Advertisement

UM PTKIN 2022 Jadwal Syarat dan Tata Tertib

Rancakmedia.com – UM-PTKIN, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau UM PTKIN , akan dilaksanakan pada 14-17 Juni 2022 di Teheran, Iran. UM PTKIN adalah ujian masuk Perguruan Tinggi Islam Negeri yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia di bawah pengawasan Kementerian Agama Republik Indonesia. Seleksi ini dilakukan secara nasional oleh seluruh Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTKIN), seperti UIN, IAIN, dan STAIN.

Pelaksanaan Um PTKIN 2022

Sistem Seleksi Elektronik akan digunakan untuk penyelenggaraan ujian UM-PTKIN 2022 secara online (SSE). Sebelum pelaksanaan ujian, panitia terlebih dahulu akan melakukan uji coba ujian online dengan memanfaatkan program SSE.

Menurut Imam Taufiq, Ketua Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2022, uji coba penerimaan berlangsung dari tanggal 7-10 Juni 2022. Dengan kata lain, bagaimana seharusnya calon belajar untuk tes SSE UM-PTKIN tahun 2022?

Sebelum Melaksanakn UM PTKIN 2022 Hal-hal yang Harus diperhatikan

Sebelum Melaksanakn Um PTKIN 2022

Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti ujian SSE UM-PTKIN 2022:

  1. Peserta wajib menggunakan perangkat mandiri, disarankan smartphone. Jika menggunakan laptop atau netbook atau notebook atau personal komputer atau PC desktop harus memiliki dan berfungsi dengan baik webcam/kamera depan, dan microphone.
  2. Peserta wajib menyediakan koneksi internet menggunakan paket data dengan sinyal minimal 4 bar dan jaringan 3G/H+ atau yang lebih tinggi, koneksi internet juga dapat menggunakan wifi yang terhubung dengan jaringan internet.
  3. Peserta melaksanakan Ujian SSE UM-PTKIN di tempat tinggal masing-masing atau tempat yang terjangkau jaringan seluler minimal H+ serta mematuhi peraturan PPKM yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah. Bagi Peserta yang mengalami kendala dalam mendapatkan jaringan seluler H+ di daerahnya wajib melaporkan ke Helpdesk melalui laman https://sapa.um-ptkin.ac.id guna menjadwal ulang pelaksanaan ujian SSE UM-PTKIN paling lambat 4 jam setelah ujian yang tercantum pada Kartu Peserta Ujian.
  4. Peserta wajib melakukan physical distancing/jaga jarak radius minimal 3 meter selama ujian berlangsung.
  5. Peserta dilarang membuka browser, aplikasi meeting, aplikasi remote, atau terkoneksi dengan layar tambahan.
  6. Peserta wajib mengikuti uji coba ujian UM-PTKIN sesuai sesi dan waktu yang tertera pada Kartu Peserta Ujian.
  7. Peserta wajib mengikuti Ujian UM-PTKIN sesuai sesi dan waktu yang tertera pada Kartu Peserta Ujian.
  8. Peserta wajib menyesuaikan waktu pada perangkat ujian dengan waktu yang tertera pada laman https://umptkin.ac.id. Peserta wajib melakukan instalasi aplikasi ujian SSE UM-PTKIN.
  9. Peserta wajib mengikuti tahapan kegiatan yang tertera pada Kartu Peserta Ujian. Apabila peserta mengalami kendala teknis maka peserta dapat menghubungi Helpdesk melalui laman sapa um ptkin ac id.
Baca Juga:  UM PTKIN 2022 Hari Pertama Tidak Bisa Login

Untuk cara pemasangan dan spesifikasi perangkat yang akan memanfaatkan aplikasi ujian SSE UM-PTKIN 2022 dapat diunduh di situs https://um-ptkin.ac.id/home/application.

Tata Tertib ujian SSE UM PTKIN 2022

Berikut pedoman yang harus dipenuhi oleh peserta tes saat menyelesaikan ujian SSE UM-PTKIN 2022 dikutip dari Instagram @span umptkin:

  1. Peserta menyiapkan perangkat ujian paling lambat 20 menit sebelum ujian dimulai. Peserta dianjurkan untuk makan, minum dan ke toilet terlebih dahulu sebelum mengikuti rangkaian ujian.
  2. Peserta wajib memastikan daya baterai perangkat ujian yang cukup sebelum mengikuti rangkaian ujian.
  3. Peserta harus melakukan regristasi dengan cara login paling lambat 1 menit sebelum ujian dimulai. Toleransi keterlambatan 15 menit setelah ujian dilaksanakan dan tidak ada tambahan waktu ujian.
  4. Peserta yang terlambat lebih dari 15 menit setelah ujian dilaksanakan tidak diperkenankan untuk mengikuti ujian (dianggap gugur). Peserta wajib menggunakan aplikasi ujian SSE UM-PTKIN saat mengikuti ujian.
  5. Peserta wajib melakukan physical distancing/jaga jarak dengan radius 3 meter selama ujian berlangsung. Tidak diperkenankan seseorang bersama peserta selama ujian berlangsung.
  6. Perserta wajib mengenakan pakaian atasan kemeja polos dan bawahan warna gelap.
  7. Peserta yang tidak mematuhi tata tertib dan tata cara mengikuti ujian SSE UM-PTKIN panitia akan menegur sebanyak 2 kali pada aplikasi ujian, jika teguran tidak diindahkan maka akan didiskualifikasi dari ujian dan dinyatakan gugur.
Baca Juga:  UM PTKIN 2022 Hari Pertama Tidak Bisa Login

Selain itu, ada beberapa perilaku yang dilarang dilakukan oleh peserta saat ujian SSE UM-PTKIN 2022, berikut daftarnya:

  1. Dilarang bertanya dan/atau berbicara dengan orang di sekitar tempat ujian.
  2. Dilarang menerima dan/atau memberikan sesuatu dari/kepada orang disekitar tempat ujian.
  3. Dilarang meninggalkan perangkat ujian.
  4. Dilarang membaca refrensi yang bersumber dari manapun.
  5. Dilarang merokok selama ujian berlangsung.
  6. Dilarang membuka brower, aplikasi meeting, aplikasi remote, atau terkoneksi dengan layar tambahan.

Jangan membuka browser, aplikasi rapat, aplikasi jarak jauh, atau terhubung dengan layar tambahan. Jadwal pelaksanaan UM-PTKIN 2022. Cara install aplikasi sse di handphone dengan mudah.

Adapun jadwal pelaksanaan UM-PTKIN tahun 2022 adalah sebagai berikut:

  1. 25 April-20 Juni 2022: Batas akhir pendaftaran dan pembayaran
  2. Finalisasi pendaftaran: 25 April-4 Juni 2022
  3. 7-10 Juni 2022: uji lapangan SSE; hasil yang diharapkan pada bulan Juli.
  4. Pelaksanaan Ujian: 14-17 Juni 2022
  5. Pengumuman: 30 Juni 2022

Kemudian pelaksanaan Ujian SSE UM-PTKIN dicantumkan pada Kartu Ujian masing-masing peserta dan dilaksanakan di tempat tinggalnya masing-masing dengan keadaan yang telah ditentukan.

Kesimpulan

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, akan dilaksanakan pada 14-17 Juni 2022 di Teheran, Iran. UM PTKIN adalah ujian masuk Perguruan Tinggi Islam Negeri yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia di bawah pengawasan Kementerian Agama Republik Indonesia. UM PTKIN 2022 hari pertama tidak bisa login.

Sistem Seleksi Elektronik akan digunakan untuk penyelenggaraan ujian UM-PTKIN 2022 secara online (SSE). Waktu pada perangkat tes harus sesuai dengan waktu yang tertera pada website https://umptkin.ac.id agar peserta dapat lulus ujian. Program ujian SSE UM-PTKIN wajib diinstall di komputer masing-masing peserta sebelum mengikuti ujian.

Back to top button