Advertisement

Bagaimana Cara Melakukan Riset Pasar Online?

Rancakmedia.com – Apa yang kamu ketahui tentang riset pasar secara online? Mungkin bagi kamu yang belum mengetahuinya terdengar asing, oleh karena itu kami akan memberikan informasinya dibawah ini untuk kamu semua.

Merupakan praktik umum untuk melakukan riset pasar sebelum suatu produk tersedia untuk umum. Namun, karena keadaan pandemi, riset pasar harus dilakukan secara online.

Melakukan riset online tidak diragukan lagi sangat berbeda dengan melakukan riset secara langsung. Ada berbagai hambatan untuk benar memberikan penelitian yang signifikan untuk bisnis.

Untuk membantu dengan ini, saya akan membahas beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum melakukan riset pasar online apa pun.

Apa Itu Riset Pasar?

Riset pasar adalah bagian dari strategi perusahaan yang berfokus pada upaya untuk mempelajari lebih lengkap tentang perilaku pelanggan dalam mengkonsumsi barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.

Riset pasar adalah teknik untuk menguji kelayakan suatu layanan atau produk baru melalui penelitian yang dilakukan secara langsung dengan calon konsumen.

Apa Itu Riset Pasar

Siklus pengembangan produk atau merek dapat dimulai dengan riset pasar kapan saja. Namun, langkah yang sangat kritis adalah pada saat sebelum memperkenalkan produk kepada konsumen.

Sebagai bagian dari peluncuran produk yang sukses, tim pemasaran perlu membuat pilihan penting pada tahap ini.

Penelitian ini membantu bisnis menemukan target pasar yang tepat dan mengetahui pendapat konsumen tentang produk tersebut dan mengapa mereka mungkin tertarik dengan produk tersebut.

Umumnya, riset pasar dilakukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

  1. Apakah barang yang dipasok sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen?
  2. Apakah biaya pembuatan produk benar, dan apakah konsumen akan senang dengan harganya?
  3. Teknik periklanan apa yang efisien dalam menarik konsumen?
  4. Apakah produk sesuai dengan kondisi konsumen?

Baik metode kualitatif maupun kuantitatif dapat digunakan dalam riset pasar untuk menemukan jawaban atas pertanyaan di atas.

Riset Pasar Online

Kedua metode penelitian ini sebagian besar dapat dilakukan secara online. Selama ini sebagian besar metode penelitian online di Indonesia hanya digunakan untuk penelitian kuantitatif.

Riset pasar online mulai dimanfaatkan oleh para peneliti dan praktisi pemasaran di Indonesia selama tujuh hingga lima tahun terakhir. Namun, percepatan besar untuk memanfaatkan sarana online secara lebih besar terjadi selama pandemi COVID-19.

Orang-orang membatasi koneksi mereka di luar rumah. Ada protokol social distancing yang harus dipatuhi, namun operasional komersial khususnya pembuatan produk harus tetap berjalan.

Demikian juga kegiatan riset pasar yang penting untuk pengambilan keputusan tetap harus dilakukan. Akibatnya, tren menggunakan pendekatan online untuk riset pasar telah meningkat secara dramatis sejak epidemi. Riset pasar yang dilakukan secara online terutama riset pasar yang menggunakan pendekatan kuantitatif.

Cara Melakukan Riset Pasar Online

Berikut adalah beberapa metode yang mungkin kamu gunakan dalam melakukan riset pasar online.

Cara Melakukan Riset Pasar Online

Melakukan Pencarian dengan Kata Kunci di Internet

Pencarian menggunakan kata kunci dapat dilakukan di mesin pencari internet atau di program jejaring sosial tertentu. Google dan Bing adalah dua mesin pencari yang paling banyak digunakan, dan Facebook, Twitter, dan Instagram adalah tiga dari situs media sosial yang paling banyak digunakan.

Buka mesin pencari dan masukkan istilah yang berkaitan dengan produk yang kamu cari. Misalnya, jika kamu ingin melakukan riset pasar untuk produk makanan sehat, kamu dapat menambahkan frasa seperti ‘makanan sehat pilihan’ atau ‘jenis makanan sehat paling populer’.

Kemampuan untuk menggunakan kata kunci ini juga dapat digabungkan dengan pencarian di jejaring sosial, karena dialog atau diskusi di jejaring sosial umumnya lebih spesifik.

Misalnya, jika kamu meletakkan istilah seperti di atas di area pencarian Twitter atau Facebook, lalu apa yang akan muncul adalah komentar dari konsumen tentang produk tersebut. Jauh lebih praktis dan ekonomis untuk memahami apa yang benar-benar diinginkan konsumen.

Mengadakan Survei

Survei dilakukan dengan premis mengajukan beberapa pertanyaan mudah mengenai produk atau layanan yang menjadi subjek penelitian kamu. Akibatnya, survei online sekarang dianggap lebih berhasil daripada survei kertas tradisional atau kebutuhan untuk bertemu langsung dengan peserta survei.

Jawaban yang lebih cepat, biaya yang lebih rendah, dan kemudahan penggunaan adalah semua keuntungan dari melakukan survei online. kamu dapat melakukan survei online ini menggunakan akun jejaring sosial kamu sendiri, akun media sosial perusahaan kamu, atau melalui situs web perusahaan.

Jika kamu mencari informasi tentang produk atau layanan tertentu, mintalah bantuan teman kamu di media sosial atau pengguna situs web lain. Distribusi survei harus terjamin. kamu harus memastikan bahwa pertanyaan yang kamu ajukan benar-benar tepat sasaran.

Sulit, misalnya, melakukan jajak pendapat tentang produk cucian ketika responden berusia 13 hingga 17 tahun. kamu dapat memahami konsumen pasar dengan menggunakan dua metode yang tercantum di atas.

Jika kamu mengetahui preferensi konsumen, maka kamu dapat dengan mudah menemukan prospek untuk perusahaan kamu dan menentukan bagaimana perusahaan dapat berkembang ke depan.

Keuntungan Melakukan Riset Pasar Secara Online

Beberapa keuntungan melakukan riset pasar secara online, yaitu:

Keuntungan Melakukan Riset Pasar Secara Online

  1. Pertama-tama, kamu dapat menjangkau audiens yang lebih besar dan lebih luas daripada hanya mereka yang berada di sekitar lokasi perusahaan kamu. Jadi, jika kamu melihat area yang lebih luas dan lebih banyak orang, kamu akan mendapatkan informasi yang lebih baik.
  2. Ini akan memakan waktu lebih sedikit untuk mengumpulkan data dan menganalisisnya karena meningkatnya jumlah orang yang dapat berpartisipasi dalam penelitian online. Responden dapat segera mengisi informasi yang relevan secara online, dan data tersebut diunggah ke dasbor yang dapat dilacak secara real time.
  3. Data yang kamu peroleh dari responden juga akan lebih mudah direkam karena otomatisasi pendistribusian dan penyimpanan data. Jadi, ketika kita beralih ke langkah selanjutnya yaitu analisis, juga akan lebih mudah untuk membuat laporan.
  4. Lebih jauh lagi, dengan melakukan riset online, kamu dapat mencegah atau mengurangi masalah yang mungkin terjadi jika kamu melakukannya dalam setting riset yang lebih tradisional. Melakukan riset online akan membantu menghemat uang. Misalnya, biaya penyebaran kuesioner penelitian, yang membutuhkan logistik.

Tantangan Melakukan Riset Pasar Online

Meskipun riset pasar yang dilakukan secara online memberi kamu beberapa keuntungan, ada juga masalah berbeda yang harus kamu hadapi saat mengumpulkan data. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah rentang perhatian dan kemampuan responden untuk menyelesaikan penelitian.

The Guardian berpendapat bahwa saat ini, rentang perhatian seseorang hampir tidak lebih dari 12 detik.
Akibatnya, kamu harus memastikan bahwa responden memiliki cukup waktu untuk mencurahkan hanya untuk menjawab pertanyaan penelitian.

Jadi, kamu harus mengembangkan pertanyaan yang efisien. Hal ini juga dilakukan agar responden tidak mengalami kelelahan responden yang menyebabkan kualitas data yang diberikan tidak memenuhi harapan saat mengisi survei riset pasar online.

Kualitas responden di panel adalah masalah berikutnya yang harus ditangani. Dalam dunia yang ideal, setiap bisnis akan memiliki daftar klien yang lengkap. Jika tidak, tim riset pasar dapat memperoleh panel responden dari organisasi riset pemasaran yang memiliki reputasi untuk riset kuantitatif online.

Selain database konsumen dan panel respons dari pihak ketiga (seperti perusahaan riset pasar), kamu juga dapat menggunakan media sosial untuk mengajak konsumen berpartisipasi.

Indikator Riset Pasar Online yang Sukses

Jadi, apa tanda-tanda indikator riset pasar online yang sukses?

Indikator Riset Pasar Online yang Sukses

  1. Response rate, yaitu seberapa banyak responden yang dihasilkan dari riset tersebut. Semakin tinggi response rate yang didapatkan, semakin bagus riset yang dihasilkan.
  2. Completion rate atau tingkat penyelesaian riset yang tinggi. Completion rate yang tinggi berarti minimnya error atau kesalahan yang muncul dalam riset.
  3. Manfaat riset, melihat apakah hasil dari riset tersebut bermanfaat dan relevan untuk keberlangsungan bisnis.

Kesimpulan

Riset pasar secara online lebih besar terjadi selama pandemi COVID-19. Riset pasar adalah teknik untuk menguji kelayakan layanan atau produk baru. Metode kualitatif maupun kuantitatif dapat digunakan dalam riset pasar untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan.

Demikian artikel tentang bagaimana cara melakukan riset pasar online, semoga artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Back to top button