Advertisement

Berikut Ini 6 Cara Untuk Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Berikut Ini 6 Cara Untuk Menulis Daftar Pustaka Dari Internet – Langkah tulisan daftar pustaka dari internet tentu saja benar-benar penting diketahui. Masalahnya selain dari buku dan jurnal tercatat, internet adalah sumber yang sekarang ini banyak jadi rujukan tulisan ilmiah. Oleh karena itu, langkah tulisan daftar pustaka dari internet jadi suatu hal yang perlu dimengerti setiap penulis.

Daftar pustaka sendiri adalah satu susunan tulisan yang ditempatkan pada akhirnya sebuah karya ilmiah. Daftar pustaka didalamnya berbentuk referensi atau sumber seorang penulis saat membuat karya ilmiah.

Langkah tulisan daftar pustaka dari internet pasti jangan asal-asalan. Bahkan, langkah tulisan daftar pustaka dari internet mempunyai ketetapan khusus. Ada aturan-aturan dalam langkah tulisan daftar pustaka dari internet yang harus jadi perhatian.

Banyak hal yang penting tercantum pada langkah tulisan daftar pustaka dari internet sudah pasti dimulai dari nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, tahun terbit, dan info penting yang lain dibutuhkan.

Membahas selanjutnya tentang langkah tulisan daftar pustaka dari internet, di bawah ini.

  • Cara penulisan daftar pustaka dari internet menurut MHRA

Cara penulisan daftar pustaka dari internet yang pertama adalah menurut Modern Humanities Research Association atau MHRA. Susunan cara penulisan daftar pustaka dari internet menurut MHRA adalah:

Nama website, “judul artikel”, deskripsi website, tanggal artikel dibuat, <alamat website atau URL > [waktu diakses].

  • Cara penulisan daftar pustaka dari internet menurut APA

Cara penulisan daftar pustaka dari internet menurut American Psychological Association atau APA sangat sering digunakan di Indonesia. Langkah penyusunan dalam cara penulisan daftar pustaka dari internet menurut APA yaitu:

Nama web, tanggal artikel dibuat, judul artikel, waktu mengakses dan alamat website (URL).

  • Cara penulisan daftar pustaka dari internet menurut MLA

Modern Language Association MLA adalah salah satu organisasi studi bahsa dan sastra asal Amerika. Gaya penulisan MLA kerap digunakan untuk menulis paper atau tulisan ilmiah di seluruh dunia. Penulisan ini seperti penulisan kutipan dan daftar pustaka.

Cara penulisan daftar pustaka dari internet menurut MLA adalah dengan susunan:

Judul artikel, nama website, tanggal artikel dibuat, waktu akses, alamat website (URL) lengkap.

  • Cara penulisan daftar pustaka dari internet menurut CSE

Berikutnya adalah cara penulisan daftar pustaka dari internet menurut Council of Science Editors atau CSE. Susunan cara penulisan daftar pustaka dari internet menurut CSE yaitu:

Nama website, judul artikel [internet], deskripsi website, tanggal artikel dibuat [waktu diakses], URL lengkap.

  • Cara penulisan daftar pustaka dari jurnal online

Sedangkan cara penulisan daftar pustaka dari jurnal online ada beberapa hal yang penting dan harus ada dalam daftar pustaka tersebut. Beberapa hal tersebut seperti nama penulis, tahun terbit, judul artikel, nama jurnal, volume maupun edisi, halaman, DOI atau digital object identifier, dan URL website dari jurnal tersebut.

  • Cara penulisan daftar pustaka dari email

Selain website, banyak juga sumber tulisan yang berasal dari email. Dikarenakan email tidak daapt begitu saja diakses oleh semua orang, itulah mengapa cara penulisan daftar pustaka dari email juga berbeda. Berikut cara penulisan daftar pustaka dari email:

“judul subjek/judul dari email”, Alamat email, (tanggal akses).

Sumber : liputan6.com

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas