Info Persiapan UTBK 2022: Berikut Hal yang Perlu Kamu Ketahui

nafa cahyani

Info Persiapan UTBK 2022_ Berikut Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Rancakmedia.com – Jika kamu adalah peserta UTBK, terdapat info persiapan UTBK 2022 penting yang wajib peserta ketahui. Melalui akun instagram resminya, LTMPT membuat surat edaran terkait dokumen yang perlu di siapkan oleh peserta.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, atau disingkat HETI, adalah lembaga yang disponsori lembaga yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan ujian masuk bagi siswa pendidikan tinggi.

LTMPT Terbitkan Surat Edaran Untuk peserta UTBK-SBMPTN

Untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), ujian tulis berbasis komputer dilaksanakan mulai hari ini (17/5) hingga 23 Mei 2022.

Peserta UTBK-SBMPTN perlu menyiapkan banyak dokumen. UTBK gelombang pertama 2022 berlangsung mulai hari ini, 17 Mei. Pelaksanaannya dipisahkan menjadi dua periode, yaitu pagi dan sore.

Sejak beberapa hari lalu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah menyatakan berbagai hal, seperti revisi jadwal terkait jam ibadah, dokumen yang harus dibawa, dan lain sebagainya.

Sehubungan dengan itu, LTMPT membuat serangkaian pengumuman di akun Instagram resminya tentang apa yang harus dilakukan peserta ketika mereka tiba di fasilitas UTBK, serta apa yang dapat mereka harapkan selama dan setelah ujian.

Berdasarkan surat edaran tersebut, tanggal pelaksanaan UTBK-SBMPTN gelombang 1 yang akan berlangsung pada 17-23 Mei 2022 tidak berubah. Gelombang 2 akan terjadi antara 28 Mei dan 3 Juni 2022.

Dokumen yang Wajib di Bawa saat UTBK SBMPTN 2022

Berikut di bawah ini kami telah memberikan dokumen apa saja yang wajib kamu bawa, yaitu:

  1. Kartu Peserta UTBK SBMPTN 2022
  2. Asli Surat Keterangan Kelulusan (SKL) Kelas 12 yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan memuat: nama siswa, NISN siswa, NPSN sekolah, dilengkapi dengan pas foto berwarna terbaru dan dibubuhi stempel sekolah atau surat keterangan lulus (SKL) dengan atau tanpa foto atau legalisasi ijazah/ijazah untuk angkatan 2022
  3. Bagi lulusan 2020 dan 2021, tunjukkan ijazah SKL atau ijazah resmi

Tata Tertib UTBK SBMPTN 2022

  1. Peserta wajib menggunakan masker saat berada di area ujian atau menjaga jarak fisik
  2. Peserta wajib memakai pakaian santai (kemeja atau kemeja berkerah), sopan, dan memakai sepatu

Ketentuan Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022

Berikut ketentuan pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022, yaitu:

Saat tiba di pusat UTBK

  1. Segera menuju gedung atau lokasi ujian. Lembaga negara yang menjadi jantung UTBK 2022 juga menyediakan ruang tunggu bagi peserta
  2. Siswa harus turun di zona penurunan terdekat ke gedung atau ruang ujian saat diantar
  3. Mematuhi semua protokol kesehatan (prokes) yang dilaksanakan panitia pusat UTBK
  4. Peserta mengikuti instruksi pembimbing dan memasuki ruang ujian dengan tepat waktu dan tertib

Selama ujian

  1. Siapkan dokumen yang harus dibawa di atas meja agar dapat diperiksa oleh supervisor. Jika kamu memiliki sesuatu yang lain, masukkan ke dalam tas dan taruh di tempat yang kamu butuhkan
  2. Mematuhi semua peraturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh atasan kamu, mulai dari kapan login, latihan soal, dan lain sebagainya
  3. Jangan berbicara dengan peserta lain, dengan alasan apapun
  4. Selesaikan ujian seperti yang diberikan dan tanpa mengabaikan prosedur
  5. Peserta tidak boleh meninggalkan ruangan sebelum masa ujian benar-benar selesai
  6. Soal yang tidak berkaitan dengan materi ujian dapat diajukan kepada pembimbing dengan mengacungkan tangan

Setelah ujian

  1. Tetap duduk sampai kamu diminta meninggalkan ruangan setelah ujian selesai
  2. Peserta harus mengikuti protokol bahkan setelah meninggalkan ruangan
  3. Cepat pulang dan beres-beres saat sampai di rumah.

Kesimpulan

Peserta UTBK-SBMPTN perlu menyiapkan banyak dokumen. UTBK gelombang pertama 2022 berlangsung mulai hari ini, 17 Mei. Pelaksanaannya dipisahkan menjadi dua periode, yaitu pagi dan sore.

Demikian artikel tentang Info Persiapan UTBK 2022: Berikut Hal yang Perlu Kamu Ketahui. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.