Bantuan KIP Kuliah Bisa untuk PTN-PTS

ADVERTISEMENT

Rancakmedia.com – Kuliah gratis sampai lulus menggunakan bantuan KIP kuliah. Ada berbagai sumber daya pendidikan yang tersedia dari Kemendikbud Ristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) pada tahun 2022.

Salah satu inisiatif bantuan pendidikan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2022. Program ini kini menerima lamaran dari mahasiswa yang ingin mengikuti KIP Kuliah Merdeka 2022.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek Abdul Kahar mengatakan KIP Kuliah Gratis 2022 dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Perguruan tinggi swasta atau negeri (PTN) harus dipertimbangkan (PTS). Dia mengklaim bahwa uang beasiswa ditawarkan untuk membantu mereka yang kurang beruntung mendapatkan kaki di pintu pendidikan tinggi.

Kuliah Gratis Sampai Lulus dengan Bantuan KIP Kuliah

Pada Selasa (29/3/2022), kata Abdul Kahar di situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan, “Bantuan beasiswa yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat tidak mampu pada pendidikan tinggi agar lebih merata dan berkualitas,”.

“Agar sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul dapat segera terwujud.”

Abdul Kahar mencatat, pendaftaran KIP Kuliah Independen 2022 telah dimulai bagi calon perguruan tinggi negeri dan swasta melalui jalur ujian masuk yang berbeda.

Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri

Calon mahasiswa, menurut Abdul Kahar, akan mendapatkan berbagai keuntungan dengan mendaftar KIP Kuliah Mandiri.

“Calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka yang akan mendaftar dibebaskan dari biaya pendaftaran UTBK SBMPTN, dan dibebaskan dari biaya kuliah semester hingga lulus,” ucap Kahar.

Selanjutnya, siswa akan mendapatkan tunjangan bulanan untuk menutupi biaya hidup mereka. Baca juga bagaimana cara, syarat dan ketentuannya daftar online KIP kuliah dalamm artikel ini.

Cara pendaftaran KIP Kuliah Mandiri Tahun 2022 tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Tata cara pendaftaran dapat dilihat di website resmi kip-University.kemdikbud.go.id.

Pendaftaran KIP perguruan tinggi ini membutuhkan sejumlah dokumen, seperti data diri, NISN, NPSN, dan NIK, demikian penjelasan Kahar.

“Syarat-syarat yang digunakan untuk mendaftar KIP kuliah ini ialah beberapa dokumen, seperti data diri, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK),” ucap Kahar.

Selama waktu pendaftaran untuk PTN atau PTS, hanya diperlukan satu pendaftaran, dan dapat digunakan untuk semua bentuk pemilihan jalur.

“Kalau tidak lolos SNMPTN, mulai sekarang bisa menggunakan akun yang sama untuk SBMPTN, cukup centang saja karena dengan registrasi KIP tidak perlu keluar-masuk, daftar SNMPTN tidak lulus lalu daftar lagi SBMPTN,” jelas Kahar.

“Cukup sekali buat akun, bisa dipakai sepanjang tahun, bahkan tahun sebelumnya akun masih bisa dipakai, tinggal update akun pendaftaran baru.”

Kahar menyambut baik calon mahasiswa yang berminat menempuh studi tahun ini tidak perlu ragu untuk mendaftar jika memenuhi syarat sebagai penerima KIP Kuliah Mandiri.

“Karena dengan adanya KIP Perkuliahan Mandiri, tidak ada lagi alasan bagi mahasiswa untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” tegas Kahar.

“Semua orang boleh belajar dengan KIP perguruan tinggi, karena pemerintah telah memberikan bantuan untuk melanjutkan pendidikan selama mereka serius.”

Jadwal yang Harus dicatat Calon Mahasiswa

Sebelum mendaftar ke universitas, calon siswa harus mengingat tanggal berikut:

  1. Pembuatan dan pendaftaran akun KIP Perkuliahan mahasiswa dilakukan mulai tanggal 2 Februari sampai dengan 31 Oktober 2022.
  2. Pendaftaran SNMPN pada tanggal 7 Februari s/d 17 Maret 2022.
  3. Pendaftaran SNMPTN dilakukan mulai 13 Februari hingga 27 Februari 2022.
  4. Mulai tanggal 22 Maret hingga 14 April 2022, Anda dapat melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN.
  5. Pendaftaran SBMPN akan dimulai pada tanggal 5 April sampai dengan 29 Juni 2022.
  6. Pendaftaran Seleksi Mandiri PTN mulai 1 Juni sd 7 Oktober 2022.
  7. Pendaftaran Seleksi Mandiri PTS akan dibuka mulai tanggal 8 Juni hingga 31 Oktober 2022.

Kesimpulan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah meluncurkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2022. Program ini kini menerima lamaran dari mahasiswa yang ingin mengikuti KIP Kuliah Gratis 2022.

Dengan adanya KIP Kuliah Mandiri, tidak ada lagi alasan bagi mahasiswa untuk tidak melanjutkan pendidikannya. Sebelum mendaftar ke universitas, calon mahasiswa harus mengingat tanggal-tanggal berikut ini. Pendaftaran akun mahasiswa Perkuliahan KIP akan dilakukan mulai tanggal 2 Februari sampai dengan 31 Oktober 2022.

Pencarian Populer

Uang Kip Kuliah 2022 Kapan Cair - Bantuan Kip Kuliah 2021 - Bantuan Kip Kuliah 2021 Kapan Cair- Berapa Uang Kip Kuliah 2022 - Cek Kip Kuliah - Daftar Kip Kuliah - Kip Kuliah 2022 Kapan Cair Semester 4 -

Related Articles

Back to top button