Advertisement

Beasiswa Santri Di 20 Kampus , Check Daftarnya

www.rancakmedia.com – Untuk pelajar yang ingin meneruskan study ke perguruan tinggi, sebaiknya untuk mendaftarkan di Program Beasiswa Prestasi Santri (PBSB).

Beasiswa untuk beberapa mahasiswa ini akan dibuka Kementerian Agama (Kemenag) pada tengah Maret 2021. Ada 21 kampus berlainan yang bakal bekerja bersama dengan Kementerian Agama di PBSB.

“Registrasi PBSB tahun 2021 akan selekasnya dibuka. Kami siapkan peralatannya, mahasiswa harus terus up-date info sah di PBSB,” kata Direktur Pengajaran Awal dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Waryono Abdul Ghofur, seperti diambil dari petinggi Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan.

Situs agama. PBSB sendiri sudah berjalan semenjak tahun 2004 dan memperoleh respon yang positif. Lepas dari program ini, beberapa ribu pelajar sudah lulus.

PBSB sendiri sebagai wujud kejelasan kenegaraan untuk mahasiswa agar bisa meneruskan study di kampus. Mahasiswa lewat PBSB diinginkan sanggup menjawab rintangan jaman dan mentransformasikan nilai-nilai universal agama dan kemanusiaan dalam kerangka modern.

Menurut Waryono, ada dua faktor kemampuan yang sekarang ini jadi konsentrasi PBSB. Pertama, pengetahuan dan kepenguasaan faktor pengetahuan agama (tafaqquh fiddin) sebagai core business pesantren.

“Ini terhitung kekuatan tentukan faedah kemanusiaan (tafaqquh fii mashalihil khalqi), khususnya saat terjadi wabah,” jelasnya. Ke-2 , PBSB bukan hanya tawarkan ruangan untuk study akademik Islam.

“Tetapi juga pengkajian ilmiah lain sebagai alat akademik dan metodologis untuk mentransformasikan agama supaya lebih kontekstual,” sambungnya.

Direktorat PD Pontren terus berusaha memaksimalkan penyeleksian program study. Hal itu dilaksanakan dengan memerhatikan keperluan warga dan pesantren dalam jalankan peranan pengajaran, peranan ceramah dan pengokohan warga.

Sekalian sebagai usaha merealisasikan kemandirian Pesantren dan pemercepatan pembangunan nasional. “Mudah-mudahan mahasiswa alumnus PBSB lebih responsif dan sanggup mendapati jalan keluar dari persoalan yang sesungguhnya,” katanya.

Daftar Perguruan Tinggi, Program Study, Dan Kuota

Berikut daftar opsi dan paket masing-masing jalur atau program study (Prodi) Program Sarjana (S1) dalam penyeleksian PBSB tahun 2021:

1. UIN Alauddin, Fakultas Pengetahuan Kesehatan Makassar, Program Study Kesehatan Warga (paket 10 mahasiswa)

2. UIN Maulana Malik Ibrahim, Fakultas Ekonomi Malang Program Study Perbankan Syariah (paket 10 mahasiswa)

3. UIN Sunan Ampel Surabaya Fakultas Ceramah dan Komunikasi, Program Study Peningkatan Komune Islam ( paket 10 mahasiswa)

4. UIN Sunan Gunung Djati, Fakultas Ushuluddin Bandung, Program Study Psikoterapi Sufisme (paket 10 mahasiswa)

5. UIN Sunan Kalijaga, Fakultas Ceramah dan Komunikasi, Program Study Pengetahuan Sosial Yogyakarta (paket 10 orang) mahasiswa)

6. UIN Syarif Hidayatullah, Fakultas Kedokteran Jakarta, Jalur Kedokteran dan med Pengajaran ical (8 mahasiswa) Fakultas Pengetahuan Kesehatan, Prodi Farmasi (8 mahasiswa)

7. UIN Walisongo, Fakultas Syariah dan Hukum Semarang, Prodi Falak Science, (paket 10 mahasiswa)

8. UIN Sumatera Utara, Medan Kantong Fakul Syariah dan Hukum Program Study Hukum (paket 10 mahasiswa)

9. Institut Pertanian Bogor, Fakultas Pertanian Program Study Tehnologi, Pertanian dan Tehnik Industri (paket 5 mahasiswa)

10. Institut Tehnologi 10 November (ITS) Surabaya Fakultas Tehnologi Info, Program Study Pengetahuan Computer, (paket 5 mahasiswa)

11. Kampus Gadjah Mada, Yogyakarta: Fakultas Pengetahuan Sosial dan Pengetahuan Komunikasi, mata kuliah Pengetahuan Komunikasi (4 mahasiswa), Fakultas Psikologi, mata kuliah Psikologi (4 mahasiswa)

12. Kampus Islam Malang, Fakultas Kedokteran Malang, Pengajaran Dokter (2 mahasiswa)

13. Kampus Pengajaran Indonesia, Bandung F School of Education, Counseling and Advisory Studies (5 mahasiswa), lalu Sarjana Tehnologi Pengajaran (5 mahasiswa)

14. Kampus Indonesia, Fakultas Hukum Jakarta, Program Study L.aw (2 mahasiswa) Fakultas Pengetahuan Keperawatan, Program Study Keperawatan (2 mahasiswa)

Fakultas Ekonomi, Program Study Usaha (2 mahasiswa), Program Study Management (2 mahasiswa) dan Program Study Islam (2 mahasiswa) Fakultas Pengetahuan Sosial dan Pengetahuan Politik

15. UNJ, Fakultas Ekonomi Jakarta, Program Study Pengajaran Ekonomi (Paket 10 Mahasiswa)

16. Kampus Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia), Fakultas Islam Jakarta Nusantara, Program Study Riwayat Budaya Islam (Paket 10 Mahasiswa)

17 Unwahas, Fakultas Agama Islam Semarang, Program study Hukum Usaha Islam (paket 10 mahasiswa)

18. Kampus Islam Nusantara (Uninus), Fakultas Agama Islam Bandung, Program study Perbankan Syariah (paket 10 mahasiswa)

19. Kampus Islam Makassar (UIM), Fakultas Pertanian, Program Study Agribisnis Makassar (10 Mahasiswa) dan Program Study Agroteknologi (10 Mahasiswa)

20. Uram, Fakultas Ekonomi Mataram, Program Study Ekonomi (paket 10 mahasiswa)
Waryono menambah, kecuali program Sarjana (S1)

PBSB tahun ini akan dibuka untuk program Magister (S2). Program Magister (S2) PBSB terbuka untuk tiga program sarjana, yakni:

1. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta: Pascasarjana Sains dan Tehnologi; Magister Informatika (10 mahasiswa) Pascasarjana study interdisipliner Islam;

Fokus industri halal dan administrasi usaha (10 mahasiswa) 2. Institut Islam Bunga Bangsa, Cirebon: Management Pascasarjana Pengajaran Islam / (paket 10 mahasiswa)

Related Articles

Back to top button