Advertisement

Daftar PTN Penerima KIP Kuliah Tahun 2022

Rancakmedia.com – Berikut ini daftar universitas atau ptn penerima kip kuliah pada tahun 2022, ketahuilah bahwa tidak semua universitas negeri mengizinkan pendaftaran siswa baru dengan KIP.

Untuk mendorong warganya melanjutkan pendidikan tinggi, pemerintah Indonesia memberikan bantuan keuangan kepada mereka yang telah menyelesaikan sekolah menengah atau kualifikasi yang setara. Bantuan ini diwujudkan dalam bentuk KIP Ceramah atau Kartu Perguruan Tinggi Indonesia Pintar.

Kamu harus menyadari bahwa tidak semua universitas negeri menerima pendaftaran mahasiswa baru dengan KIP Perguruan Tinggi sebelum mengajukan aplikasi. Berikut daftar 72 PTN yang akan mendapatkan KIP Kuliah Tahun 2022/2023.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah)

Perkuliahan KIP yang ditawarkan oleh pemerintah kepada lulusan SMA atau sederajat yang membutuhkan, memberikan bantuan dana. KIP Mata kuliah ini dapat digunakan untuk mendaftar masuk PTN baik melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN.

Tidak hanya PTN, KIP Perkuliahan juga dapat dimanfaatkan untuk mendaftar masuk ke beberapa perguruan tinggi swasta. Berikut kami menawarkan daftar PTN penerima Kuliah KIP.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah KIP-Kuliah

Beberapa Manfaat KIP Kuliah

Sebelum bergabung dengan daftar PTN penerima Kuliah KIP, disarankan untuk membiasakan diri dengan dasar-dasar Kuliah KIP. PIP, atau Program Indonesia Pintar, adalah istilah umum untuk dukungan pemerintah.

Pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, UMPN, Seleksi Mandiri PTN, dan Seleksi Mandiri PTS dapat dilakukan dengan bantuan KIP perkuliahan. KIP College juga memiliki keunggulan sebagai berikut:

  1. Jumlahnya lebih banyak dari Bidikmisi yakni lebih dari 400.000 orang untuk tahun 2020. (bidikmisi 2019 130.000 beasiswa).
  2. Lebih banyak memberi akses kepada Pendidikan vokasi.
  3. Sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi.
  4. KIP Kuliah terbagi menjadi 2 kelompok yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi.
  5. KIP Kuliah Afirmasi, antara lain meliputi Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.

Jangka Waktu KIP Kuliah

  1. Program Regular:
    Sarjana maksimal 8 semester
    Diploma Empat maksimal 8 semester
    Diploma Tiga maksimal 6 semester
    Diploma Dua maksimal 4 semester
    Diploma Satu maksimal 2 semester
  2. Program Profesi:
    Dokter maksimal 4 semester
    Dokter Gigi maksimal 4 semester
    Dokter Hewan maksimal 4 semester
    Ners maksimal 2 semester
    Apoteker maksimal 2 semester
    Guru maksimal 2 semester.

Daftar PTN Penerima KIP Kuliah 2022/2023

Perkuliahan KIP telah disetujui di berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia. Dengan memanfaatkan KIP Perguruan Tinggi, kamu tidak akan dikenakan biaya sepeser pun untuk mendaftar ke lembaga publik.

Daftar PTN Penerima KIP Kuliah 2022 2023

Cek website kip kuliah kemdikbud untuk memastikan PTN yang kamu pilih terdaftar sebagai penerima KIP Kuliah sebelum mendaftar seleksi perguruan tinggi. 72 PTN penerima KIP Kuliah dapat dilihat di halaman KIP Kuliah.

  1. Institut Seni dan Budaya Indonesia Aceh
  2. Universitas Syiah Kuala
  3. Universitas Malikussaleh
  4. Universitas Samudra
  5. Universitas Teuku Umar Meulaboh
  6. Universitas Sumatera Utara
  7. Universitas Negeri Medan
  8. Universitas Andalas
  9. Universitas Negeri Padang
  10. Institut Seni Indonesia Padang Panjang
  11. Universitas Riau
  12. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
  13. Universitas Jambi
  14. Universitas Bengkulu
  15. Universitas Sriwijaya
  16. Universitas Lampung
  17. Institut Teknologi Sumatera
  18. Universitas Bangka Belitung
  19. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  20. Universitas Terbuka
  21. Universitas Indonesia
  22. Universitas Negeri Jakarta
  23. UPN “Veteran” Jakarta
  24. Institut Pertanian Bogor
  25. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung
  26. Institut Teknologi Bandung
  27. Universitas Padjadjaran
  28. Universitas Pendidikan Indonesia
  29. Universitas Siliwangi
  30. Universitas Singaperbangsa Karawang
  31. Institut Seni Indonesia Surakarta
  32. Universitas Diponegoro
  33. Universitas Jenderal Soedirman
  34. Universitas Negeri Semarang
  35. Universitas Sebelas Maret
  36. Universitas Tidar Magelang
  37. Institut Seni Indonesia Yogyakarta
  38. Universitas Gadjah Mada
  39. Universitas Negeri Yogyakarta
  40. UPN “Veteran” Yogyakarta
  41. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  42. Universitas Airlangga
  43. Universitas Brawijaya
  44. Universitas Jember
  45. Universitas Negeri Malang
  46. Universitas Negeri Surabaya
  47. UPN “Veteran” Surabaya
  48. Universitas Trunojoyo
  49. Institut Seni Indonesia Denpasar
  50. Universitas Pendidikan Ganesha
  51. Universitas Udayana
  52. Universitas Mataram
  53. Universitas Timor
  54. Universitas Tanjungpura
  55. Universitas Palangka Raya
  56. Universitas Lambung Mangkurat
  57. Institut Teknologi Kalimantan
  58. Universitas Mulawarman
  59. Universitas Borneo Tarakan
  60. Universitas Negeri Manado
  61. Universitas Sam Ratulangi
  62. Universitas Negeri Gorontalo
  63. Universitas Tadulako
  64. Universitas Sulawesi Barat
  65. Universitas Hasanudin
  66. Universitas Negeri Makassar
  67. Universitas 19 November
  68. Universitas Haluoleo
  69. Universitas Pattimura
  70. Universitas Khairun
  71. Universitas Musamus Merauke
  72. Universitas Papua

Cara Daftar dan Syarat Mengikuti KIP Kuliah

Setelah kamu menentukan apakah PTN pilihan kamu menerima Kuliah KIP atau tidak, saatnya untuk fokus pada prasyarat untuk mendaftar Kuliah KIP itu sendiri. Jika kamu sangat membutuhkan, kamu dapat mengajukan permohonan untuk KIP Perguruan Tinggi.

Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan di bawah ini agar kamu dapat memperoleh KIP Perguruan Tinggi. Berikut adalah prasyarat yang harus kamu lengkapi.

Cara Daftar dan Syarat Mengikuti KIP Kuliah

Cara Daftar KIP Kuliah 2022

Bagaimana cara mendaftar KIP Perguruan Tinggi tahun 2022

  1. Mahasiswa dapat langsung mendaftar secara mandiri pada halaman web Sistem Kuliah KIP di website kip-gunung.kemdikbud.go.id.
  2. Pada saat pendaftaran, mahasiswa menyerahkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang masih berlaku dan masih berlaku.
  3. Kuliah selanjutnya Pengecekan kelayakan KIP Perguruan Tinggi dapat dilakukan dengan menggunakan sistem KIP untuk verifikasi NIK, NISN, dan NPSN. Data dari Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial dapat diperoleh melalui NIK. Mahasiswa yang belum/belum terdaftar di DTKS wajib menyerahkan data ekonomi dan aset.
  4. Jika prosedur validasi berhasil, Sistem Perkuliahan KIP selanjutnya akan menerbitkan Nomor Registrasi dan Kode Akses ke alamat email yang terdaftar
  5. Mahasiswa melengkapi tata cara pendaftaran Perkuliahan KIP dan memilih jalur seleksi yang akan ditempuh (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri)
  6. Selanjutnya siswa melengkapi prosedur pendaftaran pada portal atau sistem informasi seleksi nasional perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang diinginkan. Nantinya, sistem host-to-host akan digunakan untuk melakukan sinkronisasi dengan sistem.
  7. Bagi calon Dosen penerima KIP yang telah dinyatakan diterima oleh Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi tambahan oleh Perguruan Tinggi tersebut sebelum ditawarkan sebagai calon mahasiswa penerima Kuliah KIP.

Syarat Peserta KIP Kuliah

Kemendikbud belum mengumumkan secara spesifik kriteria KIP Kuliah 2022. Namun, jika melihat pedoman tahun sebelumnya, berikut persyaratan kepesertaannya:

  1. Dosen peserta KIP harus memiliki NISN, NPSN, atau NIK yang masih berlaku dan baru lulus SMA atau sederajat, atau akan lulus dalam tahun berikutnya atau telah menyelesaikan ujian paling lambat dua tahun yang lalu.
  2. Memiliki potensi akademik yang kuat tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung oleh bukti faktual yang kuat
  3. Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik yang kuat dan memiliki Kartu KIP
  4. Siswa yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera dan lulus dari sekolah menengah atas, sekolah kejuruan, atau program MA tahun ini dan memiliki bakat akademik yang kuat berhak untuk mendaftar.
  5. Untuk diterima menjadi mahasiswa PTN atau PTS pada program dengan akreditasi A atau B, kamu harus lulus seleksi mahasiswa baru dan diterima di program tersebut.

Tata Cara Pendaftaran KIP Kuliah

Harap kumpulkan semua dokumen yang diperlukan untuk mendaftar Kuliah KIP segera setelah kamu memverifikasi bahwa kamu memenuhi semua prasyarat yang tercantum di atas. Jadi, bagaimana cara kamu mendaftar ke KIP College? Jika kamu ingin menghadiri salah satu kuliah KIP, kamu dapat mendaftar di sini.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mendaftar Kuliah KIP:

  1. Mahasiswa dapat langsung mendaftar secara mandiri pada Sistem Kuliah KIP online di website kip-gunung.kemdikbud.go.id atau menggunakan mobile apps KIP Kuliah*;
  2. Pada saat pendaftaran, mahasiswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan masih berlaku.
  3. Sistem KIP perkuliahan selanjutnya akan melakukan verifikasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan untuk memperoleh KIP Perguruan Tinggi.
  4. Sistem Perkuliahan KIP kemudian akan memberikan Nomor Registrasi dan Kode Akses ke alamat email yang terdaftar jika prosedur validasi berhasil;
  5. Mahasiswa melengkapi tata cara pendaftaran Perkuliahan KIP dan memilih jalur seleksi yang akan ditempuh (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);
  6. Selanjutnya, mahasiswa menyelesaikan prosedur pendaftaran pada portal atau sistem informasi seleksi nasional perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang diinginkan. Nantinya, sistem host-to-host akan digunakan untuk melakukan sinkronisasi dengan sistem.
  7. Bagi calon penerima KIP Perkuliahan yang telah dinyatakan diterima oleh Dikti, dapat dilakukan verifikasi tambahan oleh Dikti sebelum direkomendasikan sebagai calon mahasiswa penerima Perkuliahan KIP.

Data Kesenjangan Sosial Terpadu Kementerian Sosial menggunakan NIK untuk mengumpulkan data sosial ekonomi (DTKS). Mahasiswa yang belum/belum terdaftar di DTKS wajib menyerahkan data ekonomi dan aset.

Jadwal Penting KIP-Kuliah

Jika kamu ingin mendaftar menggunakan KIP-Kuliah, kamu harus memperhatikan jadwal penting KIP-Kuliah dan jangan sampai ketinggalan.

Cara Mengetahui Universitas yang Menerima KIP-Kuliah

  1. Pendaftaran akun KIP-Kuliah → 2 Februari – 31 Oktober 2022
  2. Pendaftaran SNMPN → 7 Februari – 17 Maret 2022
  3. Pendaftaran SNMPTN → 13 – 27 Februari 2022
  4. Pendaftaran UTBK-SBMPTN → 22 Maret – 14 April 2022
  5. Pendaftaran SBMPN → 5 April – 29 Juni 2022
  6. Jadwal seleksi mandiri PTN → 1 Juni – 7 Oktober 2022
  7. Jadwal seleksi mandiri PTS → 8 Juni – 31 Oktober 2022
  8. Registrasi akun KIP-Kuliah: 2 Februari – 31 Oktober 2022
  9. Jadwal penetapan penerima KIP-Kuliah: 1 Juli – 31 Oktober 2022

Perubahan jadwal di atas dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan alasan apapun. Memiliki kemampuan untuk memeriksa dan memperbarui informasi secara berkala merupakan nilai tambah.

Cara Mengetahui Universitas yang Menerima KIP-Kuliah

Apakah kamu sudah memiliki perguruan tinggi tujuan? kamu sekarang dapat mengetahui apakah KIP-Kuliah diterima di perguruan tinggi atau program pilihan kamu. kamu dapat melihat bagaimana kamu dapat mencapai ini di bawah ini.

  1. Kamu dapat membuka browser dan mengunjungi kip kuliah kemdikbud.
  2. Untuk mengakses profil perguruan tinggi kamu, buka menu tingkat atas dan pilih “Profil Perguruan Tinggi.”
  3. Selanjutnya, kamu akan menemukan kotak bernama “Temukan Perguruan Tinggi/Program Studi yang menerima Kuliah KIP”.
  4. Jika demikian, kamu dapat menggunakan kolom “Cari” di sebelah kanan untuk mencari nama institusi atau program studi yang kita inginkan.
  5. Secara otomatis, sistem akan menampilkan daftar tersebut.

Itu tadi daftar PTN penerima Kuliah KIP. KIP Perguruan Tinggi memungkinkan kamu untuk mendaftar ke PTN yang kamu inginkan. Perlu diingat bahwa PTN yang kamu inginkan harus terdaftar sebagai penerima KIP Kuliah agar kamu bisa maju.

Kesimpulan

Pemerintah Indonesia memberikan bantuan keuangan kepada mereka yang telah menyelesaikan sekolah menengah atau kualifikasi yang setara. Bantuan ini diwujudkan dalam bentuk KIP Ceramah atau Kartu Perguruan Tinggi Indonesia Pintar.

Tidak semua universitas negeri menerima pendaftaran mahasiswa baru dengan KIP Perguruan Tinggi sebelum mengajukan aplikasi. Perkuliahan KIP telah disetujui di berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia. Dengan memanfaatkan KIP Perguruan Tinggi, kamu tidak akan dikenakan biaya sepeser pun untuk mendaftar ke lembaga publik.

Related Articles

Back to top button