Advertisement

Cara Buat Akun PPDB DKI Jakarta dengan Mudah

Rancakmedia.com – Apakah kamu sudah membuat akun PPDB DKI Jakarta? Jika belum pada artikel ini kami akan membahas tentang cara buat akun PPDB DKI Jakarta yang dapat kamu lakukan dengan mudah dan cepat.

Seperti yang kita ketahui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) masih dengan menggunakan jalur zonasi seperti yang di tuangkan dalam peremdikbud No.51/2018 jo Permendikbud No.20 tahun 2019.

Dan tidak lama kemudian di perbaharui dengan permendikbud No.44 tahun 2019 mengenai tentang penerimaan peserta didik baru tahun ajaran baru 2022.

Daerah sekarang dapat membuat penyesuaian sendiri terhadap peraturan berdasarkan keadaan unik mereka sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa dengan ditetapkannya sistem zonasi, calon siswa harus menempuh pendidikan sekolah yang radius terdekat dari domisili masing-masing.

Perubahan Tentang PPDB

Jumlah sekolah yang boleh dipilih calon siswa maksimal tiga, namun syarat selanjutnya sekolah tersebut harus tetap memiliki kuota siswa dan berada di dalam wilayah zonasi siswa.

Perubahan Tentang PPDB

Sesuai aturan jarak, siswa baru dilakukan dengan memberikan seleksi seberapa jauh tempat tinggalnya dari sekolah, berdasarkan batasan zonasi yang berlaku.

Namun dengan adanya perubahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dari Permendikbud Nomor 51/2018 juncto Permendikbud Nomor 20 Tahun 2019 dan kemudian diperbaharui dengan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 tentunya akan ada perubahan dalam sistem penerimaan mahasiswa baru. siswa.

Perkiraan jarak ke sekolah didasarkan pada jarak antara desa atau kantor kecamatan dan tempat tinggal yang bersangkutan.

Prioritas akan diberikan kepada mereka yang mendaftar terlebih dahulu, meskipun mereka berasal dari tempat tinggal atau tempat yang sama dengan peserta lain.

Semua jalur penerima, tidak termasuk jalur zonasi, memiliki kuota terbesar. Misalnya PPDB untuk SMA Jawa Timur kuota untuk jalur zonasi 50 persen, berbeda dengan PPDB DKI Jakarta kuota yang dialokasikan untuk zonasi 60 persen.

Untuk tata cara pemilihan zonasi PPDB yang dilakukan secara rangking juga berbeda di setiap provinsi. Namun, secara umum, mekanisme pemeringkatan jalur zonasi biasanya dilakukan dengan jarak terdekat, nilai UN, usia siswa, dan waktu pendaftaran.

Baca Juga:  Cara Pengajuan Akun PPDB SMP 2022, Terdapat Syarat Penting

Misalnya untuk kasus PPDB SMA Jatim, pemilihan dilakukan dengan rangking berdasarkan zona dengan kuota 50 persen, artinya rangking berdasarkan jarak tempat tinggal di dalam zona sekolah yang ditentukan.

Mereka akan menggunakan nilai Ujian Nasional dan waktu pendaftaran siswa sebagai tolak ukur penerimaan jika waktu dan jarak tempuh mereka sama atau lebih besar. Dalam pemeringkatan berbasis PBB, hanya ada kuota 20% untuk setiap negara.

Namun jika terdapat kesamaan nilai pada calon mahasiswa yang disertai dengan tempat tinggal yang sama, maka dapat mengacu pada urutan nilai pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris. Sedangkan di Provinsi DKI Jakarta, PPDB dilakukan kepada calon mahasiswa baru dengan urutan nilai rata-rata UN/UNPK.

Cara Pengajuan Akun PPDB 2022-2023

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara membuat akun PPDB DKI Jakarta 2022-2023 untuk level SD

Setiap orang yang telah mengajukan akun, Calon Peserta Didik Baru (CPDB) harus melanjutkan untuk aktivasi akun PPDB DKI Jakarta 2022-2023. Terbaru telah diumumkan jadwal pengajuan akun PPDB DKI Jakarta 2022 bisa dimulai hari ini, Selasa 17 Mei 2022.

Proses pendaftaran PPDB DKI Jakarta 2022-2023 diawali dengan pengajuan rekening, dilanjutkan dengan aktivasi rekening dan pemilihan sekolah tujuan oleh orang tua CPDB.

CPDB tidak akan bisa mengikuti prosedur pendaftaran PPDB DKI Jakarta 2022-2023 jika tidak memiliki akun.

Jadwal PPDB DKI Jakarta 2022-2023

  1. Pada tanggal 17 Mei 2022: Telah dibuka pengajuan akun untuk CPDB
  2. Pada tanggal 13-17 Juni 2022: Para CPDB yang telah memiliki akun bisa melakukan pendaftaran
  3. Jalur Afirmasi Proritas, Jalur Zonasi,
  4. Pada tanggal 13 Juni – 1 Juli 2022: dibuka untuk jalur perpindahan tugas orang tua
  5. Pada tanggal 20-24 Juni 2022: kemudian diberikan untuk Afirmasi Priorias tahap 2
  6. Pada tanggal 27 Juni – 1 Juli 2022: dijadwalkan pendaftaran Tahap kedua
  7. Pada tanggal 4-8 Juli: dijadwalkan untuk pendaftaran Tahap ketiga
Baca Juga:  Cara Aktivasi Akun PPDB Jakarta 2022, Untuk Jenjang SD

Cara Membuat Akun PPDB DKI Jakarta 2022-2023

Jika mengikuti Alur Proses PPDB 2022 Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta No. e-0011, berikut cara membuat akun PPDB DKI Jakarta 2022-2023 atas nama kamu:

  1. Langkah pertama silakan mengakses laman publik PPDB di https://ppdb.jakarta.go.id.
  2. Kemudian mengajukan akun, melalui cara sangat mudah tinggal klik tombol Pengajuan Akun sesuai jenjang
  3. Jangan terlupakan untuk mengisi formulir daring
  4. Silakan cetak tanda bukti pengajuan akun yang didalamnya berisi Nomor Pendaftaran dan PIN/Token untuk Aktivasi

Sedangkan untuk cara aktivasi akun PPDB DKI Jakarta 2022-2023 dapat dilakukan dengan tahapan berikut ini:

  1. Tahap pertama silakan mengakses laman publik PPDB di https://ppdb.jakarta.go.id.
  2. Kemudian silakan melakukan aktivasi akun dengan cara klik tombol Aktivasi dilanjutkan dengan input Nomor Peserta
  3. Kami sarankan agar kembali mengganti PIN/Token dengan password
  4. Apabila telah melakukan aktivasi PIN/Token bisa dilanjutkan dengan fase pilihan sekolah tujuan

Kesimpulan

Seperti yang kita ketahui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) masih dengan menggunakan jalur zonasi seperti yang di tuangkan dalam peremdikbud No.51/2018 jo Permendikbud No.20 tahun 2019.

Pada artikel di atas kami telah membahas cara membuat akun PPDB DKI Jakarta, tidak hanya itu jika kamu ingin aktivasi akun PPDB kamu, kamu dapat simak artikel tersebut.

Demikian artikel tentang Cara Buat Akun PPDB DKI Jakarta dengan Mudah, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Back to top button