Simak Peluang Kerja Ilmu Perpustakaan dan Kapasitas SBMPTN 2021

ADVERTISEMENT

www.rancakmedia.com – Buku adalah jendela dunia. Perpustakaan adalah tempat Anda dapat menemukan buku yang ingin kami baca.

Saat kita berada di perpustakaan biasanya ada pejabat yang mengasuh pustakawan atau yang biasa disebut dengan pustakawan. Di jenjang perguruan tinggi ternyata ada program pendidikan S1 ilmu perpustakaan lho.

Bagi Anda yang merupakan calon mahasiswa, bisa menggali lebih dalam lagi tentang lowongan kerja dan mempelajari ilmu perpustakaan.

Secara khusus, sebelum mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), mengetahui kapasitas program studi juga bisa menjadi pertimbangan bagi Anda saat menentukan program studi dan universitas.

Kapasitas Ilmu Perpustakaan Di Beberapa PTN

Misalnya Ilmu Perpustakaan di Universitas Indonesia memiliki 601 peminat pada SBMPTN 2020. Kapasitas di SBMPTN 2021 kini hanya 14 kursi.

Di Universitas Padjadjaran, Ilmu Perpustakaan memiliki 798 peminat pada SBMPTN 2020. Kapasitas di SBMPTN 2021 kini hanya 42 kursi.

Di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang pada SBMPTN 2020, Ilmu Perpustakaan memiliki 625 peminat. Kapasitas di SBMPTN 2021 kini hanya 44 kursi.

Singkatnya, lulusan S1 Ilmu Perpustakaan dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip Semarang banyak diminati di dunia bisnis dan industri.

Lulusan Ilmu Perpustakaan Undip dinilai siap bekerja dan memiliki keahlian di bidangnya. Sehingga bisa bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain.

Lowongan Dalam Ilmu Perpustakaan

Menurut Dra Rukiyah M. Hum, direktur Program Studi S1 ​​Ilmu Perpustakaan FIB Undip, ada beberapa lowongan yang tersedia bagi lulusan S1 Ilmu Perpustakaan. Bukan hanya pustakawan, tetapi sejumlah profesi lain seperti:

1. Pengontrol dokumen
2. Editor
3. Peneliti
4. Pustakawan Akademik
5. Spesialis
6. Cyberian

“Saat ini juga ada lulusan kita yang menjadi analis data,” jelas Dra Rukiyah M.Hum seperti dikutip dari lamam undip.ac.id, Rabu (3 Oktober 2021).

Menurut Rukiyah, saat ini banyak jenis kegiatan dan peminatan yang muncul di era industri 4.0. Kabar baiknya adalah bahwa bidang-bidang ini relevan dengan ilmu lulusan ilmu perpustakaan.

Karenanya, tidak heran jika dunia usaha dan industri (DUDI) dan instansi pemerintah menyambut baik lulusan ilmu perpustakaan.

Rukiyah mengungkapkan, pengelola Prodi Ilmu Perpustakaan senantiasa mengantisipasi dinamika yang terjadi di lingkungan kerja lulusannya.

Mempersiapkan Lulusan Untuk Mempelajari Pasar Kerja

Evaluasi dan penyesuaian kurikulum juga rutin dilakukan dengan mengacu pada regulasi yang ada. “Jurusan Ilmu Perpustakaan FIB UNDIP berkomitmen untuk terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan serta bertemu dengan para pemangku kepentingan dan pasar tenaga kerja,” kata Rukiyah.

Saat ini program sarjana ilmu perpustakaan FIB Undip terus mengembangkan program-program untuk membantu lulusannya menjadi lebih kompeten dan berdaya saing.

Sejak tahun 2018, Program Studi Ilmu Perpustakaan Undip telah mendapatkan akreditasi A berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 1178 / SK / BAN-PT / Akred / S / N / 2018 yang berlaku hingga 2 Mei 2023.

Berbagai langkah telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kualifikasi lulusan. Peralatan seperti pelatihan kejuruan dan tes keterampilan pengontrolan dokumen juga digunakan untuk siswa di kelas 2017.

“Kami berupaya untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan penelitian yang berkualitas serta pengetahuan khusus di bidang ilmu perpustakaan dan informasi.

Selain itu, memiliki keterampilan akademik dan profesional, integritas moral, sikap akademik dan kritis, serta daya saing yang tinggi secara nasional,” ucapnya. Rukiyah. .

Memperbaiki Kurikulum Dan Program Penguatan

Selain lebih menyempurnakan kurikulum dan memperkuat program, program studi ilmu perpustakaan FIB Undip juga secara intensif memenuhi tugas tridarma perguruan tinggi dengan menghasilkan penelitian dan publikasi.

Serta pengetahuan spesialis yang inovatif dan berkualitas tinggi di bidang ilmu perpustakaan.

“Mahasiswa Ilmu Perpustakaan”

Related Articles

Back to top button