Advertisement

Cara, Syarat dan Ketentuan Daftar Online KIP Kuliah

Rancakmedia.com – Bagi kamu yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi dengan biaya yang lebih terjangkau, kamu dapat daftar KIP kuliah, berikut cara daftar beserta syarat dan ketentuannya, simak dalam artikel berikut ini.

Dirancang untuk membantu siswa dengan sumber daya keuangan yang terbatas, program KIP dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bagaimana cara mendaftar KIP Perguruan Tinggi 2022? Yuk simak cara dan syarat pendaftaran Kuliah KIP 2022 di bawah ini!

Kuliah KIP adalah program yang disponsori pemerintah yang menawarkan bantuan keuangan kepada siswa yang telah menyelesaikan sekolah menengah (SMA) atau tingkat pendidikan yang setara dan yang berasal dari rumah tangga berpenghasilan rendah.

Sedangkan program KIP pada tahun 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ristek telah merevisi rencana KIP perguruan tinggi dengan memberikan bantuan pendidikan dan peningkatan biaya hidup.

Tujuan dari modifikasi rencana tersebut adalah untuk menginspirasi para calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk terus berprestasi agar berani melamar program studi yang lebih baik di perguruan tinggi terkemuka (PTN dan PTS) (PTN dan PTS).

Baca Juga:  Cara Dan Syarat Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar, Besaran Dana Serta Manfaatnya

Persyaratan Daftar KIP Kuliah Perguruan Tinggi

Berikut beberapa persyaratan yang bisa dijadikan acuan saat mendaftar KIP 2022:

  1. Penerima KIP adalah siswa SMA atau sederajat yang telah lulus atau akan lulus pada tahun berjalan dan dianggap telah lulus paling lama dua tahun sebelumnya.
  2. NISN, NPSN, dan NIK peserta.
  3. Memiliki potensi akademik yang kuat tetapi memiliki kesulitan ekonomi yang didukung oleh bukti terdokumentasi yang andal (Kartu Indonesia Pintar / Kartu Keluarga Sejahtera / Program Keluarga Harapan / serta siswa panti asuhan)
  4. Jika tidak termasuk dalam kriteria di atas, calon mahasiswa melakukan verifikasi slip gaji gabungan orang tua maksimal Rp. 4 juta.
  5. Berhasil lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di program PTN atau PS resmi.
  6. Tahapan Pendaftaran KIP Perguruan Tinggi
  7. Untuk mendaftar KIP Perguruan Tinggi, kamu dapat melakukan salah satu dari dua hal berikut:

Persyaratan Daftar KIP Kuliah Perguruan Tinggi

Mandiri

  1. Mahasiswa dapat mendaftar secara online di website kip-University.kemendikbud.go.id
  2. Masukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang aktif
  3. Siswa akan mendapatkan email dengan nomor registrasi dan kode akses ketika informasi mereka telah diverifikasi.
  4. Terserah kamu mau pilih metode apa, seperti SNMPTN atau SBMPTN.
  5. Mahasiswa yang lolos melalui proses seleksi akan diverifikasi informasinya oleh pihak kampus.
  6. Mahasiswa berhak atas bantuan KIP Kuliah jika verifikasi berhasil.
Baca Juga:  Cara Daftar KIP Kuliah Bagi yang Tidak Punya KIP 2022

Perguruan Tinggi

Selain dilakukan secara individu, pendaftaran KIP Perkuliahan juga dapat dilakukan melalui perguruan tinggi. PTN dan PTS akan mendaftarkan mahasiswa yang diterima dan mendaftar Kuliah KIP.

Kesimpulan

Kamu sudah bisa daftar KIP Kuliah, KIP adalah program yang disponsori pemerintah yang menawarkan bantuan keuangan kepada siswa yang telah menyelesaikan sekolah menengah (SMA) atau tingkat pendidikan yang setara dan yang berasal dari rumah tangga berpenghasilan rendah.

Bagaimana cara daftar KIP Kuliah? Penerima Kip adalah siswa SMA atau sederajat yang telah lulus atau akan lulus pada tahun berjalan dan dianggap telah lulus maksimal dua tahun sebelumnya.

Memiliki potensi akademik yang kuat tetapi memiliki kesulitan ekonomi yang didukung oleh bukti terdokumentasi yang andal (Kartu Indonesia Pintar / Kartu Keluarga Sejahtera / Program Keluarga Harapan / serta siswa panti asuhan).

Back to top button