerangi kejahatan dan menyelamatkan kota.

Plot adalah bentuk alur yang paling sering digunakan dalam komik superhero. Superman, Flash, Spider-Man, Batman, dan banyak pahlawan super lainnya terkenal dan mudah dilacak di toko buku komik.

Komik Misteri

Akhirnya, komik misteri adalah genre terkenal dengan banyak pembaca. Komik subgenre ini hampir selalu berhasil menarik perhatian pembaca dan menggugah rasa ingin tahu kamu.

Itu karena karakter dan percakapan yang digunakan di dalamnya akan membuat pembaca terus tertarik untuk memecahkan masalah sebenarnya dalam cerita.

Pembaca komik dalam cerita misteri ini akan didorong untuk berpartisipasi dalam menafsirkan dan mencoba memecahkan misteri yang disediakan dalam cerita yang kamu baca.

Ada beberapa judul komik bergenre misteri yang mudah ditemukan di pasaran, misalnya Blacksad, The Fade Out, My Favorite Thing Is Monsters, dan masih banyak lagi. Penggemar genre misteri tidak boleh melewatkan ketiga novel grafis ini.

Contoh Komik Indonesia

Makna, kualitas, dan jenis komik dapat disimpulkan dari pemahaman tentang bentuk dan genre kamu. Selanjutnya kami akan mengulas contoh komik yang pernah dibuat di Indonesia.

Beberapa di antaranya adalah komik tentang cerita legendaris seperti Si Buta dari Gua Hantu, Mahabarat, atau cerita tentang superhero Indonesia seperti Gundala, dan sebagainya. Nah, berikut ini lima contoh komik asli Indonesia yang cukup sukses di zamannya, di antaranya:

Genre Komik dan Contohnya

Komik Mahabharata

Kisah-kisah terbesar India kuno diceritakan dalam Mahabharata, sebuah buku komik. Komik ini dikembangkan oleh salah satu pelukis terhebat dari Indonesia, yaitu R.A. Kosasih.

Komik Mahabharata ini menyajikan cerita yang mengadu domba Pandawa Lima melawan Korawa dalam memperebutkan mahkota Hastinapura. Komik ini telah berhasil menerjemahkan cerita wayang menjadi sebuah komik yang sangat enak dibaca oleh anak-anak dan orang dewasa.

Komik Si Buta dari Gua Hantu

Ganeh TH, komikus ternama Indonesia, menciptakan komik Si Buta untuk Gua Hantu. Komik ini menggambarkan eksploitasi seorang pejuang nusantara yang mampu memukau ceritanya dengan eksploitasinya yang berani.

Pada akhir tahun 1970, komik Si Buta dari Gua Hantu diadaptasi ke layar kecil menjadi sebuah film aksi dengan judul yang sama.

Komik Benny dan Mice

Benny and Mice awalnya berbentuk komik strip atau comic strip. Nama komiknya, Benny & Mice, merupakan nama dari dua pengarang komik tersebut, yaitu Benny Rachmadi dan Muhammad “Mice” Misrad.

Koran Harian Kompas adalah surat kabar yang memuat komik Benny and Mice setiap minggunya. Komik Benny and Mice menggambarkan kisah warga kota Jakarta.

Komik Gundala

Gundala Comics adalah komik yang menampilkan genre superhero asli Indonesia. Komik ini merupakan salah satu karya komikus bernama Hasmi atau lebih dikenal dengan Harya Suraminata.

Gundala Putra Petir adalah komik pertama yang menampilkan karakter Gundala. Kata Jawa Gundolo, yang berarti kilat, adalah etimologi dari nama Gundala.

Komik Put On

Sebagai catatan akhir, komik Kho Wang Gie Put On adalah salah satu komik paling awal dalam sejarah komik Indonesia. Komik yang aslinya dicetak dalam Alquran Sin Po pada tahun 1931 ini merupakan komik yang diproduksi pada masa penjajahan Belanda.

Setiap Jumat dan Sabtu, Put On menerbitkan komik baru. Komik ini terus ditulis dalam bahasa Melayu. Komik terhormat ini termasuk dalam payung komik strip atau kategori komedi.

Ciri Utama Komik

Dalam pelajaran sekolah ini pertanyaan “Jelaskan kualitas komik” memiliki jawaban sebagai berikut:

  1. Dapat mengkomunikasikan sebuah cerita dengan visual dan teks.
  2. Alih-alih mengandalkan cerita tertulis atau vokal seperti dalam bentuk seni lainnya, termasuk non-fiksi dan fiksi.
  3. Memiliki sifat yang proporsional.
  4. Saat membaca komik, pembaca mungkin merasa seperti mengalami cerita secara langsung.
  5. Hampir seolah-olah pembaca terjebak dalam cerita dan menjadi karakter utama.
  6. Penggambaran karakter.
  7. Biasanya, penggambaran tokoh dan sifat-sifatnya diberikan secara lugas sehingga mudah dipahami oleh pembaca.
  8. Memiliki selera humor yang mudah dipahami.
  9. Humor yang ditampilkan dalam cerita bergambar biasanya untuk membuat cerita sederhana untuk diikuti dan terlihat ringan bagi pembaca.
  10. Manfaatkan bahasa sehari-hari atau jargon khusus untuk industri.
  11. Dengan menggunakan jenis tulisan ini, cerita yang disebutkan akan lebih menarik perhatian pembaca.
  12. Memiliki sifat heroik.
  13. Ketika kamu membaca sebuah cerita dengan seorang pahlawan sebagai karakter utama, kamu mendapatkan inspirasi yang sama.

Fungsi Utama Komik

Komik memiliki satu tujuan: Untuk menghibur pembacanya. Namun, perannya dipisahkan menjadi dua, yaitu komersial atau pendidikan. Untuk sektor komersial, tujuannya adalah untuk menciptakan keuntungan.

Sebagai media penyampaian pesan yang menjadi contoh yang baik atau mendidik penonton, video termasuk dalam kategori pendidikan.

Departemen kesehatan dan organisasi nirlaba lainnya sering memproduksi dan menyebarluaskan materi semacam ini. Kamu perlu menggunakan metode ini agar pesan kamu dapat dengan mudah dikirim ke audiens kamu.

Contoh Komik Indonesia

Contoh Komik Indonesia

Setelah mempelajari kategori, makna, dan fungsinya, selanjutnya yang akan dibahas adalah contoh cerita bergambar yang telah diproduksi di Indonesia.

Diantaranya adalah komik Si Buta dari Gua Hantu karya komikus ternama Ganes TH, komik bergenre superhero Gundala karya Harya Suraminata, dan Kisah Si Korona karya Watiek Ideo yang merupakan contoh komik pendek Covid-19 .

Seperti yang kamu lihat, Sedulur memiliki pemahaman yang baik tentang konsep dasar dan istilah yang terkait dengan komik. Karena banyaknya genre yang diwakili, cerita bergambar ini cocok untuk anak-anak dan orang dewasa. Itu mungkin!

Jika kamu memiliki saudara yang membutuhkan persediaan penting, kamu dapat membelinya di Super App! Hanya melalui penggunaan ponsel, Sedulur dapat menghemat uang dan mempermudah belanja kamu. Mari kami mulai dengan unduhan sekarang.

Sementara itu, Sedulur yang ingin mendaftar sebagai Super Agent bisa cek di sini sekarang juga. Ada beberapa keuntungan yang bisa diraih, termasuk lebih banyak uang dan jam kerja yang fleksibel!

Dengan menjadi Super Agent, Sedulur mungkin bisa menjual sembako dan membantu masyarakat di daerahnya mendapatkan kebutuhan pokok dengan lebih mudah dan dengan biaya yang lebih murah.

Kesimpulan

Komik adalah bentuk seni berbasis gambar, daripada mengandalkan cerita tertulis atau vokal seperti dalam bentuk seni lainnya, termasuk non-fiksi dan fiksi.

Ini memiliki selera humor yang mudah dipahami dan menggunakan bahasa sehari-hari khusus untuk industri komik.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas