Advertisement

Cara Download Akreditasi Kampus Resmi dari BAN-PT

Rancakmedia.com – Jika kamu belum mengetahui cara download akreditasi kampus resmi dari BAN-PT, kamu dapat simak artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan informasi lebih jelas.

Akreditasi merupakan salah satu ciri khas kampus yang menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa sebelum memilih perguruan tinggi. Sebelum mendaftar di perguruan tinggi atau kampus, calon mahasiswa tentunya harus memverifikasi akreditasi institusi tersebut.

Sekolah dengan peringkat A akan selalu lebih dicari daripada sekolah dengan peringkat B atau C. Karena BAN-PT hanya memberikan nilai A sebagai nilai terbaik.

Apa Itu Akreditasi

Oleh karena itu, banyak perguruan tinggi yang berusaha mendapatkan akreditasi tinggi. Tentu saja sangat penting untuk menarik banyak siswa untuk mendaftar ke perguruan tinggi.

Apa Itu Akreditasi

Dalam pembukaan buku teks Akreditasi Perguruan Tinggi dijelaskan bahwa akreditasi merupakan proses penilaian dan evaluasi yang menyeluruh atas komitmen suatu perguruan tinggi terhadap kapasitas dan mutu dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, sebagai dasar penetapan kelayakan perguruan tinggi. satu kesatuan dan program pendidikan.

Manfaat Akreditasi

Akreditasi universitas yang baik memiliki efek riak pada lebih dari sekedar mahasiswa dan fakultas institusi. Jika kamu mendaftar sebagai pegawai negeri atau bekerja di perusahaan swasta, hal ini sangat penting untuk diingat. Melamar pekerjaan sering kali memasukkan ini sebagai syarat.

Ini berarti bahwa pada saat kelulusan, mahasiswa biasanya menunjukkan salinan ijazah atau transkrip, serta akreditasi yang ditawarkan perguruan tinggi mereka kepada lulusannya. Tentu saja, akreditasi A memiliki manfaat.

Pihak yang Memberikan Akreditasi

Badan akreditasinya adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Lembaga ini merupakan satu-satunya di Indonesia yang memiliki kewenangan di bawah Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi untuk memberikan evaluasi dan akreditasi kepada seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

BAN-PT didirikan pada tahun 1994 dengan mengemban tugas menyebarluaskan dan memperkenalkan paradigm baru dalam perguruan tinggi.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan memperbaiki administrasi birokrasi secara efektif dan berkelanjutan. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012, Permendikbud Pendidikan Tinggi Nomor 59 Tahun 2012 tentang Badan Akreditasi Nasional, BAN-PT menjalankan kewenangannya.

Cara Melihat Akreditasi di BAN-PT

Saat ini melihat internet mungkin bisa menjadi solusi, apalagi jika kamu memiliki kampus yang berada di luar daerah tersebut.

Untuk mengetahui akreditasi perguruan tinggi atau program studi yang diambil. kamu tidak perlu pergi ke kampus untuk meminta akreditasi lagi, berkat teknologi modern.

Kamu bisa menggunakan situs BAN-PT untuk melihatnya. Berikut cara melihat akreditasi di situs BAN-PT yang akan kami berikan di bawah ini:

  1. Buka situs resmi BAN-PT di https://banpt.or.id/
  2. Pilih menu Data Akreditasi >> Institusi (terkini). Setelah itu kamu tinggal ketik nama kampus di kolom Perguruan Tinggi, lalu Enter
  3. Jika kamu ingin melihat akreditasi Program Studi atau Jurusan, pilih Data Akreditasi >> Program Studi (terkini). Setelah itu ketik nama kampus dan program studi di kolom yang disediakan, lalu Enter

Cara Download Akreditasi Kampus

Di situs BAN-PT, tidak ada fungsi yang memungkinkan kamu mengunduh sertifikat resmi akreditasi kampus. Akibatnya, situs tidak akan dapat memberikan kamu sertifikat akreditasi saat ini.

Namun, ada sejumlah metode untuk mendapatkan sertifikat akreditasi resmi dari perguruan tinggi atau universitas:

  1. Kunjungi situs web resmi perguruan tinggi atau universitas kamu
  2. Di area pencarian kamu dapat mencari sertifikat akreditasi dari perguruan tinggi kamu

Langkah-langkah ini akan membantu kamu menavigasi situs web resmi universitas jika kamu mengalami masalah di sana.

  1. Buka browser, lalu masukan kata kunci menggunakan akreditasi.pdf. “Akreditasi Universitas Bandung.pdf” adalah contohnya. Data dari sertifikat akreditasi perguruan tinggi yang berlaku kemudian akan ditampilkan
  2. Jika tidak, silakan hubungi pihak kampus dan mintalah sertifikat akreditasi resmi dari BAN-PT untuk perguruan tinggi kamu

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan informasi mengenai akreditasi kampus, cara melihat akreditasi kampus BAN-PT, dan tidak lupa cara download akreditasi kampus.

Demikian artikel tentang Cara Download Akreditasi Kampus Resmi dari BAN-PT, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Tombol kembali ke atas