Advertisement

Cara Daftar KIP Kuliah Bagi yang Tidak Punya KIP 2022

Rancakmedia.com – Kamu bisa daftar di situs web KIP-Kuliah kemdikbud.go.id. KIP merupakan salah satu Program Indonesia Pintar (PIP) yang diberikan oleh pemerintah kepada mahasiswa.

Beasiswa KIP Kuliah Merdeka terbuka bagi siapa saja yang ingin mendaftar. Sebelum mendaftar, pastikan kamu tahu cara mendaftar, fasilitas, rencana pendanaan, dan kriteria!

Ingin belajar dengan bantuan keuangan? Benar-benar bisa! kamu dapat mendaftar untuk mengikuti program Kuliah Merdeka Kartu Indonesia Pintar (KIP). Program Perkuliahan KIP dibentuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendukung calon mahasiswa yang terkendala pengeluaran, agar tetap memperoleh hak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Lalu, bagaimana skema pendanaan, prasyarat, dan cara mendaftarnya? Ya, kamu harus membaca penjelasan berikut ini. Awal Juni mendatang, pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan dimulai untuk Kuliah 2022 jalur mandiri. Peserta dalam program bantuan keuangan ini harus lulusan SMA/sederajat baru-baru ini yang memiliki janji akademik tetapi tidak mampu membayar biaya kuliah.

Program KIP Perkuliahan diawasi oleh Pusat Layanan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Bantuan kuliah, biaya, dan tunjangan lengkap semuanya disertakan.

Penerimaan mahasiswa mandiri akan mendapatkan pembiayaan penuh, seperti yang diterima melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN.

Apa Itu KIP Kuliah

Bantuan biaya pendidikan bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat dari rumah tangga berpenghasilan rendah, yang dikenal dengan KIP Uang sekolah, disediakan oleh pemerintah. 200 ribu mahasiswa KIP Kuliah Merdeka akan mendapatkan bantuan dana dan biaya hidup pada tahun 2021, dan Kemendikbud akan tetap memberikan Kuliah KIP sepanjang masa studi.

Skema Pembiayaan KIP Kuliah Merdeka

Dimulai dengan angkatan 2021, jumlah dukungan yang diberikan lebih besar dari sebelumnya. Penerimaan siswa ke dalam program dan biaya hidup lokal mempengaruhi hal ini. Berikut strategi pendanaannya.

Skema Pembiayaan KIP Kuliah Merdeka

Kelebihan KIP-Kuliah

  1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (UTBK) serta pilihan lain yang ditawarkan oleh masing-masing panitia di perguruan tinggi.
  2. Pembebasan dari membayar uang sekolah ke Perguruan Tinggi secara langsung.
  3. Paket bantuan keuangan siswa disesuaikan dengan kota di mana dia akan bersekolah.
  4. KIP-Kuliah membuat pelatihan vokasi lebih mudah diakses.
  5. KIP-Kuliah dilebur dengan Kampus Mandiri dan Mandiri untuk Belajar di Perguruan Tinggi.
  6. Kursus Afirmasi dan Kursus KIP-Kuliah untuk wilayah Papua, Papua Barat, dan 3T adalah dua kategori Kuliah KIP.

Persyaratan Penerima Bantuan KIP-Kuliah

  1. Penerima KIP-Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang telah lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau dianggap telah lulus maksimal 2 tahun sebelumnya.
  2. Peserta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang masih berlaku.
  3. “Pemegang Kartu Indonesia Pintar”, “Kartu Keluarga Sejahtera”, dan “Program Keluarga Harapan”, serta siswa yang berasal dari panti asuhan dan memiliki dokumentasi yang memadai mengenai keterbatasan keuangannya.
  4. Gabungan slip gaji orang tua siswa, maksimal 4.000.000 rupiah, dapat menjadi bukti keterbatasan keuangan siswa jika tidak termasuk dalam kategori 3.
  5. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada program studi yang disetujui.

Jadwal Pendaftaran KIP-Kuliah

“KIP Perkuliahan bisa membuat jalur mandiri atau tidak?” “Oh, kamu tidak menerimaku masuk PTN?” Di PTS, apakah ada KIP Perkuliahan juga?”

Baca Juga:  Daftar PTN Penerima KIP Kuliah Tahun 2022

Saya bisa. kamu dapat mengajukan KIP Kuliah Independen dengan beberapa cara. Penting untuk mengetahui berapa banyak orang yang akan menghadiri Kuliah KIP 2022 berdasarkan kehadiran tahun lalu.

Mengutip dari situs resmi KIP Kuliah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pendaftaran KIP Kuliah Jalur Otonom PTN 2022 dimulai 1 Juni dan berakhir 7 Oktober 2022. Untuk saat ini telah ditetapkan tanggal dan waktu sebagai berikut: Kuliah KIP berikutnya dan proses pemilihan institusi swasta secara otonom:

Apa Itu KIP Kuliah

  1. Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN)
    Dibuka: 5 April 2022
    Ditutup: 29 Juni 2022
  2. Seleksi mandiri PTN
    Dibuka: 1 Juni 2022
    Ditutup: 7 Oktober 2022
  3. Seleksi mandiri PTS
    Dibuka: 8 Juni 2022
    Ditutup: 31 Oktober 2022

Sebagai catatan, Puslapdik Kemendikbudristek juga mengingatkan bahwa jadwal tersebut di atas bisa berubah sewaktu-waktu.

Tahapan Pendaftaran KIP-Kuliah

Pendaftaran Kuliah KIP dapat dilakukan dengan 2 cara:

Mandiri

  1. Siswa mendaftar secara individu di website kip-gunung.kemdikbud.go.id
  2. Masukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email aktif kamu.
  3. Data akan diverifikasi oleh sistem. Jika berhasil, siswa akan mendapatkan email berisi Nomor Registrasi dan Kode Akses.
  4. Siswa memilih jalur yang akan ditempuh dalam memilih pilihannya (SNMPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN, Mandiri).
  5. Siswa yang berhasil melalui proses penyaringan memiliki data mereka diverifikasi oleh institusi.
  6. Dalam hal ini, siswa berhak mendapatkan bantuan KIP-Kuliah jika verifikasi berhasil.

Perguruan Tinggi

Mahasiswa yang telah diterima di universitasnya dapat mendaftar ke KIP-Kuliah. Daftar perguruan tinggi swasta dengan program KIP Kuliah Mandiri sulit ditemui. Mudah! Buka website kip kuliah kemdikbud lalu scroll ke bawah dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut.

Saat diminta, masukkan nama perguruan tinggi atau universitas swasta yang diinginkan. Berikut ini daftar PTN penerima KIP Kuliah tahun 2022 yang wajib kamu .

Cara Membuat Akun KIP Kuliah 2022

Jangka Waktu Bantuan KIP-Kuliah

Berapa lama siswa mendapatkan bantuan KIP-Kuliah? Seperti disebutkan di atas, waktu dukungan tergantung pada lamanya sesi belajar biasa, sebagai berikut:

  1. Sarjana dan Diploma Empat maksimal 8 semester.
  2. Diploma Tiga maksimal 6 semester.
  3. Diploma Dua maksimal 4 semester.
  4. Diploma Satu maksimal 2 semester.

Sahabat, berusahalah untuk lulus tepat waktu. Bantuan keuangan tidak akan diberikan jika kamu harus melakukan studi tambahan atau terpaksa menunda kelulusan kamu.

Cara Membuat Akun KIP Kuliah 2022

  1. Buka laman kip kuliah kemdikbud.
  2. Jika sudah memiliki akun 2020 dan 2021, klik opsi Sign In.
    Klik Daftar jika kamu belum memiliki akun.
  3. Buat akun dengan memasukkan data NIK, NPSN, dan NISN kamu.
  4. Isi email aktif untuk pengiriman akun, disarankan akun email Gmail.
  5. Buka email KIP dan masuk ke situs web KIP menggunakan web browser. Email dikirim maksimal 1 x 24 jam.
  6. Setelah log in, jika muncul status akun Terdata DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), akan muncul tab komponen Biodata, Keluarga, Prestasi, dan Rencana.
  7. Jika sudah terdata DTKS di Kementerian Sosial (Kemensos) tapi di laman KIP Kuliah diidentifikasi sebagai akun belum terdata DTKS, tekan tombol sinkronisasi di kanan atas untuk pengecekan sistem ke DTKS berdasarkan NIK.
  8. Jika belum terdata DTKS Kemensos dan muncul status akun belum terdata DTKS, loncat ke poin, loncat ke poin 17.
  9. Isi komponen Biodata dengan informasi yang akurat bagi siswa yang memiliki status akun Terdaftar DTKS. Sistem Informasi Manajemen Elektronik (EMIS) dan Data Dasar Pendidikan (Dapodik) digunakan untuk mengumpulkan beberapa statistik paling dasar (EMIS). Hubungi operator sekolah untuk modifikasi data jika tidak sesuai dengan data yang benar. Jika siswa pendaftar telah lulus, lakukan koreksi mandiri di situs Data Verval Kemendikbud https://pd.data.kemdikbud.go. id/vervalLulusan/
  10. Jika kamu melakukan revisi, mengikuti perubahan data di Dapodik/EMIS, klik tombol Dapodik Re-Sync. Sistem akan mendapatkan data terbaru di Dapodik.
  11. Isi tab Family component dengan data yang sebenarnya.
  12. Isi tiga pencapaian teratas di tab komponen Prestasi. Validasi mahasiswa perguruan tinggi tujuan sebagian didasarkan pada data kinerja akademik mereka.
  13. Lengkapi tab “Rencana” dengan informasi tentang tempat tinggal kamu setelah diterima di universitas, bantuan keuangan, cara menuju kampus, transportasi harian, dan biaya transportasi tersebut.
  14. Jika semua data sudah diisi, maka akan muncul tab menu Selection. Siswa dapat mengklik Daftar untuk melihat semua jalur seleksi potensial sesuai dengan jadwal pembukaan masing-masing.
  15. Jika berkas sudah lengkap maka akan muncul tab komponen Cetak Kartu Peserta dan Cetak Formulir yang berisi kartu peserta KIP Kuliah dan Formulir Pendaftaran. Kedua hal ini juga akan digunakan untuk pendaftaran ulang jika diterima di lembaga yang memiliki KIP Kuliah
  16. Pada kartu peserta KIP Kuliah akan tertera nomor KIP Kuliah mahasiswa, nomor Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau status DTKS (terdaftar/belum terdaftar).
  17. Jika DTKS Kemensos belum terdaftar maka akan muncul tab komponen Ekonomi, Rumah dan Aset.
  18. Isi Data Ekonomi termasuk dokumen pendukung status ekonomi kelurahan atau lainnya.
  19. Isi informasi tentang tempat tinggal dan sertakan gambar kondisi nyata untuk mempersiapkan sertifikasi universitas.
  20. Data Aset harus diisi dengan data yang asli, seperti barang berharga, emas, sepeda motor, becak, dan sebagainya.
Baca Juga:  Bantuan KIP Kuliah Bisa untuk PTN-PTS

Persyaratan Penerima Bantuan KIP-Kuliah

Apakah mudah untuk memahami apa yang kamu tulis? Saya harap ini akan membantu kamu memahami proses dan kriteria dengan lebih baik. Agar bisa lulus di institusi yang kamu inginkan, latihan soal di ruang belajar, supaya kamu percaya diri menghadapi UTBK dan self test!

Kesimpulan

Daftar KIP Kuliah akan dimulai untuk Kuliah 2022 jalur mandiri. Penerimaan mahasiswa mandiri akan mendapatkan pembiayaan penuh, seperti yang diterima melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN. Bantuan kuliah, biaya, dan tunjangan lengkap semuanya disertakan.

Penerima KIP-Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang telah lulus atau akan lulus pada tahun berjalan. Daftar KIP Kuliah Jalur Otonom PTN 2022 dimulai 1 Juni dan berakhir 7 Oktober 2022. Puslapdik Kemendikbudristek juga mengingatkan jadwal tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Back to top button