CPNS 2021 Dibuka Bulan Mei Mendatang, Cek Disini Untuk Melihat Formasi Yang Paling Dibutuhkan

CPNS 2021 Dibuka Bulan Mei Mendatang, Cek Disini Untuk Melihat Formasi Yang Paling Dibutuhkan – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dibuka mulai April sampai Mei 2021 kedepan. Sekitar 113.172 kuota usulan untuk isi formasi CPNS pusat ditargetkan pada 2021 ini.

Sementara, untuk pemda sendiri di CPNS kali ini ada sekitar 438.170. Tentang hal formasi yang jadi fokus utama di CPNS tahun ini masih sama dengan 2020 kemarin. Formasi itu salah satunya tenaga medis, tenaga guru, dan tenaga tehnis.

Seperti dikabarkan “Penerimaan CPNS 2021 Diawali April, Kemenpan RB Ungkap Formasi yang Diperlukan”, hal itu disingkap oleh Kabiro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayaguaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Andi Rahadian.

🔥TRENDING:  Cara Mengolah Sampah Organik Jadi Bermanfaat

Ke-3 formasi itu jadi fokus utama dengan harapan bisa mendukung arah dan fokus pembangunan nasional, potensi daerah.

Khusus untuk PPPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) untuk jabatan guru, itu sama berdasar kesepakatan sejumlah menteri yang terlibat. Yakni Mendikbud, Menteri PANRB, Menkeu, Mendagri, dan BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Rekrutmen CPNS 2021
Rekrutmen CPNS 2021

Dalam penerimaan CPNS 2021 ini, BKN akan lakukan recruitment dalam jumlah keseluruhan 1 juta formasi. Untuk mengakomodasi perihal ini, khusus untuk pengajuan usulan formasi Guru PPPK, BKN perpanjang sampai tanggal 31 Desember 2021.

Sebab, sampai bulan akhir Agustus 2020, usulan formasi untuk Guru PPPK yang telah masuk dari 32 pemda propinsi, 370 pemda kabupaten, dan 89 kota, baru ada 174.077.

🔥TRENDING:  Mahasiswa UGM Daftar Ulang melalui SNMPTN 2021

Selanjutnya, dalam tahun 2021 ini, spesial penyeleksian untuk guru PPPK gagasannya akan berjalan 3x.

Awalnya, ihwal recruitment CPNS 2021 sudah dikatakan MenPANRB, Tjahjo Kumolo, saat memberi pembimbingan dalam rakor penyederhanaan birokrasi bulan Agustus 2020 kemarin.

Dia mengatakan, recruitment CPNS ini benar-benar perlu dikerjakan pada periode kritis kesehatan saat ini. Beberapa formasi untuk CPNS yang akan dibuka pada penyeleksian tahun 2021 diantaranya posisi bidan, perawat, dokter specialist, dokter umum, penyuluh perairan, penyuluh pertanian, dan yang lain.

Sumber : pikiran-rakyat.com

Back to top button