Penjelasan Mengenai QRIS Pembayaran Digital yang Mudah dan Cepat

rancakmedia.com – Tahukah Anda bahwa QRIS adalah sistem pembayaran digital yang saat ini digunakan oleh pengguna untuk meningkat menjadi 3,64 juta merchant pada tahun 2021?

Saatnya mengenal lebih jauh tentang QRIS jika Anda belum pernah mendengar atau memanfaatkannya agar dapat memanfaatkan terobosan praktis transaksi Bank Indonesia.

Simak penjelasan selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Apa itu QRIS?

QRIS (dibaca sebagai keris) adalah singkatan dari Kode Respon Cepat Standar Indonesia. Sesuai dengan namanya, QRIS Bank Indonesia merupakan upaya standarisasi untuk semua bisnis keuangan (fintech) seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja dan lainnya.

QRIS menggabungkan berbagai kode QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran menurut Banque Indonesia (PJSP). Ini membuat transaksi digital lebih cepat, lebih aman, dan tentu saja lebih sederhana menggunakan kode QR.

Oleh karena itu, setiap pemasok PJSP berbasis kode QR harus memanfaatkan QRIS, baik lokal maupun internasional. Hal tersebut dikendalikan dalam penerapan QRIS International Payment Standards dalam PADG No.21/18/2019 sebagaimana disampaikan Katadata.

Dengan demikian semua kode QR hanya dengan satu jenis kode QR terhubung dengan semua aplikasi pembayaran. Apapun alat pembayaran yang Anda miliki, transaksi dapat dilakukan di lokasi yang sama, yaitu di QRIS di merchant-merchant yang bekerjasama dengan program ini.

Praktis, oke?

Satu QRIS untuk semua pembayaran, seperti yang dinyatakan dalam tagline.

QRIS memiliki karakter SANGAT BAIK, yaitu:

  • UNIversal: QRIS memungkinkan pembayaran apa pun dengan kode QR yang sama, sehingga aplikasi pembayaran yang berbeda tidak diperlukan.
  • Mudah: Pembayaran dengan QRIS mudah dan hanya membutuhkan satu kali scan pada aplikasi smartphone.
  • Manfaat: Pedagang dan pengguna hanya memerlukan satu jenis kode QR sehingga berbagai tarif pembayaran tidak diperlukan.
  • Langsung: Pembayaran digital dapat segera ditangani menggunakan kode QR.

Target QRS

Dengan menjelaskan apa itu QRIS, kami dapat menyimpulkan bahwa QRIS ditujukan untuk memfasilitasi pembayaran digital.

Ini bagus untuk pembeli dan regulator pedagang karena semua pembayaran non-tunai dapat dilacak dari satu pintu.

🔥TRENDING:  Daftar Pinjaman Online Ilegal Terbaru 2021 yang Ditutup OJK

Keunggulan QRIS

QRIS adalah inovasi bermanfaat yang menguntungkan tidak hanya bagi perusahaan atau merchant, tetapi juga bagi konsumen yang melakukan pembayaran.

Keunggulan QRIS

Untuk Pedagang

  1. Mempermudah transaksi
    Jika Anda seorang pedagang QRIS, Anda hanya perlu satu kode QR. Tentu, ini menyederhanakan dan membuat transaksi lebih cepat.
  2. Lebih banyak opsi pembayaran alternatif
    Dengan QRIS, pembeli dapat memilih pembayaran digital dari e-wallet pilihan mereka tanpa khawatir tentang ketersediaan kode QR untuk membayarnya. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan untuk membeli dan melakukan pembayaran nontunai.
  3. Menghindari penipuan
    Penipuan uang palsu masih marak terjadi hingga saat ini. Namun, jika Anda menggunakan kode QR, Anda tidak dapat melakukannya karena pembayarannya tidak tunai.
  4. Mendaftar sebagai pebisnis itu mudah
    Anda tidak perlu mendaftar ke bank atau e-wallet lain satu per satu. Cukup mendaftar dengan QRIS dan Anda dapat menerima pembayaran dari mana saja di toko Anda.
  5. Dimonitor dan dievaluasi dalam praktek
    Riwayat transaksi mudah dibaca secara real time dan pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah.

Untuk Konsumen

  1.  Berbagai alternatif pembayaran
    Keuntungan menggunakan QRIS sebagai pembeli adalah Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan alternatif mana yang harus dipilih.
    Jika merchant menggunakan QRIS, aplikasi pembayaran apa pun yang mereka miliki dapat digunakan untuk pembayaran karena kode QR telah distandarisasi.
  2. Transaksi cepat
    Pembayaran digital jelas merupakan metode yang lebih cepat daripada pembayaran tunai, terutama dengan QRIS. Anda tidak harus menunggu sampai kasir berubah atau dibatasi oleh hal-hal lain. Selain itu, pembayaran digital lebih higienis.

Pembayaran QRIS

Kenali dulu sumber uang untuk melakukan pembayaran QRIS. Seperti halnya dompet digital pada umumnya, kartu debit, kartu kredit dan uang elektronik lainnya yang tentunya telah disahkan oleh Bank Indonesia menjadi sumber dana dalam transaksi QRIS.

Nah, Anda bisa mulai bertransaksi jika sudah memiliki saldo tunai untuk pembayaran digital. Menurut Prima, pembayaran QRIS dapat dilakukan dengan cara yang disediakan oleh merchant atau konsumen.

🔥TRENDING:  Funluck Aplikasi Penghasil Saldo Dana Games Begini Caranya

Saat Anda menggunakan mode pedagang yang disediakan, kode QR akan dibuat oleh pedagang, seperti struk atau pemindai, tempat transaksi berada.

Kini, konsumen atau pembeli kini dapat menampilkan kode QR di layar smartphone merchant untuk pembayaran yang akan dilakukan. Keduanya tidak berbeda, keduanya tidak merepotkan dan hanya membutuhkan sedikit waktu.

Batas QRIS untuk Transaksi

Limit transaksi adalah dua juta rupiah untuk pembayaran QRIS. Namun demikian, batas kumulatif juga dibuat harian dan/atau bulanan oleh pengguna berdasarkan aturan PJSP. Secara alami, batas kumulatif ini tergantung pada manajemen risiko keuangan masing-masing pengguna.

Biaya QRIS untuk transaksi

Ada istilah merchant discount rate untuk pembayaran menggunakan QRIS (MDR). Tingkat diskon untuk pedagang QRIS adalah 0,7% dan didukung oleh mitra atau pedagang.

Jumlah ini tentu lebih rendah dan lebih menggiurkan dibandingkan 1% dari biaya shifting di gerbang pembayaran nasional (GPN).

Nah, itu saja yang perlu Anda ketahui tentang QRIS praktis. Lebih paham kan, bentuk pembayaran yang satu ini?

Anda pernah menggunakannya?

Artikel lain tentang manajemen keuangan pribadi dapat ditemukan di sini selain informasi ini.

Kesimpulan

QRIS merupakan upaya standarisasi yang dilakukan Bank Indonesia untuk semua perusahaan yang menggunakan financial technology (fintech) seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja, dan lain-lain. Ini menyatukan berbagai kode QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

Hal ini membuat transaksi digital menggunakan kode QR lebih cepat, aman, dan mudah. Pelanggan dapat menunjukkan kode QR di merchant untuk melakukan pembayaran, seperti pada struk atau pemindai. Sumber dana dalam transaksi QRIS adalah kartu debit, kartu kredit, dan uang elektronik lainnya.

Back to top button