Advertisement

Kampus Merdeka Vokasi Adalah

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai kampus merdeka vokasi yang mungkin kamu sebagai mahasiswa atau mahasiswi belum mengetahuinya. Yuk simak artikel dibawah ini dengan teliti.

Kampus Merdeka vokasi merupakan program baru yang disponsori oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim. Melalui program ini, mahasiswa dapat menghabiskan dua semester belajar di luar kampus.

Menarik, bukan? Silakan lanjutkan membaca jika kamu memiliki pertanyaan. Karena kami akan membahas semua yang ditawarkan Kampus Merdeka vokasi, termasuk program-program uniknya.

Mengenal Kampus Merdeka Vokasi

Mengenal Kampus Merdeka Vokasi

Ini adalah program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang memungkinkan mahasiswa belajar selama dua semester di luar kampus tanpa biaya tambahan.

Lebih tepatnya, mahasiswa dibolehkan mengambil program dua semester untuk kegiatan di luar kampus. Ada banyak pilihan yang tersedia, seperti magang, studi mandiri, pengabdian masyarakat, dan program pertukaran internasional.

Siswa didorong untuk lebih fleksibel dalam mengeksplorasi kelebihan dan minatnya. Apalagi dengan keadaan sosial, budaya, teknis, dan dunia kerja yang cepat berubah. Kemampuan dan minat siswa dapat terus diperbarui dengan peristiwa terkini dengan menggunakan program semacam itu.

Tujuan Kampus Merdeka Vokasi

Tujuan program kampus merdeka vokasi antara lain sebagai berikut:

  1. Memperkuat kemampuan praktis dan non-kognitif lulusan perguruan tinggi baru-baru ini.
  2. Mendidik siswa untuk menjadi pemimpin masa depan dengan rasa harga diri dan karisma yang kuat.
  3. Membantu siswa dalam mewujudkan potensi penuh mereka berdasarkan minat dan kemampuan unik mereka adalah kuncinya.

Program di Kampus Merdeka Vokasi

Menurut buku pegangan resmi, kampus merdeka vokasi kini menyediakan 8 jenis program yang dapat kamu pilih untuk bergabung:

Kampus Merdeka Vokasi Pertukaran Pelajar

Pertukaran mahasiswa merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dalam program Kampus Merdeka. Berbeda dengan program pertukaran mahasiswa lainnya, Kampus Merdeka memudahkan mahasiswa untuk mentransfer pulsa yang diperoleh dari kampus tujuan pertukaran ke kampus asalnya.

Akibat pengaturan ini, mahasiswa pertukaran pelajar tidak perlu khawatir atau merasa usahanya sia-sia akibat hal ini. Selain itu, sebagian besar mahasiswa pertukaran harus mengambil kelas yang sama lagi di kampus, yang membuat masa studi menjadi panjang. lebih lama.

Selain itu, program ini tidak terbatas pada satu bidang studi saja. Kampus Merdeka mempromosikan berbagai pertukaran pelajar, antara lain sebagai berikut:

  1. Studi mahasiswa lintas program dalam institusi yang sama.
  2. Pertukaran mahasiswa yang terdaftar pada program studi yang sama di institusi yang berbeda.
  3. Pertukaran mahasiswa antar program studi di institusi yang berbeda.
  4. Indonesia International Student Mobility Awards merupakan program pertukaran pelajar di beberapa universitas di luar Indonesia.

Magang atau Praktik Kerja

Kebanyakan magang dan pengalaman kerja dibatasi untuk jangka waktu tiga sampai enam bulan. Siswa jarang memiliki pemahaman menyeluruh tentang sektor di mana mereka magang dalam waktu yang singkat.

Selain itu, untuk memperoleh pengalaman dan kompetensi yang sesuai dengan industri. Masa magang yang singkat juga merupakan gangguan bagi banyak majikan, seperti yang diakui banyak dari mereka.

Jumlah pekerjaan yang diperlukan untuk mengajarkan sesuatu kepada siswa tidak sejalan dengan apa yang mereka pelajari. Untuk itulah Kampus Merdeka mengadakan program magang selama 1-2 semester.

Jadi, siswa bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang mereka butuhkan di bidang yang mereka minati. Siswa yang unggul dalam magang mereka memiliki kesempatan untuk dipekerjakan oleh perusahaan tuan rumah mereka.

Program di Kampus Merdeka Vokasi

Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan atau Kampus Mengajar

Mahasiswa dapat membuat perbedaan dalam pendidikan Indonesia dengan berpartisipasi dalam program Kampus Merdeka.

Pada tingkat pendidikan yang berbeda, siswa akan diminta untuk berperan sebagai profesor atau dosen mitra. Dimulai dari SD, SMP, dan SMA. Pengajaran sekarang bisa dilakukan dimana saja, baik di jantung kota maupun di pedesaan.

Ini bukan rencana pelajaran lama. Mahasiswa dituntut untuk dapat membantu dalam menyampaikan informasi yang berhubungan dengan perbaikan teknis. Dengan demikian, sekolah dasar dan menengah dapat tetap relevan dan mutakhir.

Kampus Merdeka Vokasi Penelitian atau Riset

Selain program-program di atas, Kampus Merdeka juga terus mensponsori kegiatan akademik. Bukti datang dalam bentuk berbagai kemungkinan untuk studi semacam ini.

Untuk program yang satu ini, mahasiswa harus mengikuti program studi terlebih dahulu. Dari sana, mahasiswa dapat melakukan penelitian mandiri atau menjadi asisten peneliti dalam waktu 1-2 semester.

Itu tidak hanya berakhir dengan akuisisi data. Dukungan dan evaluasi yang diberikan kepada mahasiswa dalam program ini tidak akan ada habisnya. Hingga pada akhirnya penelitian tersebut diujicobakan seperti uji coba tugas akhir.

Proyek Kemanusiaan

Biasanya operasi kemanusiaan dilakukan secara tidak sengaja saat terjadi bencana alam di suatu wilayah. Jadi, waktu pelaksanaannya tidak terlalu lama.

Alhasil, program Kampus Merdeka kini menawarkan proyek kemanusiaan sebagai salah satu alternatif. Dengan program ini, kamu dapat terlibat dalam berbagai inisiatif melalui organisasi kemanusiaan.

Mulai dari tingkat lokal, seperti PMI, BNPB, dan BPBD, hingga tingkat internasional, seperti UNICEF, UNHCR, UNESCO, dll.

Mahasiswa harus terlebih dahulu memilih organisasi kemanusiaan yang diinginkan sebelum mengikuti program Kampus Merdeka. Setelah itu, mahasiswa bebas untuk mengemukakan idenya sendiri untuk kegiatan ekstrakurikuler dan mengoperasikannya untuk 1-2 semester ke depan.

Pilihan lainnya adalah mahasiswa dapat mengikuti kegiatan tanggap bencana yang membantu masyarakat secara langsung.

Kegiatan Wirausaha

Mahasiswa yang berminat menjadi wirausaha juga terbantu dalam program Kampus Merdeka. Mahasiswa harus terlebih dahulu mendaftar dan membuat rencana kewirausahaan untuk mengikuti program ini (yang dapat dilakukan secara mandiri atau kelompok).

Ide tersebut kemudian akan dievaluasi oleh program, dan kursus akan dibuat berdasarkan ide tersebut. Setelah itu, seorang supervisor dan seorang mentor dipilih oleh program studi.

Setelah mendapatkan mentor, mahasiswa dapat mengelola perusahaan selama 1-2 semester. Di akhir program, mahasiswa harus membuat laporan wirausaha yang akan digunakan sebagai tolak ukur penilaian dan pengakuan kredit.

Studi atau Proyek Independen

Selain bekerja dengan pusat studi, siswa juga dapat melakukan penelitian mereka sendiri. Dalam bahasa Kampus Merdeka, program ini disebut Studi Mandiri.

Studi mandiri sering dilakukan oleh siswa yang ingin memasukkan karya atau ide mereka ke dalam kontes nasional dan internasional. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi siswa untuk mengambil studi mandiri di beberapa sektor.

Untuk mengikuti program ini, mahasiswa harus mendaftar kursus di KRS dan mempresentasikan proposal studi. Sebuah panel ahli kemudian akan meninjau dan mengomentari ide ini.

Jika lulus, mahasiswa dapat melanjutkan studi mandiri selama 1-2 semester dengan dibimbing oleh dosen penguji.

Studi atau Proyek Independen

Kehadiran di kelas adalah wajib bagi siswa yang tidak lulus ujian. Masih bingung mau mengerjakan proyek studi mandiri apa? Program Bootcamp dan Akselerasi Karir kami mungkin menarik bagi kamu.

Ilmu Data dan Pemasaran Digital adalah dua program Bootcamp yang tersedia untuk kamu. Kamu dapat memulai karir TI kamu dengan mendaftar di salah satu dari dua program ini. Tentu saja, seorang mentor dengan pengalaman yang luas di industri ini diperlukan.

Membangun Desa atau Kuliah Kerja Nyata Tematik

KKN juga mendapatkan beasiswa dalam program Kampus Merdeka. Sementara kebanyakan KKN hanya bertahan 1-2 bulan dengan bobot 2-4 sks, KKNT di Kampus Merdeka memberikan bobot 20 sks untuk pengajuan KKN selama 1 semester.

Untuk program ini, pihak penyelenggara lebih fleksibel. Ada banyak alternatif KKNT yang dapat dipilih siswa:

  1. Mahasiswa dapat mengajukan perpanjangan program selama 1 semester setelah mengikuti program KKN konvensional selama 2 bulan.
  2. Perguruan tinggi bekerja sama dengan mitra untuk memastikan bahwa KKNT dijalankan dengan cara yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa.
  3. Model Pengajaran KKNT di Desa: Ditekankan untuk mahasiswa program studi pendidikan selain itu, mahasiswa diharapkan dapat membagi studinya sesuai dengan program studi yang mereka pelajari.
  4. Ini tidak hanya terbatas pada apa yang diajarkan di lembaga resmi seperti sekolah, ada juga instruksi informal.
  5. Formulir bebas Siswa dapat membuat formulir dan program KKN sendiri dengan menggunakan paradigma KKNT.
  6. Pastikan program tersebut masih nyambung dengan kurikulum dan telah bekerjasama dengan Pembimbing Akademik.

Kesimpulan

Kampus merdeka vokasi merupakan program baru yang disponsori oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim. Melalui program ini, mahasiswa dapat menghabiskan dua semester belajar di luar kampus.

Ada banyak pilihan yang tersedia, seperti magang, studi independen, dan program pertukaran internasional. Indonesia International Student Mobility Awards merupakan program pertukaran pelajar di beberapa universitas di luar Indonesia.

Tombol kembali ke atas