Advertisement

Pendaftaran Beasiswa LPDP Sudah Resmi Dibuka

Rancakmedia.com – Pendaftaran untuk mengajukan Beasiswa LPDP adalah pada hari Jumat, 25 Februari 2022. Berikut adalah informasi yang kamu butuhkan untuk memulai.

Hari ini, Jumat, 25 Februari 2022, pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah dibuka. Bagi kamu yang berminat, kamu bisa langsung mendaftar DISINI.

Beasiswa LPDP merupakan program beasiswa unggulan yang banyak dicari oleh mahasiswa. Beasiswa ini diluncurkan setiap tahun dengan sasaran tiga kelas, antara lain beasiswa afirmasi, beasiswa target, dan beasiswa umum.

Pengertian Program Beasiswa LPDP

Apa kepanjangan dari LPDP, mungkin masih ada beberapa siswa yang belum mengetahui apa itu LPDP. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan dikenal dengan LPDP. LPDP merupakan entitas yang beroperasi di bawah pengawasan 3 kementerian, yaitu: Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama.

Hanya ada dua program beasiswa dari LPDP, yaitu untuk program Magister atau Magister, baik di dalam maupun di luar negeri, dan program Doktor atau Doktor untuk dalam dan luar negeri juga. Jadi tidak ada program beasiswa untuk tingkat sarjana atau sarjana.

Lama studi maksimal untuk program Magister adalah 2 tahun dan untuk program Doktor 4 tahun. Jika tenggat waktu terlewati, penerima beasiswa atau lembaga yang menawarkan penghargaan dapat dikenakan sanksi.

Beasiswa LPDP ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang terdidik dan kompeten, memiliki jiwa kepemimpinan dan memiliki pengaruh yang baik bagi masyarakat dan negara yang lebih besar di masa depan.

Dengan kata lain, mereka yang akan mendapatkan manfaat dari LPDP di masa depan adalah mereka yang telah melalui seleksi yang cermat dan yang akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di dalam dan luar negeri dengan biaya sendiri, berkat dana yang disediakan oleh LPDP.

Nah, tahun ini, pendaftaran program beasiswa LPDP akan ditawarkan dalam dua tahap. Pendaftaran akan dimulai secara bergulir pada 25 Februari 2022. Sedangkan bagian kedua akan dilakukan pada Juli 2022. Berikut ini syarat dan cara daftar beasiswa LPDP 2022.

Seleksi administrasi, bakat akademik, dan substansi merupakan tiga komponen dari prosedur seleksi setiap tahapan pendaftaran.

Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022:

  1. Tinggal dua minggu lagi untuk mengajukan beasiswa LPDP 2022.
  2. Proses pemilihan pengurus baru: 28 Maret – 11 April 2022.
  3. Seleksi bakat skolastik: 18 April 2022 – 22 April 2022.
  4. Hasil dari proses seleksi talenta akan diumumkan pada 27 April 2022.
  5. Pemilihan zat: 16 Mei 2022 – 25 Juni 2022.
  6. Tanggal telah ditetapkan pada 30 Juni 2022, sebagai tanggal pengumuman definitif.
  7. Pendaftaran Tahap 1 harus diselesaikan paling lambat Agustus 2022 untuk mengikuti kelas di luar tanggal tersebut.

Tahap 2 dari aplikasi beasiswa LPDP akan tersedia mulai 4 Juli hingga 5 Agustus 2022, dengan pembukaan pendaftaran setelahnya.

Sesuai dengan akun media sosial resmi LPDP, hanya buku pegangan yang akan dipasang di situs resmi LPDP saat dibuka pendaftaran yang sudah masuk sebagai kriteria lengkap pendaftaran beasiswa LPDP 2022.

Kesimpulan

Beasiswa LPDP merupakan program beasiswa unggulan yang banyak dicari oleh mahasiswa. Beasiswa ini diluncurkan setiap tahun dengan sasaran tiga kelas, antara lain beasiswa afirmasi, beasiswa target, dan beasiswa umum.

Jika tenggat waktu terlewati, penerima beasiswa atau lembaga yang menawarkan penghargaan dapat dikenakan sanksi. Tinggal dua minggu lagi untuk mengajukan beasiswa LPDP 2022.

Pendaftaran akan dimulai secara bergilir pada tanggal 25 Februari 2022. Pendaftaran tahap 1 harus diselesaikan paling lambat Agustus 2022 agar dapat mengikuti kelas di luar tanggal tersebut.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas