Advertisement

5 Tips Jitu Kirim Email Saat Melamar Pekerjaan Bagi Mahasiswa

5 Tips Jitu Kirim Email Saat Melamar Pekerjaan Bagi Mahasiswa – Perkembangan internet dan tehnologi mempermudah beberapa orang tak perlu keluar dari rumah, diantaranya kirim lamaran pekerjaan dengan e-mail.

Memang langkah melamar pekerjaan melalui e-mail termasuk ringkas dan gampang, tetapi ada yang perlu jadi perhatian oleh mahasiswa saat melamar pekerjaan saat lulus kuliah kelak.

Merilis situs Ditjen Dikti, Sabtu (16/1/2021), mengatakan ada lima panduan yang perlu jadi perhatian saat kirim e-mail untuk melamar pekerjaan.

Sebab, tata cata penulisan e-mail benar-benar tentukan atau tidaknya, kamu dapat dilirik oleh perekrut pegawai di perusahaan. Dari pengangkutan e-mail, perekrut bisa juga mengenali kualitas dirimu dengan baik.

Silahkan baca 5 panduan itu secara jelas, supaya kamu sukses saat melamar pekerjaan :

Gunakan subjek atau judul

Banyak kasus, orang saat melamar pekerjaan tidak mengisi subjek atau judul pada email. Hal itu membuat perusahaan menganggap email tersebut tidak penting.
Akhirnya, pengirim lamaran pekerjaan tersebut dianggap tidak sopan oleh perusahaan. Sebab, tidak profesional dalam menulis subjek atau judul email. Maka dari itu, buat subjek email yang mudah dimengerti oleh banyak perekrut perusahaan.

Isi body email saat melamar pekerjaan

Di era modern saat ini, memang masih menemukan orang yang bingung menuliskan body email saat melamar pekerjaan. Secara sederhana, body email saat melamar pekerjaan harus diisi dengan cover letter atau perkenalan diri dari si pelamar.
Untuk itu, kamu harus memperkenalkan diri, karena itu sangat penting agar perusahaan mengenal dirimu secara baik. Kemudian di body email lamaran juga harus diisi alasan kenapa menulis lamaran, pekerjaan yang ingin dilamar, dan apa kelebihan kamu. Tujuannya, agar perusahaan tertarik dan bisa merekrut kamu sebagai karyawan.

Perhatikan tata bahasa dengan benar

Jangan menggunakan bahasa-bahasa gaul atau singkatan yang sulit dimengerti saat mengirim email untuk melamar pekerjaan.
Kamu tidak mau kan? Bila penerima email tidak mengerti bahasa yang kamu kirimkan. Dengan begitu, kamu terhambat untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan.

Jangan berlebihan gunakan carbon copy (CC)

CC biasanya digunakan untuk mengirimkan salinan email ke orang-orang terlibat, tapi buka penerima utama.
Bisa juga, ketika kamu ingin memberitahukan penerima email, bahwa ada orang lain yang akan menerima email yang sama. Untuk itu jika belum memperoleh izin menggunakan CC, maka akan ada orang yang merasa terganggu dengan email yang kamu kirimkan. Tak hanya itu, saat mengirim email melamar pekerjaan, ada beberapa pekerjaan yang mungkin tidak perlu dilihat oleh orang lain. Oleh karena, kamu harus pastikan telah memiliki izin untuk menggunakan fasilitas CC.

Waktu pengiriman email

Saat mengirim email untuk melamar pekerjaan, pastikan waktu jam pengirimannya di jam 09.00-12.00 WIB atau 13.00-16.00 WIB. Hal itu bertujuan, agar kamu terlihat profesional dan bersungguh-sungguh dalam melamar pekerjaan yang diinginkan.

Jadi itulah lima tips saat mengirim email untuk melamar pekerjaan. Kamu harus pastikan semua tips itu terjalani dengan baik, agar hasilnya memuaskan. Apabila hasilnya memuaskan, kamu pasti bisa meraih pekerjaan yang diinginkan.

Sumber : kompas.com

Tombol kembali ke atas