Advertisement

Cara Cek Pajak Kendaraan DIY Dengan Mudah dan Cepat

Rancakmedia.com – Pada artikel kali ini kami akan membahas cara cek pajak kendaraan DIY dengan mudah dan cepat, kini bagi semua masyarakat daerah istimewa Yogyakarta tidak perlu lagi mengunjungi kantor samsat untuk mengecek pajak kendaraan.

Pemerintah daerah membangun aplikasi inovasi teknologi yang dapat memberikan keuntungan untuk pemeriksaan pajak kendaraan. Jadi, sebelum melakukan pembayaran, anggota masyarakat dapat memverifikasi jumlah total yang harus dibayar.

Aplikasi Infopkbdiy dibangun oleh dppka dev. Aplikasi yang berfokus pada DIY untuk informasi dan pembayaran pajak kendaraan yang memudahkan masyarakat umum untuk menggunakannya.

Cara Cek Pajak Kendaraan DIY melalui Aplikasi Infopkbdiy

Akses publik terhadap informasi pajak kendaraan yang belum dibayar dimungkinkan berkat aplikasi ini. Nah, bagi yang masih baru, yuk simak pelajaran cara cek pajak kendaraan DIY online menggunakan aplikasi infopkbdiy. Pertama-tama, cermati jenis pembayaran pajak kendaraan berikut ini:

Jenis Pajak Kendaraan

Ada dua jenis pajak kendaraan: pajak tahunan dan pajak lima tahun. Pajak tahunan adalah default. Setiap tahun, STNK menyetujui pajak baru untuk diterapkan.

Pembayaran online diterima, atau kamu dapat membayar secara langsung di Samsat. Diperlukan fotokopi KTP dan STNK asli.

Kamu harus membayar pajak lima tahun di samping pajak tahunan yang harus kamu bayar. Pembayaran pajak ini dikenakan biaya tambahan untuk perpanjangan STNK dan plat nomor.

Kamu harus melakukan pembayaran secara langsung di kantor Samsat. Kartu Tanda Penduduk, STNK, BPKB, dan dokumen pemeriksaan fisik kendaraan yang diperoleh dari kantor Samsat adalah semua bentuk tanda pengenal yang dapat diterima.

Cara Cek Pajak Kendaraan DIY melalui Aplikasi Infopkbdiy

Aplikasi infopkbdiy hanya berukuran 1,9 megabyte. dengan begitu ponsel kamu tidak melambat. Selain itu, desainnya yang lugas memudahkan orang untuk memahaminya. Nah, berikut ini panduan verifikasi mobil provinsi DIY secara online dengan aplikasi.

Kesimpulan

  1. Sebelum menggunakannya, kamu perlu mengunduh aplikasi Infopkdiy di Playstore
  2. Buka aplikasi infopkbdiy yang baru saja kamu instal. Kemudian masukkan nomor kendaraan dan nomor seri. Setelah itu klik cari.
  3. Setelah itu, banyak informasi tentang kendaraan kamu akan muncul. mulai dari merek, jenis, dan tahun. Pajak nominal, denda kendaraan, biaya raharja, total pajak dan denda, ditambah tanggal jatuh tempo akan ditampilkan untuk masalah pajak.

Pembayaran pajak kendaraan baik mobil atau motor 5 tahun akan dikenakan PNPB. Ini untuk mengeluarkan STNK dan plat nomor. Kami akan melihat beberapa biaya tambahan yang harus kamu tanggung, yaitu:

  1. Untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor, tagihan sesuai dengan aplikasi dan tambahan Rp. 160.000
  2. Pembayaran pajak mobil –pembayaran pajak sesuai dengan aplikasi serta tambahan Rp. 300.000

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang pajak, sebagai berikut:

Kapan Pemutihan Pajak Kendaraan 2022 Yogyakarta?

Program pemutihan pajak berlaku mulai 1 April hingga 30 September 2022 yang dikhususkan untuk pembebasan BBNKB II dan seterusnya.

Jenis Pajak Kendaraan

Kesimpulan

Aplikasi Infopkbdiy dibangun oleh dppka dev. Aplikasi yang berfokus pada DIY untuk informasi dan pembayaran pajak kendaraan yang memudahkan masyarakat umum untuk menggunakannya.

Demikian informasi mengenai cara cek pajak kendaraan DIY dengan mudah dan cepat, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas